Mohon tunggu...
Soni Herdiansyah
Soni Herdiansyah Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa_Pendidikan IPS_Universitas Pendidikan Indonesia

Halo, Kompasianer! Nama saya Soni Herdiansyah, saya berasal dari Purwakarta Jawa Barat :) Saya seorang mahasiswa aktif jurusan Pendidikan IPS S1 Universitas Pendidikan Indonesia. Saya aktif diberbagai organisasi kampus dan masyarakat, suka terhadap dunia pendidikan, sosial, dan literasi. Misalnya, saya telah mendirikan Warga Kota (Keluarga Kompasianer Purwakarta) bersama kawan-kawan Kompasianer lainnya. Menginspirasi bagi saya adalah hakikat sejati untuk membangun negeri, salah satunya melalui tulisan dan aktivitas sosial. Bagi saya Kompasiana adalah platform yang menjadi wadah bagi pemuda untuk menginspirasi Indonesia yang telah saya buktikan dengan aktif menulis sejak tahun 2019 lalu. Terima kasih Kompasiana, semoga terus maju.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Setahun Sudah Kuliah Jurusan PIPS Part 1

10 September 2019   15:37 Diperbarui: 12 September 2019   05:50 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamu'alaikum Wr-Wb.

"Setahun sudah kuliah di jurusan PIPS UPI... "

Itulah perkataan yang keluar dari mulut seorang mahasiswa prodi Pendidikan IPS Universitas Pendidikan Indonesia. 

Alhamdulillah, rasanya hati ini seneng banget. Karena, sudah setahun aku berkuliah di kampus ternama di Indonesia, kampus yang terkenal sebagai pelopor pendidikan dan unggul, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia.  Hidup mahasiswa! Hidup pendidikan Indonesia! Hidup rakyat Indonesia!

Di jurusan yang paling kece dan favorit se-Indonesia dan dunia, hehe. Ya, jurusan Pendidikan IPS. IPS adalah jurusan yang telah membesarkan namaku dan  telah mengantarkanku hingga kuliah di jurusan ini tentunya, ciee setia banget, haha. 

Mata pelajaran IPS adalah pelajaran yang aku suka sejak SMP, hingga masuk SMA  pun aku memilih jurusan IPS, meskipun pada tahap psikotes, aku memilih sosiologi, Biologi, dan Geografi, what? 

Oh iya, dalam tulisan ini aku hanya ingin berbagi kenangan indah kepada kalian, para pembaca setia Kompasiana khususnya kalian yang sering membaca tulisanku, thanks. 

Banyak kenangan tentunya bila kita ingin menceritakan perjalanan hidup. Terutama sebagai mahasiswa, kenangan saat pertama kali masuk kuliah, hehe. 

Mengapa memilih jurusan Pendidikan IPS?

Untuk menjawab pertanyaan ini, dengan mudah aku dapat menjawabnya. Pertama, alasannya karena sejak SMP dan SMA suka sekali terhadap mata pelajaran IPS. Kedua, supaya ilmu yang aku terima bermanfaat, akan lebih besar lagi manfaatnya bila ilmu yang telah didapatkan  dilimpahkan dan ajarkan kembali kepada sesama. Atau lebih simplenya, menjadi alasanku untuk menjadi seorang guru. Ketiga, alasannya sanat sederhana sekali, ya aku tidak mungkin memilih jurusan kuliah dalam bidang kedokteran atau pertanian, karena basic dari IPS akan lebih mudah untuk masuk jurusan di rumpun yang sama. Kecuali, jika dari jurusan IPA, dapat dengan leluasa memilih jurusan apapun. Tapi tak mengapa, kita niatkan kuliah adalah untuk ibadah dan menuntut ilmu, oke.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun