Mohon tunggu...
Sofiatul Hasanah
Sofiatul Hasanah Mohon Tunggu... Lainnya - Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Prodi D4 Perhotelan Penerima beasiswa unggulan kemendikbud 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cara Meningkatkan Strategi Marketing Bisnis Anda

23 September 2021   10:27 Diperbarui: 23 September 2021   10:32 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hai guys, perkenalkan namaku Sofiatul Hasanah mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata, kini aku sedang menjalankan studi semester lima. Aku adalah salah satu mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa Unggulan dari Kemdikbud tahun 2019.

all right guys, pada artikel ini aku akan berbagi informasi mengenai strategi marketing. bagi kalian yang sedang memulai bisnis atau bagi kalian yang sudah menjalankan usahanya dan membutuhkan strategi yang tepat untuk bisnisnya, kalian dapat membaca artikel ini sampai selesai. selamat membaca. :)

sebelumnya tahukah kalian apa itu marketing?

Marketing (pemasaran) bukanlah advertising, selling atau pun promotion

Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain sesuai tujuan perusahaan. Philip Kotler (2002 : 9)

Marketing (Pemasaran) adalah proses yang berkelanjutan dan berurutan di mana manajemen dalam industri perhotelan dan perjalanan merencanakan, meneliti, menerapkan, mengendalikan, dan mengevaluasi aktivitas yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan, dan tujuan organisasi mereka sendiri.

. Alastair M. Morrison 

Asosiasi pemasaran Amerika menawarkan definisi manajerial ini:

Pemasaran (manajemen) adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi ide, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Masih banyak orang yang mengira bahwa marketing dan sales itu sama. Walaupun marketing dan sales itu berada dalam bagian yang sama dan memiliki tujuan yang sama tetapi marketing dan sales memiliki perbedaan.

Perbedaan Marketing dan sales;

Marketing berkonsentrasi pada pelanggan dan cara menjual

Selling adalah memindahkan fitur produk atau jasa (melaksanakan proses pemasaran)

Marketing (pemasaran) memiliki beberapa konsep yaitu;

  • Konsep Produksi (production concept), konsumen menyukai produk yang dibuat
  • Konsep Produk (product concept), konsumen menyukai produk-produk berkualitas, inovatif dan memiliki tampilan menarik.
  • Konsep Penjualan (selling concept), produsen melakukan usaha penjualan dan promosi penjualan secara agresif. Konsumen bukan hanya membeli product akan tetapi juga membeli keuntungan dari product tersebut.
  • Konsep Pemasaran (marketing concept), menentukan kebutuhan dan keinginan pasar.
  • Konsep Pemasaran Holistik (societal marrketing concept), suatu kegiatan yang mencoba menyatukan kompleksitas kegiatan pemasaran, yaitu relationship marketing, internal marketing, social responsibility marketing dan integrated marketing.

Bagaimana strategi marketing dalam pariwisata yang tepat dilakukan pada masa sekarang ini?

Semakin berjalannya masa, maka strategi dalam mecapai target dalam pemasaran pun berubah, dan cara memasarkan product atau pun bisnis juga berubah, kita harus upgrade strategi marketing untuk usaha kita.

Marketing for hospitality and tourism

Marketing strategis for restauran:

  • Host a dinner with media influencer
  • Mempromosikan melalui postingan sosial medianya, dengan begitu banyak orang yang akan tertarik dengan tempat atau makanan yang disajikan di restaurant tersebut.
  • Have social media contest
  • Memberikan promo/give away kepada customer/follower di socialmedia. Restaurant tersebut dengan syarat jika mereka follow dan tag social media restauran di account mereka. Dan kemudia kita pemilik restauran pun tag kembali kepada pemenang/ penerima promo/give away.
  • Land a cooking segment on local tv.
  • Melakukan demo/live cooking di salah satu chanel televition. Para penonton yang menyaksijkan tv. Atau membuat chanel youtube dengan memposting/ membuat content 3- day media class, teach how to pitch, to get publicity, to turn that into profit.
  • Collaborrat with other nearby businisses.
  • Melakukakan kerja sama dengan perusahaan terdekat contohnya seperti ini:
  • Di samping restaurant kita ada swalayan dan jika para pembeli di swalayan tersebut sudah berbellanja lebih dari Rp.300.000 maka akan mendapat promo/ discount untuk makan di restaurant kita. Hal ini menjadikan keuntungan untuk kedua belah pihak.
  • Celebrate awareness days.
  • Menjual menu khusus untuk hari – hari peringatan seperti Kemerdekaan, Ramadhan, Valentine, dan sebagainya. Atau pun juga memberikan promo meriah.

Disini aku mengambil contoh strategi marketing untuk restaurant, namun bagi kalian yang memiliki bisnis lain, strategi marketing ini juga bisa digunakan.

Kesimpulan : marketing merupakan serangkaian aktivitas, pendirian dan proses untuk menciptakan perencanaan dan pelaksanaan konsep, promosi, distribusi ide barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan konsumen secara menguntungkan bagi konsumen, klien, masyarakat dan memuaskan tujuan organisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun