Hai guys perkenalkan nama ku Sofiatul Hasanah, kini aku sedang menjalankan study semester 4 di STP Trisakti dan aku salah satu  mahasiswa yang mendapatkan beasiswa unggulan dari kemdikbud tahun 2019.
Kali ini aku akan membahas tentang Service Exellence, bagi kalian yang akan bekerja di suatu perusahaan dan bagi kalian yang baru berkecimpung di dunia usaha, alangkah baiknya untuk mengetahui apa itu service exellence.
Apa sih service exellence?
Service exellence adalah pelayanan yang sangat baik atau pelayanan yang terbaik. Tau gak sih kalau service exellence itu memang terlihat mudah untuk dilakukan, tetapi service exellence juga ada yang perlu di perhatikan. Apa aja? Kita harus memperhatikan standard layanan, bagi kamu yang baru atau pemula membuka usaha maka kamu harus membuat standard pelayanan di perusahaan mu. Kemudian harus memperhatikan kepuasan custemer terhadap pelayanan mu, pelayanan sesuai dengan standardnya tidak lebih dan tidak kurang, lalu harus membperhatikan pelayanan yang terbaik oleh perusahaan.
Service exellence ini bisa dilihat dari  sikap, cara karyawan dalam melayani pelanggan secara memuaskan, dengan memenuhi 4 unsur pokok yaitu kecepatan, keramahan, ketepatan, kenyamanan.
Bagi kamu pemilik usaha, untuk menciptakan service exellence kamu juga bisa melakukan beberapa strategi yaitu:
- Menciptakan kualitas berorientasi dengan pelanggan.
- Kemitraan dengan pemasok dan pelanggan.
- Menekankan perbaikan secara terus-menerus. Melakukan perbaikan pada pelayanan baik itu fasilitas ataupun staff.
- Komitmen Top management.
- Melakukan penggukuran.
- Keterlibatan karyawan.
- Penghargaan dan pengakuan terhadap karyawan. Pada point ini sangatlah efektif dalam menciptakan service exellence dari diri seorang karyawan. Karena dengan pengakuan atau penilaian yang baik terhadap pelayanannya saat berkerja maka karyawan lain pun mendapatkan contoh atau pandangan seperti apa pelayanan terbaik yang harus mereka lakukan. Dan dengan memberikan apresiasi kepada karyawn yang melakukan pelayanan terbaik dengan hal ini membuat dia senang dan akan termotivasi untuk mempertahankannya, dan juga para karyawan lain akan berusaha untuk menjadi karyawan terbaik dalam melakukan service exellence.
Service merupakan suatu proses yaitu interaksi antara pembeli dengan penjual. Pelayanan yang ditawarkan merupakan "janji" dari penjual (service provider) kepada customer yang wajib dipenuhi, agar customer satisfied.
Selain hal itu, Service exellence juga memiliki prinsip loh. Mau tau apa aja prinsip dari service exellence, yuk dilanjut bacanya.Â
Prinsip dalam service exellence yaitu menciptakan citra positif di mata customer.
Gimana sih caranya? Nih ada 9 cara yang akan aku bagiin ke kalian.
1. Membangun citra diri positif
Pentingnya kesan awal pertama, selalu bersikap ramah, menyapa dengan menyebut nama, jangan membuat customer menunggu, eye contact saats edang berbicara dengan customer, tersnyum yang tulus, bicara dengan jelas menggunakan kata-kata yang dipahami customer.
2. Berusaha mengerti terlebih dahulu baru dimengerti
Apabila ada seorang customer datang untuk memperoleh bantuan hendaknya tidak bersikap serba tahu atau seolah-olah sudah mengerti terlebih dahulu apa yang diinginkan customer, dekati customer dan bersiaplah untuk mendengarkannya, jangan disibukkan dengan kegiatan lain, sehingga terkesan perhatian kepada customer terbagi.
3. Fokus pada customer
Mendengarkan customer dengan penuh perhatian, jangan memotong pembicaraan, eye contact dengan customer, tanggapi pembicaraan bila customer mengharapkan tanggapan, nada bicara jangan terlalu rendah (kurang percaya diri) atau terlalu tinggi (emosi). Apabila sedang melayani customer, kepentingan customer nomor satu dan rekan sekerja atau atasan prioritas berikutnya
4. Memberikan service yang efesien
Melayani customer berikutnya dengan segera setelah selesai dengan yang satunya, pergunakan waktu seefisien mungkin dalam melayani. Bicara seperlunya dengan customer. Menindaklajuti pelayanan sampai tuntas. Menjawab pertanyaan customer dengan singkat, tepat, cepat, dan tidak bertele-tele.
5. Meningkatkan harga diri customer
Selalu menggunakan nama customer sesering mungkin dalam percakapan. Tidak menggurui customer. Memuji customer dengan tulus dan memberikan penghargaan kepada customer. Memperlakukan customer dengan baik dan hormat.
6. Membina hubungan baik dengan customer
Menunjukkan simpati dan berbicara dengan penuh perasaan untuk menjukkan bahwa service provider mengerti dan memahami kebutuhan customer. Mempersilahkan customer untuk menyampaikan complaint dan menanggapi serta berusaha menyelesaikannya dengan baik.
7. Mengetahui keinginan customer
Menanyakan kepada customer apa yang diharapkan. Mengulang kembali apa keinginan customer, kemudian menarik inti dari apa yang dikatakannya. Memenuhi keinginan customer sesuai dengan harapannya.
8. Mengalihkan Service kepada orang lain
Bila customer meminta service di luar kemampuan, alihkan pelayanan tersebut kepada orang lain yang lebih mampu. Pengalihan tersebut memperlihatkan bahwa perusahaan telah bekerja dengan profesional. Setelah mengetahui keinginan customer jelaskan kepadanaya sambil meminta maaf bahwa ada orang lain akan lebih menguasai hal yang diinginkan customer tersebut dan akan dengan sangat baik melayaninya. Hal ini juga harus dijelaskan dihadapan orang yang hendak menggantikan memberi service. Dan perkenalkan orang tersebut kepada customer.
9. Mengenal karakter customer
Customer memiliki berbagai macam karakter yang berbeda-beda, sehingga service provider harus bisa meng-handle semua customer ini dengan baik tanpa membedakan satu dan lainnya.
Oke guys setelah baca artikel ini kalian sekarang sudah mengetahui apa itu service exellence.
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat...
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H