Hai guys. Perkenalkan namaku Sofiatul Hasanah, aku salah satu Mahasiswa dari STP Trisakti yang mendapatkan beasiswa unggulan dari Kemdikbud tahun 2019.
Di artikel kali ini aku bakal ngejelasin tentang handle guest check out.Â
Setelah tamu hotel check in tentunya akan check out. Tamu check out pada jam 12 siang sampai jam 1 siang. Handle guest check out memiliki prosedur yang sama seperti check in, hanya saja ada beberapa yang berbeda. Jadi bagi kalian yang belum tau bagaimana handle guest check out dobaca ya sampai selesai. Selamat membacaa...
Disini aku bakal susun step by step yang akan dilakukan saat Handle guest check out.
STEPS :Â
1.GREETINGÂ
Saat tamu menghampiri kita, maka berikan greeting, contohnya : "selamat siang, dengan saya salsa, ada yang bisa saya bantu?"
2.ASKING NAME + ROOM NUMBER AND KEY RETURNED
Saat tamu akan melakukan check out, kalian tanyakan nama tamu tersebut dan juga beserta dengan nomor kamar dan key card roomnya. Kalian check di sistem atas nama tamu tersebut dan pastikan bahwa itu benar kamar yang dia gunakan dan juga key card nya sesuai dengar nomor kamarnya.
3.ASKING THE LAST CONSUME FROM MINIBAR AND POSTING IF ANY
Setelah kalian menanyakan name+room number & key returned. Maka kalian tanyakan pada tamu tersebut apakah ada mengonsumsi makanan yang di sediakan di kamar seperti minuman di mini bar atau makanan lainnya.
Dan setelah itu kalian hubungi ke pihak departemen housekeeping untuk melakukan pengecekan di kamar tamu yang akan check out ini. Hali i dilakukan untuk memastikan bahwa benar tamu tersebut ada mengonsumsi minuman atau makanan yang di sediakan dikamar tersebut, dan juga untuk melakukan pengecekan bahwa barang tamu tidak ada yang tertinggal.
4.PRINT OUT THE GUEST FOLIO AND TAKE GUEST DOCKET
Setelah pengecekan selesai, kamu siapkan data tamu yang ada di sistem, lalu kamu print guest folio.
5. SHOW GUEST FOLIO Â AND SUPPORTING BILL Â (CHIT OF BILL)
Setelah kamu print out folionya perlihatkan kepada tamu yang akan check out tersebut. Pada folia itu tertera total pembayaran yang harus dilunaskan oleh tamu selama menginap di hotel. Dan setelah tamu setuju dengan yang sudah tercantum di folio tersebut maka kamu minta tamu tersebut untuk menanda tangani folio tersebut.
6.CONFIRM ABOUT PAYMENT AND SETTLED
Setelah tamu menyetujui folio yang tadi kamu perlihatkan, maka tamu akan melakukan pembayaran, jangan lupa menanyakan tamu tersebut akan membayar by cash atau credit card, setelah tamu melakukan pembayaran, kamu print out lagi folio kedua dengan jumlah pembayaran nya sudah 0 (nol).
Setelah itu kamu berikan form yang tertera pembayaran nya dan juga minta tanda tangan tamu tersebut. (Apabila cash)
Berikan bill dari mesin EDC, itu untuk bukti pembayaran tamu tersebut (apabila credit card)
7.PUT THE GUEST FOLIO IN TO ENVELOPE TOGETHER WITH SUPPORTING BILL/CHIT OF BILLS (IF THE GUEST WANT)
Lalu kalian masukkan guest folio dan juga bill kedalam amplop.
8.MAGIC WORDS
Dan setelah selesai semua pembayaran maka proses check out telah selesai, jangan lupa untuk memberikan magic words kepada tamu. Contoh: Terima kasih telah berkunjung di hotel kami, have a nice day/ have a good day/ have a nice trip. Hal ini dilakukan agar memberikan kesan ramah tamah kita sebagai staff kepada customer.
Jadi gimana guy setelah kalian baca artikel ini kalian jadi lebih tau kan hal apa saja yang dilakukan saat check out, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca...Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H