Mohon tunggu...
Sofiatul Hasanah
Sofiatul Hasanah Mohon Tunggu... Lainnya - Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Prodi D4 Perhotelan Penerima beasiswa unggulan kemendikbud 2019

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Memotivasi Karyawan

30 April 2021   21:57 Diperbarui: 30 April 2021   22:03 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hai guys. Perkenalkan aku Sofiatul Hasanah salah satu mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang mendapatkan beasiswa unggulan dari Kemdikbud tahun 2019.

Pada artikel kali ini aku bakal menjelaskan tentang memotivasi karyawan.

Motivasi merupakan hal penting dalam suatu perusahaan. Jadi kamu sebagai pemimpin harus mengetahui bagaimana caranya agar karyawan mu memiliki motivasi positif dalam bekerja.

Organisasi Perhotelan terbaik didunia memahami bahwa keramah tamahan merupakan kunci sukses dalam memberikan pengalaman terbaik bagi para tamu. Bagian manajemen hotel memiliki peran yang penting dalam memotivasi para karyawan yang sudah di latih dan dipilih berdasarkan keahliannya untuk melakukan pekerjaan yang maksimal. 

Namun, bagaimanakah cara efektifnya?

Cara yang bisa kamu lakukan adalah:

Memberi reward, setiap orang pasti akan senang apabila yang sudah dia lakukan dengan baik itu di hargai oleh pemimpinnya atau pun orang sekitarnya. Dalam memberikan reward tidak hanya dengan finansial tetapi juga bisa dengan non-finansial. Reward secara finansial bisa berupa upah tambahan. Reward secara non-finansial bisa berupa penghargaan dalam bentuk piagam/sertifikat dengan penilaian sebagai karyawan terbaik pada bulan ini atau pun tahun. Dan bisa juga berupa pujian secara langsung dan spontan. 

Memperbaiki komunikasi yang baik antar karyawan. Seorang pemimpin harus bisa menimbulkan suasana keakraban yang kuat antar karyawan nya. Jangan membandingkan kemampuan antar karyawan di kantor tersebut.

Melakukan pelatihan untuk mengembangkan skill dan attitude yang dilakukan. Hal ini sangat di butuhkan bagi perusahaan dan juga bagi karyawan tersebut. Dengan banyaknya pelatihan ini para karyawan pun akan lebih percaya diri dalam melayani tamu/ melakukan pekerjaannya sehari-hari tanpa ada keraguan.

Mengetahui kebutuhan para karyawan. Seorang pemimpin harus mengetahui apa yang di butuhkan oleh karyawannya. Baik itu berupa reward, jadwal jam kerja, keringanan pada pekerjaan, ataupun kesesuaian pendapatan (gaji). Kebutuhan manusia secara umum yaitu: 

1. Kebutuhan untuk bertahan hidup

Pada umumnya, kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang paling dibutuhkan. Untuk memenuhi kebutuhan hidup para karyawan, hal yang paling mudah untuk dipenuhi adalah gaji. Sebelum memberi tawaran berupa insentif atau hadiah, bagian managemen juga harus memastikan bahwa para karyawan dibayar semestinya agar bisa memenuhi kebutuhan hidup. 

2. Kebutuhan sosial

Kebanyakan orang menikmati waktu kebersamaan bersama teman atau keluarga. Kebutuhan ini membantu mengembangkan kinerja yang baik bagi para karyawan. Disaat para karyawan berorganisasi, akan terjadi bentuk komunikasi yang informal dan formal. Komunikasi Formal yang dilakukan dalam bentuk melayani tamu ataupu  melakukan meeting dengan pemimpin managemen. Bentuk komunikasi informal yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari hari berupa berkomunikasi dengan rekan kerja. Melalui bentuk komunikasi baik formal maupun informal, akan terjadinya sebuah peluang dalam keberlangsungan kehidupan. Seperti, mendapatkan tawaran pekerjaan baru, mendapat kenalan baru dan berbagi pengalaman. Jika organisasi dilakukan dengan baik, akan timbul rasa gotong royong yang tinggi antar karyawan, juga dapat mempengaruhi dalam cara melayani tamu. 

3. Pengakuan Sosial

Walaupun kebutuhan ini tidak dibutuhkan oleh banyak orang namun, semua orang senang jika di apresiasi. Kebutuhan ini mengacu pada keinginan untuk dipuji oleh orang-orang sekitar. 

4. Penghargaan

Para karyawan percaya bahwa pekerjaan yang mereka lakukan sangatlah penting, sehingga bagian managemen juga harus menyiapkan penghargaan yang baik. Saat memberikan pelayanan yang baik secara profesional, akan timbul rasa kebanggaan tersendiri. Hal ini memotivasi para karyawan agar bekerja semaksimal mungkin. Jika suatu pekerjaan diselesaikan secara antusias, akan tercapainya goal suatu perusahaan. 

Semua kebutuhan ini memiliki peran penting dalam pekerjaan para karyawan, suatu goal tidak akan tercapai jika tidak ada team work dan komunikasi yang baik, juga pekerjaan yang berat tidak dapat terselesaikan dengan baik jika kebutuhan hidup kita tidak terpenuhi.

Semoga bermanfaat, sekian terima kasih...

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun