Sebagai seorang yang berbisnis, Ingin juga mengenal dengan baik, apa  yang bisa dilakukan . Tentunya ada kebingungan sekaligus kegembiraan seperti apa sebenarnya konsep bisnis untuk"Metaverse".
Ini tentu sangat berguna diungkapkan dalam kuliah "Metaverse" tentang bisnis.
Mata kuliah Metaverse membantu usaha kita dalam kerja dunia.nyata.
Dari sudut pandang bisnis, banyak organisasi menjadi sangat sadar akan peluang yang dimiliki oleh realitas virtual seperti Metaverse.
Akan banyak kesepakatan  diselesaikan di lapangan dengan metaverse yakni kalau kita melihat konsepnya.
Kalau kita pethatikan, metaverse secara sederhana, mengacu pada dunia 3D online yang diakses melalui komputer dengan perangkat pintar, augmented reality(AR) dan headset realitas virtual (VR)
Jadi Metaverse pastinya' mengacu pada pembuatan  3D untuk perusahaan.  Bisa jadi  untuk  untuk pelatihan,  rekrutmen, pertemuan sosial, dan keterlibatan dunia bisnis dengan klien atau pelanggan.
Metaverse dapat dikaitkan dengan dampak pandemi COVID-19.
Dengan perangkat Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), Â dapat dibuat untuk kursus pelatihan tertentu untuk bekerja tanpa perlu ketempat kerja.
Dengan menggunakan platform  3D ini, bisnis dapat menyelenggarakan dan berpartisipasi dalam rapat, membuat area breakout, mengadakan sesi pembangunan tim, menghadiri panggilan kemitraan perusahaan, dan bahkan membuat kegiatan  webinar.
Peluang bisnis dari Metaverse akan datang dari berbagai sumber, mulai dari iklan di metaverse sampai e-commerce, acara virtual, dan perangkat keras baru.
Beberapa tahun ke depan akan menjadi penting bagi dunia usaha  serta investor sebagai implikasi pasar dari metaverse ketika sudah  menjadi lebih jelas. Dalam sebuah artikel tertulis dunia Metaverse akan dimulai tahun 2024 atau sebelumnya.
Pengguna dapat login melalui virtual reality (VR) Â melihat merek baru, mencoba pakaian hingga menjelajahi real estat untuk menemukan properti yang diminati.
Metaverse menghilangkan hambatan geografis dalam e-niaga. Pengguna akan dilengkapi dengan dompet digital di metaverse, yang membuat transaksi pembelian lebih lancar.
Banyak transaksi bisnis yang terjadi di metaverse akan memanfaatkan blockchain, baik melalui
Cryptocurrency atau non-fungible token (NFT).
Kerugiannya nilai kripto diketahui sangat bervariasi dari hari ke hari, yang dapat menyebabkan tingkat ketidakstabilan ekonomi di metaverse.
Penggunaan awal (pertama) dari metaverse adalah untuk mempromosikan bisnis di dunia fisik. Misalnya, berbelanja di VR dapat meningkatkan penjualan ritel.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H