Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti sering mendengar istilah bisnis. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu kegiatan  menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan. Berbisnis atau menjalankan usaha sendiri menjadi pilihan banyak orang di era sekarang ini, terutama anak muda yang ingin menjadi seorang pebisnis atau mungkin sudah menekuni dunia bisnis. Melihat sekarang banyak sekali platform bisnis berbasis digital yang memudahkan para pebisnis untuk menjual produk dan layanannya secara online.
Di samping banyaknya kemudahan dalam berbisnis dan banyaknya pebisnis baru yang bermunculan tidak menjamin bahwa menjadi pebisnis itu akan selalu berjalan mulus. Banyak tantangan dan rintangan dalam menjalankan sebuah bisnis yang tentunya membutuhkan berbagai macam strategi agar bisnis yang kamu jalani tidak tumbang bahkan mati.Â
Berikut ini adalah Cara Menghadapi Persaingan Bisnis yang perlu kamu pelajari :
1. Kenali Konsumen Dengan Baik
Langkah awal dalam mempertahankan sebuah bisnis adalah dengan mengenali konsumen kamu dengan baik. Dalam menjalankan bisnis, kamu selalu perpacu pada kualitas suatu produk tanpa tau siapa saja yang membeli produk tersebut. Padahal memiliki informasi tentang konsumen merupakan hal yang penting bagi pebisnis. Karena jika kamu mengetahui informasi tersebut maka akan mempererat hubungan pebisnis dengan konsumen sehingga konsumen akan memilih membeli berulang produk yang kamu jual.
2. Kenali Kompetitor/Pesaing Bisnis
Untuk bertahan di dalam dunia usaha, penting bagi kita untuk mempunyai kemampuan mengenali kompetitor. Pengetahuan itu nantinya kita gunakan untuk mengidentifikasi apa saja kelemahan kompetitor yang kemudian kita jadikan sebagai suatu kelebihan bisnis kita. Kita perlu mempelajari apa trik kompetitor dan bagaimana meraka membangun komunikasi yang baik dengan para konsumen dan apa yang dilakukan agar konsumen tersebut bisa menjadi pelanggan tetap.
3. Bedakan Bisnismu dangan Bisnis Kompetitor
Meskipun kamu menjual produk yang sama dengan kompetitor, pasti ada perbedaan, perbedaan itulah nantinya akan menjadi daya tarik konsumen dan menjadi nilai plus tersendiri bagi konsumen memilih produk yang kamu jual.Â
4. Terus Berinovasi
Melakukan inovasi akan membuat kamu lebih mudah untuk mempertahankan konsumen yang loyal dan menarik perhatian calon konsumen baru. Hal ini karena terkadang konsumen mudah merasa bosan pada produk yang itu-itu saja. Jika kamu terus melakukan inovasi dan mengeluarkan produk baru yang berkualitas tentunya akan lebih mendapatkan perhatian konsumen.Â
5. Lakukan Promosi Sesering Mungkin
Mempromosikan produk adalah hal yang sangat penting dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Promosi produk membuat konsumen menjadi lebih tertarik untuk mengetahui dan mencoba produk yang kamu tawarkan dibanding produk kompetitor atau pesaing. Promosi dapat dilakukan dengan cara memberi diskon yang menarik, produk bundling, mengumpulkan review positif dari konsumen, bekerja sama dengan influencer, dan yang paling sering ditemukan adalah dengan memanfaatkan platform online seperti instagram dan facebook.Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H