Mohon tunggu...
Sofiyah AG
Sofiyah AG Mohon Tunggu... Freelancer - love to write

blogger, guru

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

JNE 31 Tahun, Sahabat UMKM dan Konsumen yang Terpercaya

31 Januari 2022   17:26 Diperbarui: 31 Januari 2022   17:27 879
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Agen JNE Gerjen (Dokpri)

JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) merupakan salah satu perusahaan ekspedisi yang banyak dipilih oleh pelaku UMKM juga customernya. JNE bisa dikatakan sebagai salah satu perusahaan swasta dalam negeri yang menjadi pioner di bidang ekspedisi. Tak heran jika di usianya yang kini menginjak 31 tahun JNE sudah menjadi sahabat bagi para konsumennya dan juga pelaku UMKM. 

Di usianya yang semakin matang JNE telah banyak melakukan inovasi-inovasi serta perbaikan pelayanan yang tentunya dapat memuaskan pelanggan. Berkat itu semua, JNE berhasil mengukuhkan dirinya sebagai ekpedisi besar dan terpercaya yang dicintai pelanggan dan mitranya.

Setelah sukses menggeluti ekspedisi yang berfokus pada ekspor -- impor, JNE kemudian merambah pengiriman domestik. Selama beberapa waktu JNE mendapat predikat sebagai layanan ekspedisi dari perusahaan swasta terbaik dari masyarakat umum. Meski kini telah banyak perusahaan ekspedisi serupa, tapi sebagai pioner JNE masih dipercaya oleh banyak konsumen dan pelaku UMKM dalam negeri. Pengalaman serta pelayanan yang dikenal baik dan memang telah lama ada membuat JNE tetap dipercaya oleh pelanggan setianya. Jika kebanyakan hal yang sudah tua atau jadul mulai ditinggalkan, lain halnya dengan JNE yang justru semakin dibutuhkan.

Agen JNE di berbagai kota di Indonesia cukup banyak. Hal itu tentu memudahkan para pelaku UMKM juga konsumen JNE untuk mengirim produk atau barang-barang mereka. Kalian yang berniat menjadi mitra juga bisa mendaftar sebagai agen JNE. Syarat dan ketentuannya bisa dilihat pada website resmi JNE. Menjadi agen JNE tentu sangat menuntungkan. Disamping tidak perlu mencari pasar modal yang dikeluarkan pun bisa disesuaikan. Toko atau rumah kecil milik sendiri bisa dirubah menjadi tempat usaha. 

Kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh JNE tidak hanya menguntungkan bagi agen JNE, tapi juga pelaku UMKM juga konsumennya. Apalagi dengan kecanggihan teknologi, kini JNE bisa dengan mudah dijangkau oleh penggunanya. Benar-benar menjadi sahabat bagi UMKM dan juga konsumennya.

JNE memang perusahaan 'tua' yang sudah bergelut lama dalam bidang ekspedisi, tapi tua bukan berarti tak bisa mengikuti trend yang ada. Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini JNE juga berinovasi dalam semua produk layanan mereka. Digitalisasi juga sudah diterapkan oleh JNE dengan meluncurkan aplikasi My JNE yang bisa diunduh di Appstore dan Playstore untuk i-Phone dan Android. 

Kini kapanpun dan dimanapun kita bisa beraktifitas bersama My JNE. Fitur-fiturnya sangat lengkap tidak sebatas ekspedisi saja, tapi juga dompet digital, pembayaran tagihan, pulsa atau data, dan berbagai fitur lainnya. Bagi yang tidak memiliki ponsel pintar atau mungkin gawainya tidak mendukung aplikasi My JNE masih bisa menikmati layanan digital via website. 

Layanan pada website yang bahkan sudah populer sebelum adanya aplikasi My JNE adalah menu tracking dan perkiraaan harga. Biasanya kedua menu tersebut sangat dibutuhkan baik oleh pelaku UMKM maupun konsumennya. Selain aplikasi My JNE, kita juga bisa melihat update berita terkini atau promo seputar JNE lewat berbagai media sosialnya.

Di era digital ini, E-commerce sudah sangat menjamur hingga merubah kecenderungan masyarakat Indonesia untuk melakukan segala aktivitas secara online termasuk berbelanja. Untuk proses pengirimannya tentu melibatkan berbagai perusahaan ekspedisi termasuk juga JNE. Hampir setiap toko online di E-commerce menyediakan JNE sebagai pilihan ekspedisinya. 

Belanja dengan JNE di e-commerce (Dokpri)
Belanja dengan JNE di e-commerce (Dokpri)

Pemilihan ekspedisi oleh seller biasanya didasarkan oleh beberapa pertimbangan, diantaranya lama waktu pengiriman, kemudahan penjemputan, permintaan konsumen, pengalaman pribadi, dan keberadaan agen terdekat. Hal itu juga membuktikan bahwa agen JNE banyak tersebar di seluruh Indonesia karena JNE banyak dipilih oleh para seller E-commerce. Belum lagi pelanggan JNE di luar e-commerce yang juga terdiri dari UMKM dan non-UMKM.

Inovasi-inovasi atau gebrakan yang dilakukan JNE selalu menarik perhatian karena mempertimbangkan banyak hal. Salah satu inovasi terbaru dari JNE adalah kurir sepeda. Tentu saja hal itu sangat menarik perhatian. Ini mengingatkan kita akan sebuah film Hollywood yang berjudul 'Premium Rush'. Tentunya JNE membuat terobosan baru ini bukan karena terinspirasi dari film Hollywood tersebut, tetapi agar lebih efisien. 

Lewat kurir sepeda akan mempermudah akses juga menunjukkan kepedulian JNE dengan lingkungan. Saat ini layanan kurir sepeda memang masih terbatas hanya di lima kota, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Lampung. Untuk operasinya JNE bekerjasama dengan WMS West Bike. Kedepannya kita berharap agar layanan ini juga bisa diterapkan di kota-kota lainnya. 

Berhubung layanan ini merupakan suatu terobosan yang bagus dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru, yakni kurir sepeda.
Berbicara mengenai kurir, JNE memiliki banyak kurir ekspedisi yang sangat profesional menjalankan tugasnya. Tidak hanya sekedar mengantarkan ke alamat tujuan, tapi kurir juga selalu memastikan jika paket diterima oleh konsumen dengan baik. 

Kurir JNE (Dokpri)
Kurir JNE (Dokpri)

Beberapa kurir bahkan rela menunggu konsumen untuk mengambil paket mereka ataau menghubungi yang bersangkutan untuk konfirmasi pengantaran paket. Jika tidak bisa menerima langsung atau tidak ada orang dirumah, kurir JNE bahkan bisa dititipkan paket untuk ditaruh ke agen JNE terdekat untuk kemudian diambiil sendiri oleh penerimanya. 

Biasanya, penerima cukup menunjukkan KTP ke agen tempat pengambilan paket yang dititipkan. Itulah beberapa pelayanan yang disediakan oleh jasa ekspedisi JNE. Tentunya setiap pelayanannya selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Tak heran jika di usianya yang menginjak 31 tahun ini, JNE telah menjadi sahabat bagi banyak pelaku UMKM dan konsumennya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun