Bagi saya memanajemen waktu itu sangat penting, karena Manajemen waktu adalah cara kita membagi dan mengelola waktu yang kita miliki untuk berbagai aktivitas agar memaksimalkan produktivitas untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dan juga waktu yang di gunakan itu tidak akan sia-sia nanti nya, dan saya adalah seseorang yang banyak aktivitasnya di rumah saja dan jarang sekali beraktivitas di luar, itu sangat di sayangkan jika tidak menggunakan waktunya sebaik mungkin. Selain itu, dengan Manajemen waktu yang baik juga dapat membantu mengurangi stres. Ketika kita merasa terburu-buru atau merasa bahwa kita tidak memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan tugas, ini dapat menciptakan stres. Dengan manajemen waktu yang efektif, kita dapat merencanakan tugas kita dengan baik dan mencegah terjadinya stres tersebut.
   Sebagai contoh, jika kamu seorang pekerja, mengatur waktu kerja dan istirahat dengan baik dapat membantu mengurangi stres di tempat kerja. Dengan menentukan waktu istirahat yang cukup, kamu dapat merasa lebih segar dan siap untuk melanjutkan pekerjaanmu. Dan bila anda waktu sehari hari nya untuk dirumah saja itu juga bisa diatur dengan bagaimana anda bangun pagi sampai waktu tidur pun tiba.
   Namun, bila kita tidak melatih dari sejak dini, manajemen waktu ini adalah hal yang perlu kita pelajari dan belajar mengatur waktu secara efisien juga membutuhkan waktu dan proses. Untuk itu, saya akan membagikan tips agar waktu yang di gunakan tidak sia sia.
 1.Catat waktuÂ
Waktu yang kamu habiskan untuk masing-masing kegiatan supaya tahu berapa banyak waktu yang sering kamu habiskan. Mungkin cara ini juga banyak di kalangan luar sana yang sudah menggunakan cara ini, dengan mencatat  yang kamu buat mungkin tidak akan berjalan mulus, tapi paling tidak kamu punya acuan setiap harinya. Dengan membuat catatan kamu tidak akan bingung atau lupa akan hal-hal yang kamu harus lakukan.Kamu bisa mulai jadwal harian sejak bangun tidur. Jika waktu produktifmu di siang hari, masukkan aktivitas selain pekerjaan kantor, misalnya berolahraga di pagi hari agar tidak menumpuk di waktu sore. Jika kamu termasuk morning person, jadwalkan aktivitas lainnya di sore hari setelah pekerjaanmu selesai.
Namun, jadwal harian ini tidak akan berhasil jika kamu suka menunda-nunda pekerjaan. Jadi, pastikan untuk selalu mengikuti jadwal harian yang kamu rancang sampai selesai. Jangan terlena dengan aktivitas lain yang tidak ada di dalam catatanmu.
2. Kenali waktu terbaik untuk bekerja
Waktu produktivitas setiap orang berbeda-beda. Ada yang bisa bekerja pukul 7 pagi, ada pula yang semangatnya baru membara ketika bekerja di atas pukul 10 pagi. Itulah sebabnya, mengenali waktu terbaik untuk bekerja itu penting agar lebih mudah saat menyusun strategi manajemen waktu. Di dalam sebuah pekerjaan juga anda bisa membuat seperti cara yang pertama yaitu dengan mencatat kegiatan di tempat kerja. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan potensi yang ada dan waktu 24 jam pun tidak akan terbuang percuma.
3. Batasi waktu bermain gadget
Memainkan gadget terlalu lama bisa membuatmu lupa waktu sehingga tugas menjadi tidak selesai atau tertunda. Akibatnya, kamu mungkin merasa stres karena terburu-buru dalam menyelesaikan tugas tersebut.
Oleh karena itu, batasi waktu bermain gadget, baik bermain game maupun media sosial, di jam kerja. Menurut penelitian, waktu ideal untuk bermain gadget hanyalah 30 menit per hari. Jadi, kamu mungkin bisa membagi waktu bermain gadget selama 10 menit setiap beberapa jam bekerja. durasi penggunaan gadget untuk hiburan tetap harus terjadwal. Jangan sampai lupa waktu dan akhirnya kebablasan berselancar di dunia maya.
4. Fokus dengan Apa yang Dikerjakan
Berusahalah untuk mengerjakan apa yang sudah Anda agendakan dan jangan mudah tergoda dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan Anda. Misalnya saja seperti main game atau sering mengantuk saat bekerja, hal-hal seperti ini bisa menunda kesuksesan Anda.
5. Berani Mengambilan Keputusan
Manajemen waktu tidak akan berkembang jika Anda tidak dapat mengambil keputusan untuk diri sendiri. Mulai belajarlah untuk mengambil keputusan dengan bijak dan berani untuk mengambil risiko, karena sesungguhnya risiko yang Anda dapat dari sebuah pengambilan keputusan akan membuat diri Anda semakin berkembang.
6. Jagalah kesehatan
Menyelesaikan pekerjaan yang begitu banyak akan membuatmu kelelahan. Oleh sebab itu, jaga kesehatan agar tidak mudah sakit dan semua pekerjaan akan terselesai. Terapkan gaya hidup sehat dan sesekali berolahraga walaupun sesibuk apapun aktivitas yang Anda jalani harus tetap sehat.
7. Fokus, Disiplin, dan Konsisten.
Tips terakhir untuk cara manajemen waktu dengan baik adalah menerapkan sikap fokus, disiplin, dan konsisten.
Usahakan untuk selalu fokus dengan tujuan yang ingin dicapai, seperti menyelesaikan tugas dalam durasi waktu tertentu.
Tanamkan sikap disiplin untuk mematuhi jadwal yang telah dibuat sehingga Anda dapat memenuhi target pekerjaan.
Pastikan untuk selalu konsisten karena mengelola waktu dengan baik membutuhkan konsistensi sehingga menjadi kebiasaan.
   Dan jika kita Tidak bisa mengatur waktu dengan baik dapat berdampak negatif pada kehidupan pribadi dan profesional, di antaranya:
 1. Stres dan kelelahan
Tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dapat menyebabkan stres dan kelelahan.Time management yang tidak efektif dapat menyebabkan individu merasa kewalahan dan stres karena dikejar deadline dan tumpukan tugas. Stres ini dapat berakibat pada kelelahan fisik dan mental, serta mengganggu kesehatan dan keseimbangan hidup.
2. Kualitas pekerjaan menurun
Terburu-buru menyelesaikan tugas dapat menurunkan kualitas pekerjaan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya fokus, perhatian, dan waktu yang memadai untuk mengerjakan tugas dengan detail dan teliti. Dampaknya, pekerjaan menjadi tidak maksimal dan berpotensi menimbulkan kesalahan.
3. Kurang tidur
Mengorbankan waktu tidur untuk menyelesaikan pekerjaan dapat mengganggu kesehatan. Ketika kamu tidak bisa memanajemen waktu dengan baik, kamu pasti akan mengalami jadwal tidur yang berantakan. Tentunya hal ini akan berdampak pada kesehatan kamu. Selain itu, jika tidur kamu tidak cukup bisa menyebabkan terhambatnya aktivitas dan kamu menjadi kurang fokus. Cobalah untuk menjadwalkan pekerjaan mu, jika sudah waktunya untuk tidur, jangan ditunda. Pertahankan jadwal tidur yang konsisten.
4. Hubungan terganggu
Sering terlambat dapat membuat orang lain kecewa dan kehilangan kepercayaan. Hal ini juga bisa menjadi canggung bila hubungan antara karyawan dan rekan lainnya tidak lebih saling berinteraksi dan ini juga bisa jadi mis komunikasi.
5. Kehilangan peluang
Tidak bisa mengatur waktu dengan baik dapat menyebabkan melewatkan peluang penting.baik dalam pekerjaan, pendidikan, maupun kehidupan pribadi. Hal ini karena mereka tidak memiliki waktu dan energi yang cukup untuk fokus pada peluang tersebut.
 6. Reputasi buruk
Orang yang tidak bisa mengatur waktu dengan baik sering dianggap tidak dapat diandalkan dan tidak bertanggung jawab.
Ketidakbahagiaan dan ketidakpuasan
Tidak bisa mengatur waktu dengan baik dapat menyebabkan merasa frustasi, tidak bahagia, dan tidak puas dengan pencapaian hidup.
7. Pekerjaan tidak selesai sesuai deadline
Pekerjaan yang tidak selesai sesuai deadline dapat menyebabkan masalah dengan atasan.
8. Ketularan
Berhubungan dekat dengan orang yang buruk dalam mengatur waktu dapat membuat seseorang terjangkit sifat buruk tersebut.
Kesimpulan
    manajemen waktu yang efektif merupakan faktor penting untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan dan bisnis. Manajemen waktu yang baik dapat membantu seseorang untuk: Meningkatkan produktivitas, Mengurangi stres dan kecemasan, Mengoptimalkan waktu luang, Meningkatkan rasa percaya diri, Menciptakan kesan positif. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengelola waktu dengan baik, antara lain: Membuat jadwal harian atau mingguan, Memprioritaskan tugas-tugas penting, Menghindari menunda pekerjaan, Mengelola gangguan, Istirahat dengan cukup. Manajemen waktu yang baik dapat membantu seseorang untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras, sehingga dapat menyelesaikan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H