Mohon tunggu...
Zulfikar Akbar
Zulfikar Akbar Mohon Tunggu... Jurnalis - Praktisi Media

Kompasianer of the Year 2017 | Wings Journalist Award 2018 | Instagram/Twitter: @zoelfick

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Saat Peserta BPJS Melihat Lebih Dekat Mobile JKN

28 September 2017   00:22 Diperbarui: 28 September 2017   00:40 1038
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dari masa perjaka hingga tak perjaka lagi, baru Senin dua puluh lima September dua ribu tujuh belas, saya dapat menyimak langsung acara berhubungan dengan BPJS. Itu pun karena kebetulan dirangsang ajakan Kompasiana untuk ikut, hingga saya berada di tengah belasan teman-teman yang berstatus Kompasianer, hari itu.

Maksud saya, memang dari sebelum menikah telah terdaftar sebagai pengguna kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Namun saat itu hanya mendapatkan penjelasan secara garis besar dari tim haerdedi kantor di mana saya bekerja. Dari sederet penjelasan, yang paling melekat di ingatan saya cuma dua hal saja; bahwa semua biaya rutin untuk membayar iuran rutin ditanggung oleh perusahaan saya bekerja, dan dengan kartu yang ada dapat digunakan saat sakit.

Ya, sesederhana itu saja perkenalan saya dengan JKN sebagai produk dari Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS).

Sejujurnya, sejauh ini belum pernah saya gunakan. Dalam arti, sekian tahun menjadi penggunanya, belum pernah mengalami sakit yang memaksa saya harus menyulap rumah sakit menjadi hotel untuk menginap. Ya, mudah-mudahan sihjangan sampai sakit seperti itu, cukuplah sakit hati di masa perjaka saat merasa tak kunjung menemukan jodoh.

Lupakan soal sakit hati di masa lajang saya itu, walaupun saya sendiri belum cukup bisa melupakannya (maaf, curhat).Sebab ada cerita soal "kesembuhan", yakni sembuh dari kecenderungan adanya tudingan bahwa "produk pemerintah" cenderung lambat, bertele-tele, njelimet, dan sekian tudingan beraroma penistaan lainnya.

Kelebihan dari JKN itu sendiri sejauh ini baru dari pengalaman seorang teman saja di media saya bekerja. Saat istrinya akan melahirkan, dan situasi mengharuskan bedah caesar, sedangkan tabungannya masih di bawah angka dibutuhkan, tapi ia tak lagi harus dipusingkan. "Cuma perlu menyelesaikan beberapa administrasi dibutuhkan, istriku bisa melahirkan tanpa persoalan, Bro,"kata Dillah, teman sekantor, saat itu.

Hanya begitu. Artinya, tak ada informasi yang terlalu dekat dengan saya, kecuali sekadar dari inisiatif melakukan browsing,dari apa itu BPJS? Apa yang membedakannya dengan JKN? Lalu apa saja kemudahan yang diberikan? Sekadar terjawab dari seberapa kemampuan mata menatap layar komputer. Sudah.

Lagi-lagi, baru saat Kompasiana mengundang para Kompasianer ke acara yang bertempat di Sinou Kafe itulah, sedikit banyak saya mendapatkan berbagai cerita langsung dari mereka yang menjadi "otak" di balik JKN. Dari sana saya jadi lebih tahu, oh program JKN-KIS tersebut telah diikuti hampir 200 juta jiwa. Jika merujuk pada reportase yang pernah diturunkan Tirto.id,memang disebutkan bahwa pemanfaatan kartu JKN-KIS saja secara nasional telah mencapai 177,8 juta.

Manfaat lebih jauh, merujuk data dari Tirtojuga menyebutkan efek dari program JKN-KIS yang dikatakan meningkatkan angka harapan hidup masyarakat Indonesia hingga 2,9 tahun. Tak berlebihan bukan jika acara dibikin Kompasiana di hari itu menarik minat saya dan juga teman-teman terpilih untuk hadir di sana.

Ya, BPJS terlihat punya iktikad untuk lebih memberikan kemudahan kepada para pengguna. Maka itu mereka pun menciptakan aplikasi, yang memang jadi lebih memudahkan, dan dapat mengantisipasi berbagai kesulitan yang mungkin dialami sebagian penggunanya. Terlebih lagi, JKN-KIS pun saat ini terbilang paling membetot perhatian publik, lantaran memang cenderung dapat menjawab akses masyarakat atas kesehatan tanpa perlu mengucurkan uang jumlah besar saat kondisi terdesak.

Tak heran jika animo masyarakat Indonesia untuk menjadi peserta BPJS terbilang tinggi. Partisipasi ini juga telah mendapatkan apresiasi besar dari berbagai kalangan. Tercatat, Joint Learning Network Country Core Group Indonesia, lewat ketuanya, Prof Ali Ghufron Mukti, menyebut jika JKN-KIS jauh lebih baik dibandingkan program sekelas yang juga diterapkan beberapa negara Asia lainnya.

Sebut saja Kamboja dan Vietnam, dikatakan Ali Ghufron, masih di bawah Indonesia. Terutama jika melihat dari jumlah kepesertaan, paling tidak per Februari 2017. "Kalau untuk ASEAN, kita jelas lebih baik daripada Kamboja dan Vietnam," kata Ali Ghufron, seperti dilansir Liputan6.com,(2/3/2017).

Itu adalah aplikasi Mobile JKN, yang juga ada di Google PlayStore, yang menjadi salah satu terobosan dilakukan pihak BPJS belakangan ini untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).  Selain mereka juga memiliki Care Center1500-400, Mobile JKN juga membantu memudahkan peserta JKN-KIS untuk menjawab berbagai keperluan.

Dok: BPJS
Dok: BPJS
Bahkan peserta JKN-KIS pun dapat berkonsultasi dengan dokter dan mengecek riwayat kesehatan. "Sebab sekarang tidak semua orang bisa leluasa untuk ke klinik atau rumah sakit, entah karena kesibukan atau berbagai kendala lainnya," kata Gunadi, yang merupakan Deputi Bidang Operasional Teknologi dan Informasi, sekaligus yang membawahi program tersebut. "Dengan adanya aplikasi ini, mudah-mudahan pengguna JKN pun tak sampai harus repot."

Bahkan kata Gunadi lagi, ke depan untuk pengenalan JKN-KIS, pihaknya akan berusaha menggandeng berbagai pihak agar dapat mengampanyekannya ke berbagai daerah. Sebab menurut salah satu pimpinan BPJS tersebut, aplikasi JKN-KIS ini sendiri diharapkan dapat terakses lebih luas.

"Mungkin kami tak bisa menjangkau semua daerah untuk memperkenalkan ini. Namun tentu saja kami akan menyiapkan berbagai langkah agar kehadian Mobile JKN ini, termasuk merangkul berbagai kalangan yang memungkinkan untuk dilibatkan," kata Gunadi lagi. "Selain, ya teman-teman Kompasianer pasti turut membantu mengenalkannya kepada publik."

Tentu saja misi pengenalan Mobile JKN itu juga untuk dapat melakukan skrining hingga riwayat kesehatan. Terlebih selama ini diketahui jika persoalan masalah kesehatan terbilang sangat beragam. Per 2016 lalu BPJS Kesehatan menemukan hasil screeningbahwa di Indonesia terdapat 702 ribu lebih masyarakat mengalami diabetes melitus dalam kategori risiko rendah, 36 ribu peserta risiko sedang, selain juga 651 peserta berisiko tinggi. Sekali lagi, itu hasil screeningdari yang pernah dilakukan tahun lalu. Di samping juga terdeteksi tingginya penderita darah tinggi, mencapai 632 ribu lebih penderita kategori risiko rendah, 104,9 ribu berisiko sedang, dan lebih dari 2 ribu peserta BPJS berisiko sedang.

Tak terkecuali jantung koroner, ada 680 ribu lebih peserta berisiko rendah, 680 ribu peserta berisiko sedang, dan 1.956 peserta berisiko tinggi. Kenapa screening itu diperlukan, tak lain agar para peserta BPJS Kesehatan pun dapat lebih waspada dengan berbagai kemungkinan dan tergerak untuk mengantisipasi lebih dini. 

Ekspektasi lebih jauh, pihak terkait pun dapat melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi berbagai jenis penyakit.  "Itu juga kenapa kami merasa bahwa memperkenalkan Mobile JKN menjadi usaha serius yang kami lakukan, selain masyarakat pengguna dapat termudahkan, juga terbangun kesadaran lebih tinggi di tengah kita," kata Gunadi.

Lha, kok saya jadi tidak menjelaskan panjang lebar tentang Mobile JKN? Saya kira akan lebih bagus jika Anda mengunduhnya dari PlayStore, daftar, dan lihat langsung sajalah di sana, ya. (Sedikit bau sombong, ya? Ya, antara sombong dan asem).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun