assalamu'alaikum, selamat malam salam sejahtera untuk kita semua.
(NB. Tulisan ini Dibuat Khusus Untuk Reseller San's dan SWS Store
hmmm... masih inget mimin gak nih? ingat dong pastinya
yang baru masuk selamat datang dan selamat bergabung bersama SWS Store.
okay mungkin ada yang bertanya-tanya nich, kok tumben-tumbenan ya mimin hadir, apakah ada sesuatu?
yups! benar sekali... kali ini mimin akan bawakan TIPS DAN TRICK MENAIKAN TRAFIC DI MARKETPLACE FACEBOOK. TEPOK TANGANNYA MANA... HEHE
okey, kali ini bisa disimak baik-baik dan juga bisa jadi evaluasi kakak-kakak sekalian dalam memposting produknya di marketplace facebook.
ssshhtt.. ini rahasia. Materi ini adalah hasil riset mimin sendiri dan cuma mimin share di sws Store. jadi simak baik-baik ya...
okay mari kita masok ke tips dan trick nya.
1. penggunaan judul
 well, penggunaan judul ini berperan penting dalam trafic karena penggunaan judul yang cenderung umum akan lebih banyak memiliki peluang untuk muncul di beranda marketplace. contoh kita ambil judul yang umum dulu, kemeja pria/ kemeja murah/ kemeja pria murah. nah dari judul umum itu nanti bisa ditambah judul ekor. contoh ditambah kemeja surfing jadi judul yang ditampilkan di marketplace adalah kemeha pria, kemeja surfing. cukup sepele tapi jika ini dilakukan dengan cara terbalik akan mempengaruhi faktor munculnya pada kolom pencarian.
Â
2. penulisan harga.
 yaaa, penulisan harga sesuai saran dari marketplace facebook harga dituliskan dengan yang termurah. misal harga yang kakak-kak patok adaah 35.0000 rupiah, pada penulisan harga bisa ditulis rp. 35. atau yang paling sadis kakak-kakak bisa menuliskannya dengan GRATISS. Waaaooo.. tentu ini bukan gratis beneran. ini cuma untuk menaikan trafic dan memberikan peluang produk kita muncul di beranda markepace.
3. masukan TAG
  tag merupakan elemen penting dalam kolom pencarian. disini kakak-kakak harus bisa membaca situasi dimana kakak-kaka bisa menuliskan sesuatu yang viral di tag tersebut agar peluang muncul di hasil pencarian kita lebih besaaarrr. contoh tag yang bisa kakak- kakak tuliskan adalah seperti biasanya, dan penulisan ini dimulai dari hal yang umum merucut ke hal yang khusus.Â
contoh kita menuliskan hal umum dulu, seperti pakaian pria, kemudian kita kerucutkan ke kemeja dengan menuliskan kemeja pria, kemeja viral, kemeja murah, kemeja pria keren kalau sudah sampai sini baru kita kerucutkan ke hal yang khusus, seprti kemeja surfing, kemeja motif, kemeja salur, dan lain-lain.
gimana paham dengan 3 tips yang tadi mimin tarangkan? intinya ketiga itu adalah kunci agar postingan atau produk kita banyak view dan muncul di halaman beranda marketplace facebook.
selanjutnya adalah trick jitu untuk menaklukan calon pelanggan.
weell, untuk menaklukan pelanggan itu ada seninya. biasanya seorang salesman memiliki seny atau gaya sendiri-sendiri dalam menjajakan produknya. nah kali ini mimin bakal membagikan seni untuk menaklukan pelanggan.
trik nya adalah gaya bicara atau karena kakak-kakak berjualan online, menggunakan gaya penulisan. kita memang disediakan pesan default untuk melayani calon pelanggan kita, tapi tidak ada salahnya juga jika kita lebih kreatif lagi dalam menjawab segala pertanyaan dari konsumen.
contoh yang pertama. biasanya percakapan akan diawali kata 'aapakah ini masih ada?" dan jawaban kita jangan stop cuma menjawab saja, tapi juga diakhiri dengan penawaran seperti 'Masih kak, mau produk yang mana?'
selain point pertama, juga ada point pertanyaan kedua 'cek harga' naah.. ini, ini nih ini, seny dalam berdagang dipertaruhkan.
mungkin kakak-kakak memiliki pesan default  bertuliskan daftar harga, nah disini kita bakal mengkreasikan dan memadukannya dengan ilmu teori perilaku konsumen. sedikit tentang teori perilaku konsumen.Â
teori ini merupakan sebuah hasil analisis dan responsif dari konsumen. gampangnya kita atau konsumen suka dengan apa? DISKON KAN? walau diskon cuma 1% tapi sebuah kata sederhana itu sangat mempengaruhi psikologi dari konsumen. nah disini kita juga akan menggunakan teori diskon atau potongan harga.
biasanya di default pesan yang kakak punya kan beli 1= 50, beli 2=40, beli 3= 35. nah kalimat ini kita mainkan dengan menyisipkan kata diskon. contoh, jika ada pertanyaan 'cek harga' kita akan menjawabnya dengan
 harga satu kemejanya 50.000 kak, waoow kali ini kakak beruntung, kami sedang mengadakan diskon mingguan yang berlaku hanya di minggu ini aja loh kak, diskon atau potongan harga menjadi minimal pembelian 2 potong dikenai harga 40.0000/pcs, dan untuk pembelian 3 potong atau lebih akan dikenai harga 35.000/pcs. murah sekali. mau beli berapa kak?
nah disini ada pelanggan yang menentukan pembelian langsung ada yang menanyakan ongkir terlebih dahulu geezz..
untuk ongkir, siapa nih yang biasa  gagal chlosing karena berat di ongkir? nah trik untuk mengakali ongkir yaitu dengan kita me-ngecek kan di semua ekspedisi sebagai perbandingan.Â
nah nantinya secara alami si konsumen itu akan membandingkan harga ekspedisi satu dengan ekspedisi lainnya. misal ongkir ke Bandung JNT 15.000, JNE 17.000, sicepat 14.000, ninja 13.000. nah pelangggan akan cenderung memilih ekspedisi yang paling murah perbandingannya dengan ekspedisi lain daripada cancle order.
dan orderan pun siap di keep dan kiriim... mudah bukan tips dan trik kali ini?
buat yang kurang paham dengan ucapan mimin, jangan takut nanti mimin akan share tulisan mimin ini untuk kakak-kakak semua... semangat... jangan lupa jaga kesehatan yach...
by... salamualaikum..
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H