Karangasem, Surakarta (12/08/22) — Di Indonesia terdapat jutaan usaha yang telah berdiri, baik dari skala mikro hingga skala besar. Jumlah dari usaha tersebut didominasi oleh UMKM milik masyarakat Indonesia.
Walaupun masih tergolong usaha mikro, kecil, maupun menengah, usaha tersebut masih tetap perlu strategi pemasaran yang sangat matang dan tepat. Seringkali masyarakat tidak ingin ambil pusing dalam membentuk strategi pemasaran usaha mereka karena anggapan usaha mereka yang kecil dan tidak perlu brainstorming strategi yang merepotkan, padahal usaha kecil sangat perlu pemasaran yang benar.
Pentingnya memasarkan produk kita adalah supaya produk kita lebih dikenal secara luas oleh masyarakat sekitar, mampu membantu kita selaku pelaku UMKM untuk mengidentifikasi target pasar yang cocok dengan produk yang kita jual, membangun branding usaha kita agar masyarakat bisa lebih loyal dengan produk kita, dan mampu menjaga pertumbuhan usaha dalam jangka panjang.
Salah satu hambatan dari pelaksanaan pemasaran itu sendiri adalah dari sisi anggaran. Namun kata siapa pemasaran harus merogoh kocek yang banyak? Anda bisa memasarkan produk Anda ke pasar yang lebih luas secara gratis.
Menanggapi hal tersebut, salah satu Mahasiswa KKN Tim II Undip yakni Sulthan Rafi memberikan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat mengenai bidang-bidang yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan produk usaha kita baik secara luring (offline) maupun daring (online). Media atau sarana yang disebutkan dalam sosialisasi tersebut ada:
Media Daring (Online):
- Gojek
- Grab
- Shopee
- Tokopedia
Media Luring (Offline):
- Mendirikan stand
- Membangun toko
- Indomaret
- Alfamart
Sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 di Masjid Nur Muhammad dengan mendukung SDGs nomor 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Materi yang telah dipersiapkan pun dipresentasikan kepada 30 warga RW 09 Kelurahan Karangasem.
Para masyarakat yang hadir dalam sosialisasi tersebut juga memberikan respon yang positif dan memperhatikan materi yang disampaikan secara seksama. Salah satu warga yang hadir adalah Bapak Anung yang juga sebagai Ketua RW 09 Kelurahan Karangasem berpendapat mengenai materi pemasaran yang disampaikan.
Beliau menyebutkan bahwa banyak pelaku UMKM di kampung tersebut dan materi ini sangat bagus karena bisa membantu para masyarakat untuk mengetahui cara memasarkan produknya secara online.
“Karena saat ini sudah jamannya kita berjualan di sosial media”, beliau menambahkan. Kami berharap masyarakat dan pelaku UMKM di Kelurahan Karangasem bisa belajar untuk mempromosikan dan berjualan dalam media luring dan daring secara tepat, agar dapat mensejahterakan pelaku UMKM dan warga sekitarnya dalam hal kesejahteraan ekonominya.
Penulis: Sulthan Rafi Al Hafizh – Fakultas Ekonomika dan Bisnis
DPL: Oktavianto Eko Jati, S.Pi.,M.Si.
Lokasi KKN: RW 09, Kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H