AKSI NYATA
PROGRAM GURU PENGGERAK MODUL 3.3
ANGKATAN 1 KABUPATEN BREBES
MOTIVASI BERANGKAT KE SEKOLAH
Oleh : SLAMET RIADI, M.Pd
Fasilitator : Pujiadi, S.Pd., M.Pd., M.Kom
Â
1. Latar Belakang
Pada Tahun Pelajaran 2019/2020 di lihat dari kondisi tingkat keberangkatan peserta didik masih perlu di tingkatkan agar berangkat lebih giat. Meskipun dekat dengan rumah penduduk banyak hal yang mempengaruhi semangat mereka dalam berangkat ke sekolah sehingga perlu adanya motivasi dari guru dan atau teman sejawat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, motivasi adalah : a) dorongan yang timbul pada diri seseorang untuk sadar atau tidak sadar melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. b) usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak untuk melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya untuk mendapatkan kepuasan dengan perbuatannya.Â
2. Deskripsi Aksi Nyata
Aksi nyata yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah pemberian motivasi yang dilakukan oleh sesama siswa. Siswa yang memberikan motivasi adalah siswa berprestasi di sekolah ini sehingga mampu menambahkan semangat untuk berprestasi di masa yang akan datang
3. Hasil Aksi Nyata
Pada kegiatan aksi nyata ini dilakukan saat pembagian raport, pada saat itu siswa terbaik dengan berbagai prestasi di rancang untuk memberikan semangat serta motivasi bagi siswa lain agar mampu memberikan prestasi di dalam sekolah maupun luar sekolah dalam berbagai aktivitas lomba yang dilakukan dan diadakan antar sekolah.
Pada saat pemberian motivasi ini peserta didik sangat antusias sehingga mereka dinilai akan mampu berubah kea rah perbaikan dan dapat memajukan sekolah sehingga dapat meningkatkan prestasi sekolah.
Pada saat selesai kegiatan peserta didik pulang dan dilihat mereka lebih semangat di hari esoknya saat mengembalikan raport ke sekolah, sehingga dengan demikian semoga pada tahun pelajaran baru nanti aka nada perkembangan yang signifikan
4. Perasaan Pasca Aksi Nyata
Perasaan setelah kegiatan aksi nyata ini penulis menilai bahwa kegiatan tersebut membawa efek baik bagi perkembangan semangat peserta didik
5. Keberhasilan
Keberhasilan yang terlihat pada saat pengembalian raport murid lebih terlihat semangat da nada perubahan yang signifika
6. Kegagalan
Kegagalannya adalah pada saat pembagian raport, tidak semua siswa berangkat karena ada beberapa siswa yang sudah pergi berlibur tanpa sepengetahuan guru
7. Penerapan di masa yang akan datang
Penerapan kegiatan motivasi ini diharapkan dapat dilaksanakan dalam berbagai kesempatan terutama saat ada siswa yang memperoleh prestasi di luar sekolah
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H