Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat pendidikan nasional, sosial, dan pengamat sepak bola nasional. Ini Akun ke-4. Akun ke-1 sudah Penjelajah. Tahun 2019 mendapat 3 Kategori: KOMPASIANER TERPOPULER 2019, ARTIKEL HEADLINE TERPOPULER 2019, dan ARTIKEL TERPOPULER RUBRIK TEKNOLOGI 2019

Bekerjalah dengan benar, bukan sekadar baik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ikhlas Berbagi, Selalu Menjadi Gelas Kosong, Pikiran Jernih dan Hati Bersih

28 Juli 2023   18:51 Diperbarui: 28 Juli 2023   18:53 626
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Supartono JW

Terus belajar menjadi manusia yang rendah hati. Menjadi gelas kosong dan ikut membagi ilmu pengetahuan dan pengalaman sekecil apa pun yang berhasil ditampung. Berpendirian, karena berdasarakan fakta, bukti, dan referensi. Bukan hanya sekadar pandai beropini dan subjektivitas pribadi.

(Supartono JW.28072023)

Selalu memposisikan diri sebagai gelas kosong. Terus belajar untuk menjadi manusia yang tahu diri dan rendah hati. Caranya, selalu membaca (menonton, mengamati, memperhatikan, dll) serta mendengarkan hal-hal terkait sesuai yang saya baca. Namun, memiliki pendirian karena diperkuat oleh fakta dan bukti, serta referensi yang sahih, yaitu: sah, benar, sempurna, tiada cela (dusta, palsu), sesuai dengan hukum (peraturan). Bukan hanya pandai beropini atau berdasarkan subyektifis pribadi. Maka, hasil belajar yang masuk ke gelas kosong (saya), saya abadikan dalam bentuk artikel. 

Artikel yang memotret kisah-kisah dari hasil belajar, saya bagikan untuk selalu mengingatkan diri sendiri. Pun sekadar berbagi untuk orang-orang yang masih merasa perlu atau mau belajar. Sebab dirinya senantiasa diposisikan sebagai gelas kosong. Sebagai manusia yang tahu diri dan rendah hati.

Itulah kehidupan keseharian saya, yang sudah saya lakukan sejak tahun 1989. Memotret kehidupan yang diabadikan dalam bentuk artikel. Dibagikan melalui media cetak. Dan, sejak media online hadir. Kini, praktis, semua potret kehidupanyang saya tulis, dibagikan melalui media online.

Tujuannya Terus belajar. Terus membaca. Terus mendengar. Terus Berbagi. Untuk mengisi gelas kosong dalam diri saya. Bila berguna bagi orang lain, silakan potret artikel itu, menjadi air yang dapat mengisi gelas-gelas kosong, bagi yang membaca dan mau mendengar apa yang saya tulis atau katakan dari hasil belajar.

Jadi, sharing, membagikan ilmu, pengetahuan, kisah, peristiwa, dll, bagi saya adalah sharing untuk mengisi gelas-gelas yang masih kosong. Maksudnya, mengisi pikiran dan hati saya yang selalu saya kosongkan, karena saya masih dan akan selalu mau terus belajar. Juga bagi orang lain, khususnya yang juga masih mau terus belajar, pikiran dan hatinya masih dikosongkan karena masih mau membaca dan mendengarkan. Bukan untuk orang-orang yang gelasnya sudah penuh. Maksudnya, pikiran dan hatinya sudah penuh. Tidak mau membaca dan tidak mau mendengar lagi. Karena sudah merasa hebat. Sudah merasa kompeten. Dan, sudah merasa yang lain-lainnya.

Berbagi membuat bahagia dan sehat

Dengan terus belajar, mau membaca dan mendengarkan orang lain. Lalu, membagikan apa yang kita dapat ke orang lain, yang juga menyiapkan diri sebagai gelas kosong, itu membahagiakan.

Michael Norton dari Harvard Bussiness School pada tahun 2008 melakukan penelitian bahwa memberikan uang kepada orang lain membuat orang yang mempunyai uang itu akan lebih bahagia ketimbang mempergunakan uangnya untuk keperluannya sendiri. Selain itu, Stephanie Post dalam bukunya yang berjudul "Why Good Things Happen To Good People" menyebutkan bahwa dengan berbagi terhadap sesama akan meningkatkan kesehatan orang yang sudah menderita penyakit kronis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun