Mohon tunggu...
siti wahyuningsih
siti wahyuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru SMPN 5 Simpenan Satu Atap

Bismillah, menjadi guru yang lebih baik dan profesional

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai dari diri Modul 3.2 Pemimpin dalam pengeloaan Sumber Daya

13 Agustus 2024   06:13 Diperbarui: 13 Agustus 2024   06:17 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mulai dari Diri

CGP diminta menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini untuk melihat sejauh mana pengetahuan peserta tentang materi kali ini.


1. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.
Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

bagian dari ekosistem yang ada di sekolah diantaranya terdiri dari unsur biotik (hidup) dan abiotik (tak hidup). untuk unsur biotik diantaranya adaka kepala sekolah, guru, siswa,, komite sekolah, dan masyarakat sekitar. unsur abiotik terdiri dari sarana prasana, keuangan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah

2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?
Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

Sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah adalah SDM (murid, guru, kepala sekolah, tenaga administrasi, pengawas, orang tua, masyarakat sekitar) dan SDA (lingkungan alam sekitar, motivasi, komunikasi, kolaborasi, sarana dan prasarana.

3. Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah adalah pemimpin yang terbuka, komunikatif, visioner dan inovatif, dalam hal ini selalu melibatkan dan menggerakan komunitas sekolah dalam mengembangkan kebijakan-kebijakan di sekolah yang berpihak pada kepentingan murid. Kepala sekolah Berperan penting dalam pemanfaatan sumber daya yang ada, memotivasi dan menggerakan komunitas untuk bergerak maju

4. Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Pemimpin yang idela adalah pemimpin yang memfasilitasi seluruh komunitas yang ada di sekolah untuk bergerak maju mengembangkan potensi yang dimiliki dalam kolaborasi dan komunikasi aktif, mampu menciptakan budaya positif dalam komunitas sekolah.

5. Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.
Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Posisi diri saya dalam ekosistem sekolah adalah sebagai komponen biotik yang berperan sebagai guru di sekolah.Saya sudah berupaya untuk memanfaatkan sumber daya sekolah dalam rangka memenuhi kebutuhan belajar murid, namun belum secara optimal masih harus terus belajar untuk bisa lebih memanfaatkan sumber daya sekolah supaya lebih berdampak positif untuk seluruh komunitas sekolah khususnya untuk kepentingan murid.

6. Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Harapan saya sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

  • Diri sendiri: bisa mendapatkan ilmu terkait pemimpin yang mampu mengelola sumber daya, kelak bisa menjadi pemimpin pembelajar yang lebih memberdayakan murid di kelas
  • Murid: bisa lebih terpenuhi kepentingannya, bisa terbantu dalam proses belajar, bisa tercapai tujuan belajarnya sehingga mereka bisa menjadi manusia yang bahagia dan selamat dalam kehidupannya.
  • Sekolah: bisa lebih bermutu, bergerak, berkembang, dan lebih maju dari sebelumnya, mampu meluluskan generasi berprestasi, baik dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan

7. Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan, materi, manfaat, yang saya harapkan ada dalam modul ini adalah bisa memberikan pengalaman belajar secara lebih nyata, bisa mengantarkan untuk mengimplementasikan materi yang kami pelajari dalam lingkungan sekolah yang manfaatnya akan berdampak positif pada seluruh komunitas sekolah dan di luar lingkungan sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun