Pemikiran tokoh, teori kontruksitif dan kognitif
Pembelajaran Kognitif
Menurut kemampuan kognitif Pudjiarti dalam Khadijah, dapat dijelaskan sebagai: Memiliki "kemampuan untuk belajar, berpikir, atau intelektual" Kemampuan untuk mempelajari keterampilan dan konsep dan keterampilan baru Memahami apa yang terjadi di lingkungan dan kemampuan mereka Gunakan memori untuk memecahkan masalah sederhana. Kognitif adalah kemampuan berpikir pada manusia. 17 Beberapa ahli psikologi berpendapat bahwa perkembangan kemampuan berpikir manusia tumbuh bersama pertambahan usia manusia. sebagian ahli psikologi berpendapat bahwa perkembangan berpikir manusia dipengaruhi oleh lingkungan sosial dimana manusia hidup. Â Pada anak usia dini itu peran guru memerikan muridnya penjelasan yang bisa di pahami siswa setelah itu siswa di aktifkan dengan berfikir sendiri dengan cara memberikan ruang atau berpindah ke luar kelas agar siswa itu berfikir secara kreatif.
*Piaget
     Menurut pandangan piaget teori ini memberikan banyak konsep utama dibidang psikologi perkembangan dan mempengaruhi perkembangan konsep intelektual, bagi piaget itu berarti mampu mewakili dunia secara lebih akurat dan melakukan oprasional secara logis dan konsep yang didasarkan pada kenyataan.Â
*Jerome Brunner
Berdasarkan pandangan jerome bruner ialah pandangan piaget bahwasan nya anak harus berperan aktif dalam pembelajarannya dikelas, maka oleh karena itu bruner menggunakan apa yang disebutnya "pembelajaran penemuan" dengan kemungkinan siswa yang mengatur meteri yang diteliti dalam bentuk akhir.Â
PEMBELAJARAN KONTRUKSITIF
Konstruktivistik adalah pendekatan yang menerangkan tentang bagaimana cara manusia (anak) belajar. Menurut pendekatan ini belajar adalah proses menyusun struktur pemahaman atau pengetahuan dengan cara mengaitkan dan menyelaraskan fenomena atau ide, kegiatan, atau pengetahuan baru kedalam struktur pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Proses Belajar Konstruktivistik Dalam mendorong anak aktif melakukan kegiatan yang membangun pengetahuan adapun proses belajar yang perlu dilakukan. Proses belajar konstruktivistik merupakan proses konseptual, proses yang dipandang dari pendekatan kognitif, bukan sebagai perolehan informasi yang berlangsung satu 15 arah dari luar ke dalam diri siswa, melainkan sebagai pemberian makna oleh siswa kepada pengalaman melalui proses asimilasi dan akomodasi yang bermuara pada pembentukan struktur kognitif .Menurut pandangan konstruktivistik, belajar merupakan suatu proses pembentukan pengetahuan. Pembentukan pengetahuan dilakukan oleh anak. anak aktif melakukan kegiatan, aktif berpikir, menyusun konsep, dan memberi makna tentang hal-hal yang sedang dipelajari (C. Asri Budiningsih, 2008: 58).
*Shymansky mengatakan bahwa Konsep dan ide baru berdasarkan rangkaian pemikiran pemiliknya atau berdasarkan sudut pandang pemiliknya.Â
*Jean piaget
      Piaget ialah psikolog pertama yang menggunaka filosofi konstruksitivis dalam proses pembelajaran. Sehingga piaget menjelasakan proses pengetahuan seseorang dalam perkembangan teori intelektual.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H