LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan SiswaÂ
Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
SDN 03 Pontianak Kota
Lingkup Pendidikan
Sekolah Dasar
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIB SD Negeri 03 Pontianak Kota pada mupel Bahasa Indonesia dan IPA Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3
Penulis
Siti Suhartini, S.Pd
Tanggal
15 November 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran
ini adalah :
- Belum maksimal pengembangan rencana pembelajaran
- Belum maksimal penerapan teknik evaluasi
- Belum maksimal dalam pengelolaan kelas
- Kurang maksimal dalam mencari informasi pada sebuah bacaan
- Pemahaman terhadap pertanyaan apa, siapa, dimana, bagaimana dan mengapa masih rendah
- Pemahaman mengenai magnet masih belum optimal
- Kurang memahami sifat-sifat magnet
- Kurangnya respon dan dukungan dari orangtua siswa terhadap dunia pendidikan
- Belum optimalnya hubungan kerjasama antara pihak sekolah dengan orangtua
- Belum menerapkan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) PBL
- Penerapan Pendekatan saintifik pada pembelajaran masih belum optimal
- Kemampuan dalam merumuskan indikator pencapaian kompetensi berbasis HOTS sangat rendah
- Penguasaan TIK Masih rendah namun tidak ada upaya untuk meningkatkan kemampuan
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena :
- Praktik pembelajaran ini secara pribadi untuk selalu mendesain pembelajaran yang kreatif serta inovatif
- Praktik pembelajaran yang saya lakukan setidaknya dapat memotivasi rekan guru yang lain untuk mendesain pembelajaran kreatif dan inovatif yang sama
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
Yang menjadi suatu tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah :
- Kemampuan saya dalam memahami dan menerapkan model PBL, pendekatan saintifik, dalam pembelajaran tidak sesuai dengan yang diinginkan
- Belum maksimalnya saya dalam memberikan pemilihan model belajar dengan karakteristik materi
- Sarana dan prasarana pembelajaran yang belum dimanfaatkan secara optimal.
- Peserta didik belum terbiasa dengan pembelajaran berbasis TIK.
- Pengalaman dan kemampuan guru untuk menarik minat dan motivasi peserta didik dalam belajar masih sangat terbatas
Â
Siapa saja yang terlibat?
Guru terlibat sebagai pengajar
Peserta didik terlibat sebagai subjek penelitian
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut:Â
- Mencari kajian literatur yang tepat untuk memecahkan persoalan pembelajaran yang di hadapi.
- Melakukan wawancara dengan kepala sekolah, pengawas dan ahli mengenai cara untuk menangani persoalan pembelajaran yang di hadapi.
- Melakukan wawancara dengan rekan sejawat mengenai cara untuk menangani persoalan pembelajaran yang di hadapi
Strategi apa yang digunakan?
Strategi yang digunakan guru dalam pemilihan model pembelajaran inovatif yaitu dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi.
Bagaimana prosesnya?
Proses pemilihan model ini dilakukan dengan cara:
lebih dulu mempelajari model-model pembelajaran inovatif melalui kajian literatur, mempelajari kemampuan awal dan kebiasaan atau gaya belajar peserta didik
Siapa saja yang terlibat?Â
- Guru terlibat dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan praktek pembelajaran serta mengkondisikan siswa.
- Rekan guru/Kolaborator terlibat dalam mengawasi jalannya pelaksanaan praktek pembelajaran yang dilakukan
- Kamerawan terlibat dalam hal pengambilan video praktek pembelajaran yang dilaksanakan
- Peserta didik terlibat sebagai subyek penelitian
Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?
Yang diperlukan dalam melaksanakan strategi ini yaitu : Alat dan bahan yang digunakan diantaranya Laptop, LCD Proyektor, magnet batang dan magnet huruf U, penjepit ketas, peniti, pensil, kertas HVS, serbuk magnet, korek api.
Sumber biaya berasal dari guru yang melaksanakan praktek pembelajaran inovatif.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?
Bagaimana dampak aksi dari langkah-langkah yang dilakukanÂ
- Penggunaan media sangat membantu pemahaman peserta didik dalam menerima pembelajaran yang disampaikan
- Pemilihan model pembelajaran Inovatif PBL dan aktivitas pembelajaran berpusat pada peserta didik sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran.
- Penggunaan metode eksperimen sangat membuat perserta didik untuk membuat terobosan baru dengan pengalaman yang dilakukannya sehingga menjadi ingatan jangka panjang.
- Perubahan yang signifikan terjadi pada tingkah laku, keterampilan karakteristik peserta didik saat pembelajaran berlangsung
Apakah hasilnya efektif Atau tidak efektif ?Â
Sebagian besar peserta didik merasa senang dalam pembelajaran inovatif seperti ini, pembelajaran yang guru lakukan hasilnya efektif dan sesuai dengan yang diinginkan
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?
Secara umum hasil wawancara yang dilakukan kepada rekan sejawat mengenai praktek pembelajaran yang saya lakukan sudah baik dan mendapat respon positif dari rekan-rekan sejawat. Akan tetapi masih terdapat kekurangan yang harus saya perbaiki dan tidak boleh terulang kembali pada pembelajaran berikutnya.
Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?Â
Faktor keberhasilan ataupun ketidakberhasilan dalam praktek pembelajaran ini yaitu persiapan yang dilakukan, karena kalau persiapan kita sudah maksimal, maka pembelajaran yang akan dilaksanakan akan berpeluang baik dibandingkan dengan pembelajaran yang tanpa persiapan. Selain itu, hasil belajar anak juga menjadi salah satu faktor penting dalam mengukur keberhasilan suatu pembelajaran.
Â
Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?
- Secara umum praktek pembelajaran yang saya laksanakan telah berhasil membuat peserta didik semakin mudah mengerti mengenai pembelajaran yang saya sampaikan
- Saya selalu berusaha menjadi guru yang menyenangkan dan mempesona
- Selalu membuat perencanaan dengan baik dan matang dalam pembelajaran serta melaksanakan sesuai perencanaan dengan sebaik-baiknya