Nama : Siti Alizah A. Su'aÂ
Nim : 161424039
Kelas : D
Jurusan : Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Judul Jurnal : Permasalahan pendidikan Islam di lembaga pendidikan madrasahÂ
Penulis : Ismi Adelia
Tahun terbit : 2021
Abstrak:
     Permasalahan yang dihadapi pendidikan di Indonesia secara umum ini, adalah kualitas, relevansi, elitisme, dan menajemen. Permasalahan ini terjadi pada pendidikan secara umum di Indonesia, termasuk pendidikan islam yang di nilai justru lebih besar problematikanya. Metodelogi dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dalam arti penelitian ini difokuskan pada kasus (fenomena) yang kemudian di pahami dan di analisis secara mendalam. Metode penelitian ini digunakan untuk mendiskripsikan secara holistik dan komperhensif tentang gejala dan peristiwa dalam permasalahan pendidikan islam khususnya Madrasah. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengungkapkan permasalahan yang ada pada Madrasah sehingga bisa menjadi pedoman untuk kedepannya agar madrasah bisa lebih baik dan mandiri. Adapun hasil Penelitian dari Bentuk permasalahan Pendidikan Islam di Madrasah antara lain adalah Lemahnya akhlak siswa di Madrasah, kurangnya kontribusi siswa dalam menyiarkan ajaran Islam di masyarakat, Berkurangnya minat siswa di bandingkan pada sebelumnya, dan banyak yang memilih untuk pindah ke sekolah umum. Adapun Pembahasan dari penelitian ini adalah permasalahan yang dihadapi oleh Madrasah dalam pendidikan Islam dengan melihat dari dua sisi permasalahan pokok yaitu permasalahan internal dan permasalahan eksternal. Faktor lain yang secara umum dihadapi oleh Madrasah adalah masyarakat agaknya kurang memiliki kebebasan untuk mengelola dengan caranya sendiri, karena hampir semua hal yang berkaitan dengan pendidikan sudah ditentukan oleh pemegang otoritas pendidikan.
Latar belakang: Permasalahan yang di hadapi pendidikan di indonesia secara umum ini, adalah kualitas, relevansi, elitisme, dan menajemen. Berbagai indikator kuantitatif di kemukakan berkenaan dengan keempat masalah di atas antara lain analisis komparatif yangmembandingkan situasi pendidikan antara Negara di kawasan asia. Keempat masalah tersebut merupakan masalah besar, mendasar, dan multidimensional, sehingga sulit di cari ujung pangkal pemecahannya. Permasalahan ini terjadi pada pendidikan secara umum di Indonesia, termasuk pendidikan islam yang di nilai justru lebih besar problematikanya. Menurut (Musrifah, 2018) pendidikan nasional mengalami permasalahan diantaranya pertama, kekeliruan filosofis yang mengartikan mutu dengan indeks prestasi, kedua, lemahnya pemberdayaan tenaga pendidik islam, ketiga, manejmen pendidikan islam sentralistik, strukturalistik, birokratik, keempat, sistem pembelajaran bersifat paternalistic, harismatik, mileteristik, dan monolog.