Mohon tunggu...
siti saidah gina azkia
siti saidah gina azkia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Topik konten favorit saya mengenai pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ruang Lingkup Dimensi Jenis Perencanaan Pendidikan

4 November 2024   19:40 Diperbarui: 9 November 2024   04:58 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ruang Lingkup Dimensi Jenis Perencanaan Pendidikan

Oleh Siti Saidah Gina Azkia
Mahasiswa Semester 5 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Kelas MPI E

Ruang lingkup dimensi jenis perencanaan pendidikan merujuk pada berbagai aspek dan kategori yang digunakan untuk mengorganisasi dan mengelola perencanaan dalam sistem pendidikan. Ini mencakup cara-cara perencanaan dapat dilakukan berdasarkan waktu, ruang, tingkat, dan teknik yang berbeda. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing dimensi:

   Pertama: Perencanaan dari Dimensi Waktu

  • Perencanaan Jangka Panjang (Long Term Planning): Merupakan perencanaan yang mencakup periode lebih dari lima tahun. Fokusnya adalah pada visi dan misi pendidikan yang ingin dicapai, seperti peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
  • Perencanaan Jangka Menengah (Medium Term Planning): Biasanya mencakup periode antara dua hingga lima tahun. Dalam konteks ini, rencana disusun untuk mencapai tujuan spesifik yang mendukung perencanaan jangka panjang.
  • Perencanaan Jangka Pendek (Short Term Planning): Rencana ini mencakup periode satu tahun atau kurang. Ini berfokus pada kegiatan operasional sehari-hari dan implementasi program-program pendidikan.

Kedua: Perencanaan dari Dimensi Spasial

  • Perencanaan Nasional: Merupakan rencana yang disusun oleh pemerintah pusat untuk mengatur dan mengembangkan sistem pendidikan secara keseluruhan. Ini mencakup kebijakan dan program pendidikan yang berlaku di seluruh negara.
  • Perencanaan Regional: Rencana ini ditujukan untuk pengembangan pendidikan di tingkat daerah atau provinsi, disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik lokal. Misalnya, program pendidikan yang sesuai dengan budaya dan ekonomi daerah tertentu.
  • Perencanaan Tata Ruang: Ini melibatkan pengaturan fisik dan penggunaan ruang pendidikan, termasuk lokasi gedung sekolah, fasilitas pendidikan, dan infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung proses belajar mengajar.

Ketiga: Perencanaan dari Tingkatannya

  • Perencanaan Makro: Rencana ini mencakup seluruh sistem pendidikan di tingkat nasional, berfokus pada kebijakan umum dan arah strategis yang lebih luas.
  • Perencanaan Meso: Ini berlaku di tingkat menengah, seperti provinsi atau kabupaten. Perencanaan ini menghubungkan kebijakan makro dengan implementasi di tingkat mikro, termasuk program-program spesifik untuk sekolah-sekolah di daerah tersebut.
  • Perencanaan Mikro: Rencana ini dilakukan di tingkat institusi atau sekolah, berfokus pada pengelolaan kegiatan sehari-hari dan operasional. Ini mencakup rencana kegiatan belajar mengajar, pengelolaan sumber daya, dan evaluasi kinerja siswa.

Keempat: Perencanaan Menurut Teknisnya

  • Perencanaan Strategik (Renstra): Rencana ini mendetailkan strategi dan tindakan yang diperlukan untuk mencapai visi dan misi pendidikan jangka panjang. Ini biasanya mencakup analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk merumuskan strategi yang tepat.
  • Perencanaan Koordinatif: Rencana ini menekankan kerja sama antar berbagai pihak dan pemangku kepentingan dalam implementasi program pendidikan. Ini penting untuk memastikan bahwa semua pihak terlibat dan mendukung tujuan pendidikan yang sama.
  • Perencanaan Operasional (Managerial): Rencana ini berfokus pada pengelolaan kegiatan sehari-hari, termasuk pengelolaan sumber daya, administrasi, dan evaluasi. Ini mencakup penjadwalan kegiatan, pengelolaan anggaran, dan pelaporan hasil.

Dimensi Tambahan yang Perlu Dipertimbangkan

  • Perencanaan Berdasarkan Subjek:
    • Perencanaan Kurikulum: Memfokuskan pada pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran.
    • Perencanaan Pembelajaran: Memfokuskan pada metode dan strategi pembelajaran.
    • Perencanaan Evaluasi: Memfokuskan pada penilaian hasil belajar siswa.
  • Perencanaan Berdasarkan Tingkatan Pendidikan:
    • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Memfokuskan pada perkembangan anak usia dini.
    • Pendidikan Dasar: Memfokuskan pada pengembangan literasi dan numerasi.
    • Pendidikan Menengah: Memfokuskan pada persiapan siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi atau memasuki dunia kerja.
    • Pendidikan Tinggi: Memfokuskan pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Perencanaan Berdasarkan Karakteristik Peserta Didik:
    • Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK): Memfokuskan pada penyediaan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus.
    • Peserta Didik dengan Latar Belakang Sosial Ekonomi yang Berbeda: Memfokuskan pada pemerataan akses dan kualitas pendidikan.

Contoh Penerapan dalam Konteks Pendidikan

  • Perencanaan Pembangunan Sekolah Baru: Melibatkan perencanaan jangka panjang (untuk memenuhi proyeksi pertumbuhan penduduk), perencanaan spasial (menentukan lokasi yang strategis), perencanaan makro (mendapatkan izin dari pemerintah pusat), dan perencanaan operasional (menentukan kebutuhan anggaran dan sumber daya).
  • Pengembangan Kurikulum Baru: Melibatkan perencanaan strategis (menentukan kompetensi yang ingin dicapai), perencanaan kurikulum (menentukan materi pembelajaran), dan perencanaan evaluasi (menentukan cara menilai pencapaian siswa).

Kesimpulan

Perencanaan pendidikan merupakan proses yang kompleks dan multidimensi. Memahami berbagai dimensi ini akan membantu kita merancang sistem pendidikan yang lebih efektif dan efisien. Setiap dimensi saling terkait dan saling mempengaruhi. Dengan mengintegrasikan berbagai dimensi ini, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi semua siswa untuk mencapai potensi maksimal mereka.

 
Tulisan ini disajikan dari Materi Mata Kuliah Sekolah islam Terpadu (SIT) Part 3 Point C : Ruang Lingkup Dimensi Jenis Perencanaan Pendidikan (Tugas 25 September 2024), Dosen Pengampu: Prof. Dr.H.A.Rusdiana, M.M

Siti Saidah Gina Azkia. Lahir di Bandung, tanggal 15 Juni 2003, merupakan anak kedua dari dua bersaudara pasangan Bapak Cecep Dadang Sumpena, dengan Ibu Erni Sumarni.

Alamat Tempat Tinggal Jl. Cibaduyut, Blok lumbung RT 03 RW 02 Kel.Cibaduyut , Kec. Bojongloa kidul , Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia,  40236, HP: 089502527118, E-Mail :  sginaazkia@gmail.com

Pendidikan: Sekolah Dasar/SDN Bojongloa 1 lulus tahun 2015, Sekolah Menengah Pertama/SMPN 38 Bandung lulus tahun 2018, Sekolah Mengah Atas/ Tarbiyatul mu’allimin wal mu’allimat Al Islamiyah Ponpes Albasyariyah, Bandung lulus tahun 2022. Dan sekarang kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Lulus tes masuk UIN melalui jalur UM-PTKIN. Motivasi masuk ke UIN SGD jurusan MPI: ingin melanjutkan pendiidkan ke jenjang lebih mengenai manajemen Pendidikan berbasis keislaman.

Motto : Muda berkarya tua kaya raya mati masuk surga.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun