Mohon tunggu...
Siti Rohmah Kurniasih
Siti Rohmah Kurniasih Mohon Tunggu... Guru - Guru Pendidikan Agama Islam

Saya adalah guru Pendidikan Agama Islam di jenjang Sekolah Dasar, memiliki ketertarikan terhadap media pembelajaran digital, dan pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam. Selain itu, saya senang berbagi praktik baik melalui youtube, sosial media, dan blog. Berbagi dan berkolaborasi adalah hobi saya, karena dari kegiatan itu saya dapat berkembang menjadi lebih baik dan terus bermanfaat untuk orang sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

#7 Merancang Game Edukasi Lumi H5P Menggunakan Kanvas ASSURE

27 Oktober 2024   22:02 Diperbarui: 29 Oktober 2024   16:33 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
instagram.com/sitirohmahkurniasih

Pada hari Rabu, 23 Oktober 2024, saya berkesempatan berbagi praktik baik dengan rekan-rekan di KKG PAI Kecamatan Dayeuhkolot. Topik utama yang saya sampaikan adalah tentang "Merancang Game Edukasi menggunakan aplikasi Lumi H5P dan memanfaatkan kanvas ASSURE". Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para pendidik dengan keterampilan dalam menciptakan media pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa.

instagram.com/sitirohmahkurniasih
instagram.com/sitirohmahkurniasih

Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, kebutuhan akan media yang dapat melibatkan siswa dengan cara yang kreatif dan interaktif menjadi semakin mendesak. Lumi H5P menjadi pilihan tepat karena fitur-fiturnya yang memungkinkan kita membuat game edukasi yang sederhana namun efektif. Agar proses perancangan lebih terarah dan terstruktur, kami menggunakan model ASSURE, yang membantu memastikan bahwa setiap elemen dalam media tersebut memenuhi kebutuhan dan gaya belajar siswa.

instagram.com/sitirohmahkurniasih
instagram.com/sitirohmahkurniasih

Pada sesi ini kegiatan di awali dengan penjelasan singkat mengenai setiap komponen dari ASSURE:

Analyze Learners -- Mengenali profil siswa yang akan menjadi pengguna.

State Objectives -- Merumuskan tujuan belajar yang jelas dan terukur.

Select Methods, Media, and Materials -- Memilih metode dan media yang tepat, yaitu game edukasi berbasis Lumi H5P.

Utilize Media and Materials -- Praktik langsung membuat konten di Lumi H5P.

Require Learner Participation -- Merancang aktivitas dalam game yang mengharuskan partisipasi siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun