Mohon tunggu...
siti nur Syamsiyah
siti nur Syamsiyah Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Sehat itu bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Modul 1.1 Perubahan Paradigma Nilai Guru PJOK

26 September 2024   12:21 Diperbarui: 26 September 2024   12:32 1294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : siti nursyamsiyah Framework Gibbs

NAMA PESERTA      : SITI NURSYAMSIYAH, S.Pd.

KELAS                        :  PKG -- PJOK TRENGGALEK 3

NAMA FASILITATOR  : ASNGARI, S.Pd.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Syukur alhamdulillah kepada Alloh Subhanahu Wata'ala bahwa pada kali ini saya dapat mengikuti PKG-PJOK BBGP Jawa Timur Jurnal refleksi pada modul ini saya akan menuliskan refleksi Graham Gibbs. Graham Gibbs adalah tokoh Pendidikan yang terkenal dengan bukunya yang berjudul Learning By Doing, dimana beliau mengatakan bahwa seseorang itu belajar berdasarkan pengalaman yang terjadi pada dirinya. Pada frameworknya, Gibbs mengenalkan 6 tahapan mulai dari description, feelings, evaluation, analysis, conclusion, dan action plan.

Graham Gibbs adalah tokoh Pendidikan yang terkenal dengan bukunya yang berjudul Learning By Doing, dimana beliau mengatakan bahwa seseorang itu belajar berdasarkan pengalaman yang terjadi pada dirinya. Pada frameworknya, Gibbs mengenalkan 6 tahapan mulai dari description, feelings, evaluation, analysis, conclusion, dan action plan.

Berikut ini adalah Refleksi saya pada modul 1.1 :

Deskripsi

Yang terjadi pada bulan september 2024 yaitu saya terekrut Pelatihan Program kompetensi Guru PJOK BBGP Jatim,  pembelajaran dimulai pada tanggal 23 September 2024. Orang-orang yang terlibat yaitu TIM BBGP, untuk Kabupaten Trenggalek di pimpin oleh Bapak Asngari, S.Pd. sebagai Fasilitator. Teman-teman peserta di kelas 3 sejumlah 13 orang yang berasal dari berbagai instasi. Yang saya dapatkan dari pelatihan modul 1.1 ini yaitu tentang Perubahan Paradigma Diri Guru Pjok. Ternyata setelah belajar modul 1.1 ini saya belum memahami tentang nilai guru PJOK .

Perasaan

Perasaaan ketika membuka modul agak khawatir tentang pembelajaran PJOK modul 1.1 karena yang muncul pada pikiran saya adalah pembelajaran PJOK itu hanya tentang teori olah raga. Pola pikir yang mempengaruhi saya pada saat itu adalah saya teralu santai hingga saya terlalu percaya diri tidak usah membaca modul saya bisa menyelesaikan tugas-tugas dari modul. Pada kali itu saya berpendapat bahwa nilai guru PJOK hanya salah satu dari 5 nilai yaitu

Disciplinary Mastery (DM)/Penguasaan Materi/Disiplin Ilmu

Learning Process (LP)/ Proses Pembelajaran

Self Actualization (SA)/ Aktualisasi Diri

Ecological Integration (EI)/Integrasi Ekologis

Social Responsibility (SR)/ Tanggung Jawab Sosial

ternyata nilai guru PJOK yang harus dikuasai adalah 5, dan saya hanya memahami 1 nilai saja, ternyata saya harus belajar lagi untuk memahaminya.

Evaluasi

Hasil saya mempelajari nilai guru PJOK yaitu saya belum memahami 4 dari 5 nilai itu. Hal baik setelah mempelajari modul 1.1 saya mampu merefleksi pembelajaran, dan buruknya adalah saya hanya membaca seklilas tanpa pemahaman yang mendalam. Kontribusi yang saya berikan pada pembelajaran pada modul 1.1 ini yaitu saya memberi contoh pada teman-teman untuk bersemangat membahas modul, adapun kotribusi yang buruk adalah memberikan informasi yang singkat tentang pembelajaran modul 1.1 . Saya merasa bahwa saya dapat menyelesaikan permasalahan saya dengan baik. Saya merasa bahwa respon yang saya berikan kepada teman ketika berdiskusi melalui tatap maya sudah baik

Analisis

Apa yang membuat peristiwa/pembelajaran yang kita alami berjalan baik? Dengan buruk? Yang membuat pembelajaran ini berjalan baik yaitu saya merasa bersemangat untuk mencari ilmu tentang nilai guru PJOK itu seperti apa. Untuk memahami tentang nilai guru PJOK itu saya akan membaca modul dengan pemahaman yang sungguh-sungguh. Menurut pengalaman saya suatu teori lebih sulit dipahami karena lebih mudah jika langsung praktik lapangan. Model yang dapat membantu saya memahami pembelajaran adalah mendengar, melihat, lalu memparktiikan ilmu pengetahuan yang saya dapatkan tentunya dengan berkolaborasi dengan teman suatu pembelajaran akan lebih mudah untuk dipahami seperti berdiskusi secara luring maupun daring.

Kesimpulan

Apa makna/pembelajaran yang didapatkan setelah kejadian ini? Makna dari pembelajaran nilai guru PJOK yaitu kita sebagai guru harus bisa menjalankan n5 nilai guru PJOK agar pembelajaran yang kita berikan menjadi lebih bermakna, Ketrampilan yang saya butuhkan adalah ketrampilan kesabaran dan telaten dalam memahami modul.

Rencana Tindak Lanjut

Rencana tindak lanjut yang akan saya lakukan yaitu segera untuk belajar memahami modul 1.1. ini tentang nilai guru PJOK. Hal beda yang akan saya lakukan jika terjadi lagi yaitu saya akan meluangkan waktu yang lebih agar semua permasalahan dapat terselesaikan.

Dokumentasi kegiatan:

  sumber gambar: siti nursyamsiyah Dokumentasi Tatap Maya ke 2 tanggal  23-09-2024
  sumber gambar: siti nursyamsiyah Dokumentasi Tatap Maya ke 2 tanggal  23-09-2024
sumber gambar: siti nursyamsiyah Dokumentasi Tatap Maya ke-2 tanggal  25-09-2024
sumber gambar: siti nursyamsiyah Dokumentasi Tatap Maya ke-2 tanggal  25-09-2024

Demikian refleksi saya pada modul 1.1 Pelatihan PKG PJOK, ada kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamu 'Alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun