Mohon tunggu...
Siti Nur Sofwatunada
Siti Nur Sofwatunada Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPNVJ

Nama saya Siti Nur Sofwatunada, saya merupakan mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ). Saya memiliki ketertarikan di dunia Broadcasting, khususnya TV dan Film.

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Perbedaan Pasar Modern (Watsons) VS Pasar Online (Sociolla.com)

8 Juni 2023   20:51 Diperbarui: 8 Juni 2023   21:05 751
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik



Berbelanja memang sudah menjadi kebiasaan bagi setiap orang, bahkan ada yang menjadikan belanja itu sebagai hobi.

Dalam kesempatan ini kami melakukan survei perbandingan pasar modern vs online dalam membeli produk kecantikan. Terutama karena sekarang ini adalah serba digital, jadi kami ingin mengetahui tentang bagaimana sih pendapat dari setiap pelanggan toko tersebut. Let's check it out!!

Yang pertama tentunya target dari yang akan kami lakukan survei seorang perempuan, pada saat kami mengunjungi slaah satu Mall dikalangan Jakarta Selatan (18/05/2023) kami bertemu dengan seseorang yang baru saja keluar dari Watsons sebagai pasar modern.

Pasar Modern Watsons adalah retailer produk kesehatan dan kecantikan termuka di Asia. Watsons diketahui didirikan di Hongkong pada tahun 1841. Watsons dikenal sebagai one stop solution center dan beauty center.

Kami berbincang sejenak dan dapat diketahui bahwa dalam pasar modern yang kita kenal harganya bisa dikatakan mahal namun mereka juga memberikan promo yang beragam untuk menarik minat pelanggan. Kita juga dapat menguji coba atau melakukan swatch produk-produk tersebut untuk mementukan warna ataupun kecocokan. Tidak hanya itu, Watsons juga menyediakan beberapa metode pembayaran yaitu cash, cashless, qris.

Berbanding terbalik dengan pasar modern, kami bertemu dengan salah satu pelanggan dari pasar online yaitu sociolla. Seperti yang kita ketahui bahwa sociolla memang ada offline store nya, namun salah satu narasumber kami lebih sering berbelanja di online store sociolla.

Sociolla adalah sebuah perusahaan e-commerce yang fokus pada penjualan produk kecantikan dan perawatan kulit. Mereka menawarkan berbagai macam produk kecantikan dari brand-brand terkenal serta memberikan ulasan dan rekomendasi kepada pelanggan.

Menurut pelanggan Sociolla.com harga yang berada pada laman Sociolla.com jelas lebih murah dibandingkan dengan offline store karena mereka tidak menyewa tempat, ditambah lagi jika sedang ada promo event tanggal kembar diskon yang diberikan juga besar.

Pelanggan Sociolla.seperti juga merasa jika berbelanja di online bisa menghemat waktu tanpa harus datang langsung ke tempat, hanya dengan klik saja barang sudah sampai.

Persepsi dari masing-masing pelanggan memang berbeda-beda namun dapat disimpulkan bahwa disetiap pasar mulai dari pasar modern maupun pasar online pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mereka pun pasti memilih untuk menunjukkan kelebihan yang dimiliki untuk lebih membranding store mereka untuk menjadi lebih baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun