Mohon tunggu...
SITI NUR MAHMUDAH
SITI NUR MAHMUDAH Mohon Tunggu... Guru - kreatifitas

jalani-nikmati-syukuri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Model-model Pembelajaran

21 November 2020   07:29 Diperbarui: 21 November 2020   07:57 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Model pembelajaran sebagaimana dimaksud pada permendikbud nomer 103 Tahun 2014 dan permendikbud nomor 22 tahun 2016 adalah model pembelajaran yang menonjolkan aktivitas dan kreatifitas, menginspirasi, menyenangkan dan berprakarsa, berpusat pada siswa, otentik, kontekstual, dan bermakna bagi kehidupan siswa sehari-hari, antara lain:

1. model penyingkapan (Discovery learning) yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari tahu dan mengolah informasi sendiri. alur kegiatan pembelajarannya adalah : a. memberi stimulus. b. mengidentifikasi masalah, c. mengum[ulkan data, d. mengolah data, e. memverifikasi, f. menyimpulkan.

2. model penemuan (inquiri learning) merupakan suatu kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal dan menyeluruh kepada siswa secara sistematik, kritis, logis dan analisis. alur pembelajarannya adalah : a. mengamati fenomena b. mengajukan pertanyaan tentang fenomena. c. melakukan penalaran d. mengumpulkan data e. merumuskan kesimpulan kesimpulan

3. model berbasis masalah (problem based learning/PBL) model pembelajaran ini bertujuan mendorong siswa untuk belajar berbagai permasalahan sosial nyata dalam kegiatan sehrai-hari. alur kegiatan PBL adalah sebagai berikut : a. mengamati masalah b. menanya tentang masalah c. menyelesaikan masalah, d. mengembangkan dan menyajikan hasil karya. e. analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah 

4. model berbasis proyek (project based learning) merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menerapkan pengetahuan yang sudha dimiliki, melatih kemampuan berfikir, sikap dan keterampilan konkret. alur kegiatan pembelajaran sebagai berikut : a. penugasan proyek b. mendesain pelaksanaan proyek c. menyusun jadwal pengerjaan proyek d. monitor perkembangan proyek d. menguji hasil e. mengevaluasi kegiatan/pengalaman 

Sumber: direktorat pembinaan SMA @2017

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun