Marketing plan atau rencana pemasaran merupakan cara bagaimana kita mencapai sasaran pemasaran hal tersebut adalah penerapan strategi kita sekaligus roadmap  yang akan memandu kita dari satu titik ke titik lainnya. Jadi berbeda dari strategi, rencana pemasaran adalah soal  bagaimana kita mencapai tujuan pemasaran.
Unsur-unsur Marketing Plan
1. Ringkasan dan Tujuan Perusahaan
Jadi kita harus memperkenlakan dengan baik  profil perusahaanmu dan tujuannya. Dengan begini, kamu bisa mengetahui situasi dari perusahaan dan tujuan yang ingin dicapai.
2. Tentukan Target dan Standar yang Harus Dicapai
kita harus menentukan target beserta standar yang harus kita capai, Ketika kita sudah mengetahui standar yang pasti, maka kita akan lebih mudah untuk mengukur progress untuk mencapai target yang kita diinginkan.
3. Tentukan Target Pasar
Dengan menentukan target pasar, kita akan lebih mudah menetapkan gaya promosi dan pemasaran yang akan kita lakukan, Pemasaran pun akan jadi lebih efektif.
4. Tetapkan Jenis Konten Promosi
Jadi Pentingnya untuk menetapkan jenis konten yang ingin kita jalankan, kita harus memilih dengan baik agar dapat membantu kita mencapai target dengan maksimal.
5. Kenali Kompetitor
Jadi kita harus melakukan riset untuk mengenal kekuatan serta kelemahan kompetitor kita, Â Mengenali kompetitor akan membantu kita untuk menyusun marketing plan yang lengkap dan jelas.
6. Tetapkan Fokus dan Prioritas
Mungkin kita punya banyak ide, tapi kita harus tetap fokus dan menetapkan prioritas, Jangan sampai kita menjadi kewalahan karena terlalu banyak yang mau kita lakukan, Jadi selain menetapkan apa yang ingin kita dicapai, kita perlu mengesampingkan hal-hal yang tidak kita fokuskan untuk menghindari distraksi yang tidak diperlukan.
7. Tetapkan Budget
Dalam membuat rencana pemasaran, lebi penting untuk menetapkan budget yang efektif dan realistis, Aturlah budget dengan baik agar langkah-langkah pemasaran jadi lebih lancar.
8. Segmentasi
Ialah mengelompokkan pasar, maksudnya kita mengelompokkan minat konsumen terhadap suatu barang di tempat atau daerah tertentu.
Dalam marketing plan ada yang namanya positioning, yaitu seorang pebisnis harus membuat daya tarik atau karakter yang berbeda. Jadi dalam positioning disini seorang pemasar harus bisa meyakinkan dan menanamkan image produk yang berbeda dari produk itu.
Contoh Marketing Plan
1. Buffer
2. Contently
3. Forbes