Pelaksanaan program magang sangat penting karena adanya kesenjangan kompetensi lulusan dari dunia Pendidikan Perguruan Tinggi dan dunia kerja dipersempit. Jadi cara untuk mengatasi kesenjangan ini adalah melalui program magang. Dengan adanya program magang ini mahasiswa dapat mengurangi kesenjangan keterampilan (skill gap) dengan mendapat pemahaman tentang teknologi dan proses kerja yang digunakan dalam dunia kerja. Selain itu, mahasiswa juga dapat berkesempatan menerapkan teori-teori yang sudah dipelajari selama perkuliahan ditempat kerja.
Program Magang merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus dijalankan oleh mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Disini penulis Siti Nur Farida melaksanakan Magang di Raishacollection Surabaya dengan harapan dapat mengaplikasikan ilmu di perkuliahan ke dunia kerja dan bisa lebih siap untuk memasuki dunia kerja. Dan selain itu juga dapat memperluas networking, pengalaman magang juga dapat menjadi nilai tambah dalam proses seleksi kerja mahasiswa setelah lulus dari Perguruan Tinggi.
Raishacollection Surabaya merupakan toko yang berpusat pada penjual produk beddingset dan towel surabaya. Raishacollection menawarkan produk mulai dari sprei, bedcover, handuk, selimut, bantal guling, karpet, sampai dengan pakain dalam wanita dan pria, Pada tahun ini,Raishacollection membuka kesempatan magang di bidang digital marketing bagi para mahasiswa yang berminat untuk belajar dan berkembang di dunia pemasaran digital.
Program magang di Raishacollection dirancang untuk memberikan pengalaman praktis dan pengetahuan mendalam tentang digital marketing. Program ini mencakup berbagai aspek pemasaran digital, termasuk:
1. Manajemen media sosial dan konten
2. Search Engine Optimization (SEO)
3. Email Marketing
Dalam kegiatan magang yang dimulai tangggal 1 Juli sampai 31 Agustus 2024 di Raishacollection Surabaya, penulis memiliki kesempatan yang baik dan merasakan banyak manfaat secara langsung seperti dapat mengimplementasikan ilmu didapatkan selama diperkuliahan contohnya pembelajaran seperti dibidang manajamen pemasaran yang dimana saya belajar untuk menganalisa pasar lalu melalukan pengelompokan konsumen agar sesuai target, membangun branding produk melalui strategi pemasaran digital dan media sosial. Pembelajaran e-bussines saya mendapatkan insight baru dalam menganalisis data untuk memahami perilaku para konsumen supaya dapat mengoptimalkan strategi bisnis, mempelajari teknik pemasaran online dan cara mengembangkan situs web yang efekktif untuk bisnis online. Dan dapat mengetahui lingkungan dunia kerja yang sebenernya dan memiliki relasi baru serta mendapatkan pengalaman yang baru.
Dengan demikian mahasiswa bisa memperiapkan diri dengan adanya pengalaman magang sehingga bisa diimplementasikan ke dunia kerja nantinya, dan dengan adanya program magang ini mahasiswa dapat mengurangi kesenjangan keterampilan (skill gap) dengan mendapat pemahaman teknologi dan proses kerja yang digunakan dalam dunia kerja.
Penulis : Siti Nur Farida
Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Prodi Administrasi Bisnis
Dosen Pembimbing Lapangan : Lily Harlina Putri, S.AB., M.AB
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H