Mohon tunggu...
Siti Nur azizah01
Siti Nur azizah01 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa STAI Riyadhul Jannah Subang

smngt.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Macam-macam Evaluasi Pembelajaran

13 Oktober 2023   15:00 Diperbarui: 13 Oktober 2023   15:10 410
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Evaluasi menurut ( Jabar & Abdul 2010 ) adalah menentukan hasil yang telah di capai dalam beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan.

Sedangkan Pembelajaran menurut UU No 20 tahun 2003 pasal 1 menjelaskan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada lingkungan tertentu.

Evaluasi pembelajaran pada dasarnya dilakukan untuk menilai hasil belajar pada  peserta didik. Ketika evaluasi guru dapat melakukan penilaian atau pengukuran terhadap kemampuan peserta didik setelah melakukan pembelajaran. 

Dalam mengevaluasi ada banyak cara yang dapat dipilih atau dilakukan oleh guru untuk mengevaluasi pembelajaran.  Adapun cara evaluasi memiliki dua macam yaitu teknik tes dan teknik non-tes. 

Teknik tes dapat dilakukan secara tertulis. Sedangkan teknik non-tes biasanya menilai tingkah laku, sikaf dan kepribadian pada peserta didik selama di sekolah ataupun dalam proses pembelajaran.

A . Teknik tes dalam evaluasi pembelajaran

 Teknik tes memiliki instrumen  yang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

1. Tes objektif

Tes objektif adalah tes yang menuntut siswa untuk menjawab pertanyaan yang disediakan atau memberikan jawaban secara singkat, dan tes ini dilakukan oleh semua peserta didik. Ada beberapa jenis tes bentuk objektif diantaranya: 

a. Pilihan ganda 

    Tes ini merupakan tes objektif karena menyajikan soal dan beberapa pilihan dengan  hanya ada 1 jawaban yang benar.

b. Pilihan benar dan salah 

    Bentuk tes benar dan salah adalah soal yang mengandung dua kemungkinan Jawaban antara benar dan salah.

c. Menjodohkan

     Tes menjodohkan adalah bentuk tes yang terdiri dari kumpulan soal dan jawaban yang keduanya dikumpulkan pada dua kolom yang berbeda.

d. Isian singkat

   Tes isian singkat adalah tes yang ditandai dengan jawaban pada tempat kosong yang guru sediakan untuk menjawab dengan singkat sesuai arahan.

2. Tes non objektif        

Tes non-objektif atau sering dibilang tes uraian adalah pertanyaan yang membutuhkan jawaban langsung dari peserta didik. Bentuk tes ini dibagi menjadi 2 diantaranya: 

a. Uraian terbatas

 Pada uraian ini Peserta didik diberi kebebasan untuk menjawab soal yang ditanyakan oleh guru namun arah jawaban peserta didik dibatasi dan harus terarah. 

b. Uraian bebas

  Pada uraian ini Peserta didik sama sama di beri kebebasan menjawab pertanyaan dengan cara sendiri dan bebas mengungkapkan sesuatu dengan kemampuan. 

B. Teknik non-tes dalam evaluasi pembelajaran 

Teknik non-tes adalah instrumen penilaian selain  prestasi pada peserta didik. Ada beberapa tes dalam instrumen ini diantaranya :

a. Tes Skala sikaf

b. Tes minat belajar

c. Tes motivasi Berprestasi

d. Tes kreativitas

e. Tes lisan.

Dari tulisan di atas kita dapat simpulkan bahwa ada 2 instrumen yang dapat guru lakukan untuk mengevaluasi peserta didik, yaitu : Teknik tes yang meliputi tes objektif dan non objektif. Serta teknik non-tes yang meliputi sikaf, tingkah laku dan kepribadian peserta didik. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun