MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA
Oleh: Siti Nabilah
Teknologi informasi saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Perkembangan teknologi informasi juga dapat memudahkan dan membantu manusia dalam mendapatkan informasi, khususnya dapat membantu kita dalam proses pembelajaran. Seperti yang dikatakan oleh (Ekawati, 2012) pada saat ini teknologi informasi sangat berkembang di masyarakat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Dengan teknologi informasi dapat memudahkan kita dalam belajar dan mendapat informasi yang kita butuhkan dimana saja dan kapan saja.
Pada proses pendidikan, dengan perkembangan teknologi informasi ini sangat berpengaruh. Dapat mempermudah dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan pembelajaran. Pada dunia pendidikan ini mengalami perubahan yang dapat menyesuaikan pada perkembangan zaman modern.
Kemajuan teknologi informasi memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan orang lain seolah-olah waktu dan ruang tidak lagi menjadi kendala. Kapan pun dan di mana pun manusia dapat membangun hubungan, mendapatkan pengetahuan, dan menyebarkan informasi kepada orang lain menggunakan perangkat tersebut. Dengan kemajuan teknologi informasi seseorang bisa mendapatkan sebuah informasi dengan mudah.
Namun, menurut (Nadia, 2013) perkembangan teknologi informasi berpengaruh besar terhadap perkembangan moral generasi muda. Dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi ini kita sebagai pengguna teknologi informasi harus lebih berhati-hati dalam menggunakan teknologi informasi tersebut.
Salah satu bentuk dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi adalah dengan menggunakan teknologi informasi pada bidang Pendidikan sebagai media pembelajaran. Belajar adalah proses yang dialami setiap orang dalam sepanjang hidupnya. Interaksi antara seseorang dengan lingkungannya menyebabkan terjadinya proses belajar. Maka dari itu, pembelajaran dapat berlangsung kapan saja. Perubahan perilaku juga yang mungkin disebabkan oleh terjadinya proses belajar. Seseorang juga dapat mengalami perubahan pada tingkat kognitif, psikomotor, dan afektifnya.
Penerapan teknologi informasi pada pembelajaran yang berbasis multimedia adalah dengan penggunaan perangkat teknologi informasi hardware seperti laptop, computer, dll. Selain itu juga hardware tersebut didukung dengan memanfaatkan aplikasi software seperti untuk menampilkan gambar, audio ataupun video yang dapat membantu peserta didik maupun pendidik dalam proses belajar mengajar.
Pada bidang Pendidikan teknologi informasi sangatlah berpengaruh dalam meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia). Oleh karena itu, kualitas Pendidikan sangat perlu dilakukannya peningkatan pada kurikulum, system pendidikan, metode belajar dan media yang digunakan sebagai media pembelajaran.
Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajat dapat meningkatkan keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi pada kegiatan belajar bahkan membawa pengaruh terhadap psikologi seorang siswa (Hamalik 1986). Selain untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, media pembelajaran juga dapat membantu peserta didik dalam peningkatan pemahaman dan dapat menyajikan data dengan menarik.
Pendidikan di Indonesia sebenarnya belum sepenuhnya merata, bahkan masih banyak sekolah-sekolah di pedesaan yang kekurangan akan pengajar maupun sarana prasarana media untuk proses pembelajaran. Selain itu juga metode belajar yang digunakan pengajar kepada peserta didik adalah dengan menggunakan metode tradisional/ceramah yang dimana metode pembelajaran ini dapat menyebabkan peserta didik bosan dalam proses pembelajarannya. Maka dari itu metode pembelajaran perlu ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan pembelajaran berbasis multimedia.