Mohon tunggu...
Siti Maryam Nurhasanah
Siti Maryam Nurhasanah Mohon Tunggu... Guru - Guru Penggerak SMPN 2 Bojong Kabupaten Purwakarta

Saya guru Matematika di SMPN 2 Bojong, Guru Penggerak Angkatan 5 Kab. Purwakarta, Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Penggerak Komunitas Belajar Sabojwa, Anggota Komunitas Guru Linuhung Kab. Purwakarta, dan pernah maraih Juara 1 pada Ajang Festival Literasi Bagi Guru Penggerak yang diadakan oleh BBGP Provinsi Jawa Barat Tahun 2023. Saat ini aktif mengajar dan sebagai Mahasiswa S2 Universitas Indrprasta PGRI Jurusan Pendidikan MIPA.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Hasil Pendampingan Individu ke-1 PGP Angkatan 10

27 April 2024   00:34 Diperbarui: 27 April 2024   00:40 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Alur TIRTA saat Coaching; menggali informasi CGP lebih dalam/dokpri

Jumat, 26 April 2024 Pendampingan Individu Ke-1 dalam rangkaian kegiatan Pendidikan Guru Penggerak di SMKN Kiara Pedes Kabupaten Purwakarta, CGP atas nama Surudin, S.Pd.I dan PP. Siti Maryam Nurhasanah. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 sampai pukul 11.00. Fokus pendampingan berbasis coaching adalah diskusi tantangan belajar daring, refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran KHD, pembuatan portofolio digital dan peta posisi diri CGP.

Diskusi tantangan belajar daring : CGP tidak menemukan kesulitan ketika pembelajaran daring dengan media LMS karena CGP sebelumnya sudah mengikuti PPG DALJAB dengan menggunakan LMS di SIM-PKB juga. Tugas-tugas LMS dapat diselesaikan dengan baik oleh CGP. Materi yang dibaca dari LMS dikuatkan kembali saat SESI Virtual dengan fasilitator. 

Kegiatan belajar secara berkelompok juga membantu CGP dalam mengenal adat dan budaya pendidikan di Kabupaten Purwakarta karena sebelumnya CGP belum mengetahui pendidikan kearifan lokal yang ada di Purwakarta. CGP sendiri berasal dari daerah Cirebon dan baru 4 tahun berada di Purwakarta. 

Karena ruang lingkup sekolahnya (SMK) berada dibawah kebiajakan Provinsi jadi tidak mengetahui kebijakan Dinas Pendidkan kabupaten yang sudah diterapkan di tingkat TK-SD-SMP. Kolaborasi selama pembelajaran PGP ini berjalan dengan baik dan sangat membantu CGP dalam mengembangkan kompetensinya.

Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran KHD: Pembelajaran di kelas mengalami perubahan ke arah yang lebih baik misalnya sebelum mengikuti PGP, pembelajaran yang dilakukan CGP lebih berpusat pada guru dan saat ini pembelajaran berpusat pada murid. Hal baik yang telah CGP lakukan yang selaras dengan pemikiran KHD adalah melakukan pemetaan karakter murid di awal tahun ajaran baru. CGP membuat jadwal kunjungan ke rumah murid untuk mengetahui profil keluarga, pola asuh dan kehidupan sosial ekonomi murid. Hal itu membantu sekali dalam memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan karakter murid.

Diskusi pembuatan portofolio:  CGP sudah membuat portofolio digital menggunakan media Google site dengan baik dan perlu melengkapinya dengan menambahkan keterangan pada foto dan dokumen yang telah CGP tautkan pada G-Site.

Diskusi peta posisi diri: CGP sudah baik dalam kompetensi penegmabngan diri dan perlu meningkatakan kompetensi dalam mengembangkan orang lain. CGP memiliki tantangan ketika akan mengembangkan orang lain yaitu faktor posisi CGP di sekolah hanya sebagai wali kelas sehingga tidak mampu menggerakan rekan sejawat. 

Hal itu perlu dukungan dari Kepala Sekolah dan rekan sejawat sehingga kedepannya CGP akan melakukan komunikasi dengan Kepala Sekolah agar CGP mampu mengerakan rekan guru lainnya dengan mudah. Selain itu CGP merasa kesulitan karena masih tergolong guru baru di sekolah tersebut dan berasal dari daerah yang budaya nya berbeda dengan di Purwakarta sehingga CGP perlu menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan lingkungan dan budaya sekitar sekolah. 

CGP menilai bahwa motivasi belajar rekan guru lain di sekolah masih kurang karena minimnya contoh/ teladan dari rekan guru lainnya, dan hal itu memotivasi CGP untuk belajar lebih banyak lagi agar dapat memberikan contoh baik bagi rekan guru lain di sekolahnya.

Proses Coaching/dokpri
Proses Coaching/dokpri

Proses coaching berlangsung dengan sangat baik dan tepat waktu. Tujuan coaching tercapai dan menghasilkan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh CGP. CGP merasa senang karena kegiatan PI ini sangat membantu terutama dalam mendapatkan penguatan terhadap perannya sebagai CGP.

Kebersamaan CGP dan PP saat PI-1/dokpri
Kebersamaan CGP dan PP saat PI-1/dokpri

Hal yang perlu diperhatikan oleh CGP yaitu CGP perlu menyelesaikan tugas di LMS dengan baik dan tepat waktu untuk itu PP mengarahkan CGP agar mengikuti semua jadwal sesuai dengan linimasa yang telah dibuat. CGP perlu mengatur waktu agar kegiatan CGP tidak mengganggu tugas utamanya sebagai guru mata pelajaran. 

Alur TIRTA saat Coaching; menggali informasi CGP lebih dalam/dokpri
Alur TIRTA saat Coaching; menggali informasi CGP lebih dalam/dokpri

Hal yang perlu ditambahkan saat PI berikutnya adalah contoh bagaimana cara yang paling efektif dalam menggerakan komunitas belajar di sekolah karena CGP merasa masih memiliki keterbatasan akan hal itu. Hasil dari pemantauan sikap CGP setelah melakukan pembelajaran daring 1 bulan ini adalah CGP semakin baik dalam managemen diri. CGP mampu mengelola tingkat stress karena tugas-tugas CGP serta mengatur jadwal aktifitas nya dengan baik. 

CGP memiliki sikap bertanggung jawab dan mampu berkolaborasi dengan baik. CGP memiliki keterampilan baru setelah mengikuti PGP yaitu bagaimana mengelola kelas menjadi lebih aktif, kreative dan menyenangkan. CGP mampu membuat media pembelajaran berbentuk video pembelajaran yang di unggah melalui akun youtube pribadinya. Hal ini tentunya berdampak baik bagi CGP dan seluruh siswa di kelasnya sehingga sedikit demi sedikit mengalami perubahan pola mengajar yang tadinya monoton menjadi lebih berwarna.

Foto Bersama CGP dan PP di akhir sesi PI/dokpri
Foto Bersama CGP dan PP di akhir sesi PI/dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun