1.Apakah strategi pemasaran jasa dan produk bisa disamakan?
-Strategi pemasaran jasa dan produk tentu saja berbeda. Keduanya memiliki karakteristik dan pendekatannya masing-masing. Oleh karena itulah mereka tidak bisa menggunakan strategi pemasaran yang sama. Â
Perbedaan Strategi Pemasaran Jasa dan Produk
Dalam pemasaran, terdapat berbagai strategi yang bisa dipilih. Strategi mana yang akan Anda gunakan tentunya bergantung pada apa yang dijual dan kepada siapa produk atau jasa tersebut dijual. Ini berarti dalam menentukan strategi pemasaran, Anda tidak bisa sembarangan memilih, tetapi perlu mempertimbangkan berbagai macam hal.Â
1. Permintaan
2. Pemakaian dan Pengiriman
3. Kepemilikan
4. Waktu
5. Wujud
2.Bagaimana hubungan antara bauran pemasaran dengan strategi pemasaran perusahaan?
-Bauran pemasaran adalah serangkaian tindakan yang diambil oleh perusahaan untuk membangun dan memasarkan produk atau jasanya kepada pelanggan. Bauran pemasaran terdiri dari empat variabel yang dikenal sebagai 4P pemasaran, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Sedangkan strategi pemasaran perusahaan, di sisi lain, adalah rencana yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Strategi pemasaran mencakup berbagai aspek, termasuk bauran pemasaran, promosi, dan alokasi anggaran pemasaran . Dalam strategi pemasaran, bauran pemasaran digunakan sebagai salah satu alat untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan mengacu 4P yakni: