LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi : SMK PERGURUAN RAKYAT 2 JAKARTA
Tujuan yang ingin dicapai:Meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran bahasa inggris materi teks prosedur
Latar belakang masalah dari praktek pembelajaran ini adalah :
Siswa tidak aktif dalam pembelajaran bahasa inggris khususnya dalam materi teks prosedur
Siswa tidak percaya diri untuk berbicara atau menjawab pertanyaan yang diberikan guru
Siswa kesulitan memahami teks prosedurÂ
Praktik pembelajaran ini menurut saya penting bagi saya untuk dibagikan karena saya kira banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan yang saya alami, sehingga praktek ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri, dan juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi rekan guru yang lain.
Dari analisis hasil kajian literatur dan wawancara, penyebab masalah dari kesulitan siswa memahami materi pembelajaran prosedur teks antara lain :
Peserta didik menganggap bahasa inggris adalah pelajaran yang sulit.Â
Guru tidak memiliki cara pengajaran yang menarik yang bisa memotivasi peserta didik.
Guru masih mengajar secara konvensional tidak melibatkan siswa.Â
Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalahÂ
Pemilihan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran dan  kondisi siswa dan sekolah.
Saya yang mempunyai peran sebagai guru bertanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa bisa tercapai sesuai yang diharapkan
Guru harus bisa menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.
Penggunaan alat pembelajaran yang menarik untuk siswa.
Dilihat dari ketiga tantangan diatas bisa disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi. Kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional. Sedangkan tantangan dari sisi siswa adalah motivasi belajar.
Langkah-langkah guru yang dihadapi sesuai tantangan yang dihadapi antara lain :
Pemilihan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran dan  kondisi siswa dan sekolah.
Strategi yang dilakukan oleh guru dalam memilih model pembelajaran adalah sesuai dengan karakteristik dan kondisi siswa.Â
Disini guru memilih model pembelajaran Genre Based Approach (GBA)
Proses pemilihan model pembelajaran ini adalah pertama guru mempelajari model-model pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Kedua, guru memahami karakteristik materi pembelajaran yang dilihat dari Buku pembelajaran.
Sumber daya yang dibutuhkan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman guru terhadap model pembelajaran GBA/ Genre Based Approach dan juga pemahaman guru terhadap materi pembelajaran.
Guru harus bisa menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.
Strategi yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa.Â
Disini guru mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada siswa.Â
Proses pengembangan RPP yang berpusat pada siswa, guru menentukan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh siswa dan membuat siswa lebih aktif.
Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain  pemahaman guru akan pembuatan RPP dan juga kreativitas merancang kegiatan-kegiatan yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran.
Penggunaan alat dan media pembelajaran yang menarik untuk siswa.
Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan alat pembelajaran yaitu dengan alat bantu ajar proyektor dan laptop. Pemilihan media pembelajaran melalui video dari youtube  dan aplikasi lainnya.
Proses penggunaan alat dan media pembelajaran dimulai dengan menyiapkan media pembelajaran dan alat pembelajaran yang akan digunakan. Lalu menggunakannya sesuai dengan yang sudah dirancang.
Sumber daya yang diperlukan antara lain laptop, proyektor, video , buku ajar.
Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa efektif dilihat dari:
Penggunaan media berbasis website ini sangat membantu pemahaman siswa mengenai teks prosedur dibuktikan dengan siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.
Pemilihan model pembelajaran dan juga kegiatan yang berpusat pada siswa meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar.
Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat antusias. Bisa dilihat dalam kegiatan refleksi akhir pembelajaran, siswa memberikan refleksi kalau dalam  pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajaran menarik dan mudah dipahami.
Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh penguasaan guru terhadap media pembelajaran, model pembelajaran dan langkah-langkah dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat.
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lakukan adalah guru bisa lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model dan media pembelajaran.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H