VISI GURU PENGGERAK
 Â
Kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-murid dengan paradigma inkuiri apresiatif
Keterkaitan Nilai dan Peran Pendidik dengan Filosofi Ki Hajar Dewantara
Menurut Ki Hajar Dewantara, mendidik dan mengajar adalah proses memanusiakan manusia, sehingga harus memerdekakan manusia dari segala aspek kehidupan baik secara fisik, mental, jasmani, dan rohani.
Sedangkan Tujuan pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.
Keterkaitan Filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Nilai dan Peran Guru Penggerak adalah Bagaimana seorang pendidik atau guru membuat suatu konsep pembelajaran yang berlandaskan Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara melalui nilai dan Peran Guru penggerak.
Dalam menyusun visi harus sejalan dengan filosofi pendiddikan Ki Hajar Dewantara yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mereka dapat mencapai kebahagian dan keselamatan. Visi yang dibuat hendaknya berpihak pada murid dengan menggali kekuatan atau potensi yang dimiliki oleh setiap murid.
Keterkaitannya dengan Visi Guru Penggerak
Sebelum kita membuat daftar tahapan-tahapan konsep pemebalajaran, sebagai Guru penggerak harus membuktikan bahwa kita memiliki andil besar terhadap perubahan Pendidikan ke arah yang lebih baik, untuk itu kita harus terus bergerak dan menggerakkan dengan mengimplementasikan nilai dan peran guru penggerak yang kita miliki.