Mohon tunggu...
Pendidikan

Mengetahui Fungsi BK di Sekolah

26 Februari 2019   01:06 Diperbarui: 2 Juli 2021   08:18 1146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengetahui Fungsi BK di Sekolah | freepik

Bimbingan dan konseling disekolah adalah salah satu indikasi bahwa sekolah tersebut mulai melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Pasalnya dengan ada bimbingan dan konseling (bk) siswa akan lebih mudah dalam menghadapi masalah. Tapi apakah bk di sekolah-sekolah sudah berfungsi sebagaimana mestinya? Kali ini saya akan membeberkan apa saja fungsi dari bk ini. 

Fungsi preventif, bk mempunyai fungsi dimana bk harus mencegah agar siswa tidak bermasalah. Contohnya ketika seorang siswa ada yang sering bolos maka tugas bk adalah membuat kebijakan agar siswa ini tidak lagi bolos. 

Baca juga: Sebenarnya Fungsi BK Itu Apa Sih, Teman atau Musuh bagi Siswa? Dan bagaimana jika ditinjau dari perspektif sosiologi

Fungsi kuratif, apabila fungsi preventif adalah suatu pencegahan maka fungsi kuratif adalah tindakan setelah terjadinya masalah. Dengan contoh diatas maka pihak bk harus memberikan hukuman kepada siswa yang sering bolos tersebut. Hal ini dilakukan agar siswa tersebut merasa jera dan tidak mengulanginya lagi. Sedangkan untuk siswa lain yang mengetahui mereka akan berpikir dua kali untuk melakukan hal yang sama. 

Selanjutnya fungsi perbaikan, fungsi ini masih berhubungan dengan dua fungsi sebelumnya. Ketika siswa yang sering bolos sudah dihukum tindakan yang selanjutnya dilakukan oleh guru bk adalah memperbaiki siswa tersebut. Misal dikasih pemahaman tentang pentingnya sekolah agar tidak bolos lagi.

Baca juga: Intensifikasi Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Tujuan, Prinsip dan Fungsi BK

Fungsi adaptasi, fungsi ini berhubungan dengan potensi atau minat siswa. Dimana sekolah harus menyediakan fasilitas untuk menunjang potensi yang dimiliki siwanya. Peran guru bk disini adalah menyembatani antara siswa dan sekolah dimana guru bk yang mengetahui potensi siswanya. 

Fungsi penyesuaian, jika fungsi adaptasi berhubungan dengan apa yang ada harus disediakan oleh sekolah untuk siswanya maka untuk fungsi penyesuaian ini berhubungan dengan siswa yang harus melakukan sesuatu yang ada di sekolah (budaya sekolah). Contohnya jika disekolah dibudayakan sholat dhuha beejamaah disekolah maka siswa harus bisa menyesuaikan diri terhadap kegitan tersebut. 

Baca juga: Masalah di Sekolah? BK Solusinya! (Prinsip, Tujuan dan Fungsi BK)

Fungsi pemeliharaan, guru bk tidak hanya untuk mengetahui potensi yang dimiliki siswa namun guru bk juga harus memelihara atau menjaga potensi tersebut, malahan harus bisa mengembangkannya.

Dari pemaparan di atas guru bk tidak bisa bekerja sendiri mereka butuh bantuan dari civitas sekolah agar tecapainya sekolah yang maju seperti salah satu prinsip dari bimbingan dan konseling yaitu bersama-sama.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun