Mohon tunggu...
siti hayati
siti hayati Mohon Tunggu... Administrasi - Hayati

Perbanyak sholawat

Selanjutnya

Tutup

Money

tugas per3 tentang bisnis

31 Oktober 2020   13:26 Diperbarui: 31 Oktober 2020   19:17 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

berikut ini ringkasan tentang bisnis dari poin poin tersebu :

1. peranan bisnis

 sebelum itu kita akan membahas apa itu bisnis? bisnis asal kata nya berasal dari bahasa inggris yang berarti perusahaan, urusan atau usaha.misalnya the grocery business=perusahaan sayur mayur.it is not your business= ini bukan urusanmu. this stor is going our of business= tokoh ini akan menghentikan usahanya. hughes dan kapoor: menyatakan business is the organized effort of individuals to produceand sellfor a profit, the goods and services that satisfy society's needs. the peneral term business refers to all such efforts within a society or within an industry. maksudnya bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. secara umum ini adalah dalam masyarakat dan dalam industri.

pandangan lain bisnis ialah total usaha yang meliputi pertanian, produksi, konstruksi, distribusi, transportasi, komunikasi, usaha jasa, dan pemerintahan yang bergerak dalam bidang membuat dan memasarkan barang dan jasa ke konsumen. istilah bisnis di tekankan pada 3 hal yaitu usaha usaha perorangan kecil-kecilan dalam bidang barang dan jasa, usaha besar seperti pabrik, transport, perusahaan surat kabar, hotel dll, dan usaha dalam bidang struktur ekonomi suatu bangsa,

jadi dalam kehidupan kita mengapa bisnis itu penting? semua manusi mempunyai kebutuhan yang serbaneka dan kebutuhan ini harus di penuhi, yaitu berupa kebutuhan akan mekanan, pakaian dan perumahan, dalam istilah populernya, kebutuhan akan sandang, pangan dan papan, mulai dri bentuk sederhana sampai kebentuk yang mewah dna canggih dan sangat mahal segala perlengkapannya. misalnya pakaian dari pakaian sederhana orang primitif sampai ke manusia abad terakhir.. dengan demikian kita melihat kehidupan manusia moderen ini seperti dalam vicous cicle(lingkaran setan )yang tidak berujung dan tidak berakal. manusia mencari banyak uang kemudian orang itu ia habiskan untuk membeli barang dan jasa guna memenuhi kebutuhannya. semua kebutuhannya ia penuhi melalui kegiatan bisnis bisnis, jadi salah satu tujuanutama dalam bisnis ialah memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.

2..

Jenis-jenis kegiatan Bisnis

Pada dasarnya, kativitas bisnis dapat dikelompokkan dalam tiga aktivitas utama, yaitu aktivitas produksi (Production Activity), aktivitas distribusi (distribution activity), dan aktivitas konsumsi (consumption activity).

      Produksi dapatlah didefinisikan sebagai setiap kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa. Dalam pengertian sehari-hari, aktivitas produksi ini sering dianggap sinonim dengan pembuatan barng-barang  yang dibutuhkan oleh manusia atau konsumen. Perusahaan dapat memilih tiga alternatif jenis produk barang atau jasa yang akan dihasilkan, yaitu produk primer, sekunder atau tersier.

      Disebut produk primer jika dalam proses pembuatan barang tidak mengalami proses perubahan bentuk. Masih alami belum dicam[ur dengan bahan-bahan lain, misalnya kayu. Disebut produk sekunder jika mengolah bahan baku menjadi barang jadi melalui proses perubahan bentuk, misalnya kayu jadi meja, lemari. Untuk produk tersier diluar kedua produk tersebut, tetpai hanya memfasilitasi layanan jasa terhadap kedua produk di atas (primer dan tersier), misalnya transportasi, perbankan, hotel dsbnya.

Distribusi

Adalah aktivitas bisnis yang melakukan pemindahan barang dan jasa dari satu tempat ke tempat lainnya misalnya bisnis di bidang jasa kargo.

Konsumsi

Aktivitas konsumsi mengacu pada kemampuan perusahaan untuk menciptakan permintaan terhadap barang dan jasa yang ditawarkan., kemampuan tersebut dilihat dari seberapa besar penjualan yang diperoleh perusahaan. Untuk meningkatkan aktivitas konsumsi, maka peran distribusi dan produksi sangat membantu.

3. etika bisnis 

 istilah etika dapar di artikan sebagai suatu perbuatan standar( standard of controduct) yang memimpin individu dalam membuat keputusan. etika ialah suatu study mengenaiyang benar dan yang salah dan pilihan moral yang dilakukan oleh seseorang, keputusan etik ialah suatu hal yang benar perilaku standar. etika bisnis kadang kadang di sebut pulah etika menejemen ialah penerapan standar moral keddalam kegiatan bisnis. jadi sebenarnya perilaku etis itu ialah perilaku yang mengikuti perintah allah dan menjauhi larangannya. dalam islam etika bisnis ini sudah banyak di bahas dalam sebagai literatur dan sumber utama adalah al-quran dan as-sunah.

contoh masalah etika bisnis dalam kehidupan sehari hari : promosi untuk barang yang membahayakan kesehatan masyaratak, seperti alkohol dan roko. masalah ini sudah ditangani oleh pemerintah , contoh k2 ada perusahaan besar mencoba menekan kan perusahaan keci atau menekankan pihak pemasokan agar mau menekan harga atau membeli korting lebih besar, jika tidak perusahaan akan membeli dari pemasongan tersebut.

4.   - Peran Pemerintah dalam Mendorong Perilaku Etis Pemerintah dapat mendorong perilaku etis dengan memperketat regulasi. Diantara semuanya, hukum berkaitan dengan tanggung jawab perusahaan, konflik kepentingan, dan akuntabilitas perusahaan. Namun, aturan juga perlu penegakan, dan pelaku bisnis yang tidak etis nampaknya sering “menyelipkan sesuatu” tanpa tertangkap. Peningkatan regulasi dapat membantu, namun tidak bisa memecahkan msalah etika secara keseluruhan.

5 - Peran Asosiasi Perdagangan Dalam Mendorong Perilaku Etis Asosiasi perdagangan sering memberika panduan etika bagi anggotanya. Organisasi - organisasi ini, yang beroperasi dalam industri tertentu, berada dalam posisi yang baik untuk menekan anggota yang menjalankan praktik bisnis secara meragukan. Namun, penegakan hukum dan otoritas bervariasi untuk masing - masing asosiasi. Asosiasi perdagangan dibentuk untuk kepentingan anggota mereka, sehingga tidakan - tindakan keras dapat merugikan diri sendiri.

6. etika bisnis mencakup hubungan antara perusahaan dan orang orang menginvenvestasi uangnya dalam perusahaan, dengan konsumen dan pegawai, kreditur saingan dan sebagainya. orang yang menanam uang atau investor menginginkan menejem dapat mengelolah perusahaan secara berhasil. sehingga dapat menghasilkan keuntungan bagi mereka konsumen menginginkan agar perusahaanmenghasilkan produk bermutu dan dapat di percaya dan dengan harga yang layak . para karyawan menginginkan agar perusahaan mampu membayar  balas jasa yang layak bagi kehidupan mereka. orang oranag bisnis diharapkan bertindak etis dalam berbagai aktivitas di masyarakat harus ada etik dalam menggunakan sumber daya yang terbatas di masyarakat dan apa akibat dari pemakaian sumber daya tersebut. apa akibat dari proses produksi yang ia lakukan ? diharapkan orang bisnis, memiliki standar etik yang lebih tinggi di masyarakat karena mereka langsung berhadapan dengan masyarakatyang selalu mengawasi kegiatan mereka.

6. tanggung jawab sosial

dunia bisnis hidup di tengah tengah masyarakat. kehidupannya tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat , oleh sebab itu ada tanggung jawab sosial yang dipukuli oleh bisnis, banyak kritik di lancarkan oleh masyarakat terhadap bisnis yang kurang memerhatikan lingkungannya. 

apa tanggung jawab sosial terhadap masyarakat? 

banyak timbul perbedaan mengenai hal ini, ada yang mengatakan bahwa tanggung jawab bisnis haya terbatas sampai menghasilkan barang dan jasa buat konsumen dengan harga yang murah,ada yang mengatakan tanggung jawab bisnis ialah jangan mengambil keuntungan yang besar tetepi sewajarnya sajalah. ada pendapat bahwa bisnis harus turut mengatasi masalah yang terjadi dimasyarakat, tanpa memerhatikan apa bisnis secara langsung ataupun tidak langsung menimbulkan masalah itu. kita hendaknya waspada dalam melihat apa tanggung jawab sosial bisnis terhadap masyarakat ini, kegiatan sosial responsibelity yang harus di perhatikan perusahaan adalah bertanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan, bertanggung jawab terhadap konsumen , bertanggung jawab terhadap investor, tanggung jawab terhadap karyawan.

https://feb.uhamka.ac.id/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun