Mohon tunggu...
Siti Farah Khalidiyah
Siti Farah Khalidiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hallo ^_^

Manusia yang sedang belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan KKN yang Dilakukan oleh Mahasiswa UPI

19 Maret 2021   22:31 Diperbarui: 19 Maret 2021   23:25 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah mengadakan sosial kepada Mahasiswa UPI untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pertama di tahun 2021. 

Kegiatan KKN ini dilaksanakan mulai tanggal 4 Februari sampai tanggal 15 Maret yang dilaksanakan secara daring di rumah masing-masing. Kegiatan KKN tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 ini dibagi kedalam 3 program yang harus dilaksanakan oleh seluruh Mahasiswa yang mengontrak KKN. 

Program-program tersebut ialah Program wajib yang didalamnya mencakup program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan kepada siswa PAUD/TK/, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. Lalu yang kedua program pilihan edukasi pencegahan dampak covid-19 bagi anak sekolah atau bagi masyarakat. Program terakhir yaitu program pilihan edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang ekonomi.

Salah satu mahasiswi UPI Siti Farah Khalidiyah telah melaksanakan kegiatan KKN tematik PPD Covid-19 selama 40 hari yang dilaksanakan secara daring. 

Pada program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan farah melaksanakannya di MIN 5 Ciamis, dengan sasaran 2 guru, 25 siswa-siswi kelas 1, serta 25 orang tua murid. Terdapat 7 program yang harus dijalankan pada program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan ini. 

Kegiatan yang dilakukan oleh farah diantaranya yang pertama melakukan penguatan pembelajaran kepada guru berupa cara membuat power point dengan merekam suara serta layar PPT untuk nantinya dijadikan video pembelajaran yang akan dibagikan pada siswa-siswi. Selain itu farah juga membuat beberapa tips Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk diterapkan dalam pembelajran daring.

Program di bidang pendidikan yang kedua farah ikut membantu mendampingi pembelajaran daring maupun secara luring kepada siswa-siswa kelas 1 MIN 5 Ciamis. 

Lalu memberikan tugas serta ikut memeriksa tugas-tugas murid. Program ketiga dibidang pendidikan farah memberikan beberapa tips berupa video kepada orang tua mengenai tips orang tua dalam mendampingi anaknya belajar dirumah, serta tips agar mengurangi anak bermain gadget bagi anak yang terlalu sering memakai gadget.

Program program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan yang keempat yaitu mendesain, membuat dan menerapkan media pembelajaran daring yaitu dengan membuat video pembelajaran untuk di share di grup kelas melalui group whatsapp. 

Program yang kelima yaitu membantu administrasi sekolah secara daring seperti membantu merekap absen, membantu merekap tabungan siswa, membantu mengerjakan Laporan Kegiatan Harian Daring (LKHD) bulanan.

Program keenam, farah membuat video program penanggulangan dampak covid-19 mengenai Tips Belajar Online untuk di share ke media sosial. Program terakhir di program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan ialah membuat artikel mengenai program penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan.

Selain program edukasi di bidang pendidikan, program selanjutnya yang dilaksanakan yaitu program edukasi pencegahan dampak covid-19 bagi anak sekolah atau bagi masyarakat. Program yang dilaksanakan dalam program ini yaitu pembuatan media edukasi daring berupa gambar atau video pencegahan covid-19 bagi masyarakat melalui media sosial. Selain itu, pembuatan poster untuk dibagikan ke masyarakat sekitar rumah.

Selain program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan dan program edukasi pencegahan covid bagi masyarakat, program terakhir yang dilaksanakan yaitu program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang ekonomi. 

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh farah yaitu membuat video tutorial cara membuat scrunchie sebagai penggalian, pendampingan, penggalian hobi, kreativitas dan potensi diri ibu rumah tangga dan calon ibu rumah tangga yang tidak bekerja dalam upaya meningkatkan penghasilan keluarga. 

Farah juga memberikan beberapa tips mencari penghasilan di tengah pandemic berupa video yang dishare di media sosial. Selain itu, farah juga membuat artikel mengenai upaya masyarakat dalam mengelola keuangan di masa pandemi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun