1.4.a.9.1. Aksi Nyata Modul 1.4 - Forum Berbagi Aksi Nyata
Oleh : Siti Aribatul Husna, S. Pd
CGP Angkatan 10
Siti Aribatul Husna
CGP Angkatan 10
SD Negeri 16 Tuapejat
Latar Belakang
Budaya positif di sekolah  sangat penting untuk di terapkan dan di aplikasikan, karena itu adalah kunci dari semua kesuksesasannya suatu sekolah. Dan tentunya untuk mewujudkan para peserta didik yang mempunyai karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Setelah memahami pentingnya membangun budaya positif di sekolah sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yaitu pendidikan yang berpihak pada murid agar tercapainya visi guru penggerak. Oleh karena itu budaya positif harus ditumbuhkan secara berkesinambungan dan konsisten, alasan Inilah yang kemudian menjadi latar belakang saya untuk membuat rancangan aksi nyata modul 1.4 Budaya Positif, dimana dalam melaksanaannya saya tentu sangat membutuhkan dukungan dari seluruh warga sekolah agar memiliki, meyakini, dan menerapkan visi atau nilai-nilai kebajikan yang disepakati, sehingga tercipta budaya positif yang berpihak pada murid. Murid tidak suka peraturan, cenderung berperilaku tidak disiplin, dan hanya telihat patuh apabila mendapatkan motivasi dari luar dirinya, murid belum memiliki nilai kesadaran yang membudaya dari dalam dirinya akan pentingnya disiplin positif
Tujuan Aksi Nyata
Mewujudkan budaya positif dengan menerapkan pembiasaan disiplin positif dengan keyakinan kelas/sekolah , Memfasilitasi murid untuk dapat meyampaikan aspirasinya dan melaksanakan keyakinan kelas yang telah disepakati atas kesadaran dari dalam dirinya sendiri dengan penuh keiklasan dan tanggung jawab.
Mewujudkan murid yang berkarakter disiplin positif sesuai dengan profil pelajar pancasila
Menumbuhkan motivasi instrinsik pada murid dengan menanamkan nilai-nilak kebajikan yang diyakini
Mewujudkan ekosistem belajar yang aman, nyaman dan menyenangkan
Tolak Ukur Keberhasilan
Murid mampu menjalankan keyakinan-keyakinan kelas yang telah disepakati secara konsisten atas dasar kesadaran dari dalam diri nya sendiri dengan penuh rasa tanggung jawab dan penuh kesadaran.
Murid mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai bentuk menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percayai
Tercipta kondisi belajar yang aktif, aman, nyaman dan menyenangkan.
Terwujudnya pembiasaan-pembiasaan positif yang menunjukkan perilaku yang mencerminkan profil pelajar Pancasila
Liminasa Tindakan
Berkoordinasi dengan kepala sekolah tentang pentingnya melakukan peninjauan ulang  budaya positif melalui keyakinan kelas, serta meminta izin untuk melakukan pembiasan materi/diseminasi kepada seluruh warga sekolah SD Negeri 16 Tuapejat.
Meninjau ulang keyakinan kelas bersama semua murid melalui beberapa tahapan yang dilakukan mulai dari tahap menanyakan pendapat murid tentang permasalahn pembelajaran yang selama ini mereka rasakan untuk diadakan perbaikan atau meninjau ulang, sampai pada tahap perbaikan keyakinan kelas atas semua murid.
Berkolaborasi dan berkoordinasi dengan wali kelas untuk meninjau  keyakinan kelas dikelas masing-masing
Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan maupun yang belum dilakukan, menanyakan hambatan dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan budaya positif melalui peninjauan ulang pelaksanaan keyakinan kelas, dan menentukan rencana tindak lanjut.
Melakukan kegiatan pengimbasan/diseminasi pada rekan sejawat mengenai konsep modul Budaya Positif dan berkolaborasi dalam menumbuhkan budaya positif disekolah
Memantau, merefleksi, meninjua ulang keyakinan kelas yang telah dibuat
Dukungan yang dibutuhkan
Dukungan dari seluruh warga sekolah, terutama kepala sekolah, rekan guru, murid dan orang tua untuk mewujudkan budaya positif
Sarana dan prasarana untuk mewujudkan budaya positif disekolah
Orag tua dalam mewujudkan budaya positif dirumah
Sekian Terimakasih
Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H