Mohon tunggu...
St Ahyunani A9
St Ahyunani A9 Mohon Tunggu... Seniman - Islamic education, Kelas A9 T20171352

Usaha,berdzikir dan bertawakal(Ora et labora)

Selanjutnya

Tutup

Money

Marketing Plan

11 April 2020   10:38 Diperbarui: 11 April 2020   10:49 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamu'alaikum teman-teman  semoga  kita selalu sehat dan selalu dalam lindungan nya,tetap dirumah saja jaga kesehatan dan makan-makanan yang bergizi jangan lupa berjemur ya teman-teman .

Baik kali ini saya akan memaparkan sedikit penjelasan tentang Marketing Plan,Apa sih marketing plan itu?

A. Pegertian Marketing Plan

Marketing plan adalah sebuah rencana pemasaran dalam menerapkan strartegi marketing untuk mencapai target pemasaran, disini  ada beberapa unsur-unsur dalam marketing plan :

1. Ringkasan tujuan usaha

2. Target tujuan yang akan dicapai (standart pencapaian)

3. Tentukan target pasar,observasi lingkungan pasar untuk melihat apa saja kebutuhan masyarakat

4. Tetapkan konten-konten promosi agar masyarakat tau dengan produk yang kita jual

5.  Kenali lawan Usaha kita

6. Tetap fokus dan memprioritaskan tujuan yang pertama

7. Tetapkan budgeting kita,antara modal,dan dana untuk satu usaha

8.Didalam marketing plan ada istilah segmentasi yaitu mengelompokan pasar atau konsumen untuk mengetagui produk apa yang disukai oleh masyarakat

B.Cara dan Rancangan dalam Marketing Plan

a.Menggunakan marketing plan dengan baik harus selalu dievaluasi agar hasil jual bisa meningkat

b. Bisa mengukur fidback untuk hasil dari kalangan konsumen 

Langkah-langkah rancangan dari marketing plan :

1. Membuat profil perusahaan agar dapat bekerjasama dengan perusahaan lain dan kerja samanya bisa berjalan dengan baik

2.Tentukan target customer

3. Tentukan keunikan dalam produk anda,semakin baik dan unik produk bisa menjadi daya tarik sendiri untuk pembeli 

4. Tentukan Harga

5. Rencana distribusi penjual,bisa kita gunakan teknologi untuk penjualan

6. Membuat strategi promosi yang baik,biasanyan promosi seperti ini bisa dari handphone,televisi dll

C. Targeting dan Pisitioning

Targeting yaitu proses evaluasi daya tarik  pasar, suatu proses kebutuhan pasar dari produk kita yang akan jual targeting disini mempunyai manfaat untuk hasil jual produk lebih meningkat,dan dapat tau apa saja untuk kebutuhan pasar,memanfatkan sumber daya yang terbatas dengan seefisian dan lebih efektif mungkin sesuai kebutuhan masyarakat.

Positioning adalah Cara pemasar untuk menjual suatu produk kepada pasar atau konsumen ,tahap-tahap positioning ada tiga :

a.identifikasi keunggulan dalam bersaing

b. memilih keunggulan produk yang tepat

c.mendeliverikan produk yang tepat untuk masyarakat

Strategi produk cara untuk pemasaran dari sebuah produk yang kita jual,ada 3 jenjang produk dalam pemasaran :

a. Inti produk

b.Jenjang produk

c. dan kesempurnaan produk

Distribusi adalah suatu program untuk pemasaran suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan,aktivitas pemasaran yamg mencimptakan dua hal :

1.nilai suatu produk dalam pemasaran

2. memperlancar channel dalam pemasaran contoh : arus dana,pembayaran dll

sekian dari saya mohon maaf apabila ada kekurangan wassalamualaikum wrwb 

Terimakasih 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun