Coaching adalah hubungan kerja dengan klien untuk membantu mereka mencapai potensi pribadi dan profesional melalui diskusi yang inovatif.
Dalam perspektif pendidikan, coaching adalah proses "menuntun" siswa untuk memanfaatkan kekuatan alami mereka sebagai seorang "pamong". Untuk memberikan kekuatan kodrat anak-anak, guru dapat memberikan "tuntunan" melalui pertanyaan yang bijak dan efektif.
Pentingnya proses coaching:
1. proses untuk mendorong otak murid untuk bekerja.
2. Pertanyaan reflektif dapat mendorong siswa untuk menggunakan metakognisi.
3. Pertanyaan yang diajukan selama proses coaching juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mendalam, yang membantu mereka menunjukkan potensi mereka.
Perbedaan Coaching-Mentoring- Konseling
Tujuan Coaching, menunjuk pelatih untuk menemukan ide baru atau cara untuk mengatasi tantangan atau mencapai tujuan.
Hubungan dalam Coaching, kemitraan yang setara dan instruksi sendiri yang mengambil keputusan; instruksi hanya memberikan arahan, dan instruksi sendiri yang membuat keputusan.
Tujuan Mentoring, mengkomunikasikan pengalamannya untuk membantu mentee berkembang.