1. Pesserta
Peserta lokakarya enam terdiri dari 18 calon guru penggerak yang dibersamai oleh 3 pengajar praktik. Semua peserta hadir tepat waktu dari sesi pembukaan hingga sesi penutup.
2. Â Â Aktivitas pembelajaran
a. Â Â Pembukaan
Pengajar praktik membuka kegiatan dengan salam dan doa, memandu icebreaking, memaparkan agenda dan tujuan, dan bersama CGP membuat kesepakatan belajar
b. Â Â Berbagi tujuan program sekolah
- PP menjelaskan kegiatan sesi;
- CGP diminta untuk menuliskan tujuan program sekolah selama satu tahun ke depan dalam kertas plano;
- CGP berbagi hasil visualisasi program sekolah secara bergiliran dengan rekannya; dan
* CGP lain memberikan tanggapan dan pertanyaan.
c. Â Â Â Menyusun rencana program sekolah
- PP menjelaskan sesi, di mana CGP membuat rancangan program dalam presentasi PowerPoint yang mencakup judul, latar belakang, tujuan, capaian, langkah-langkah dan hasil, struktur program, pernyataan tentang kapasitas yang dimiliki, rencana evaluasi, dan kemungkinan tantangan.
- CGP bekerja sendiri untuk menyusun rencana program dan saling memberikan umpan balik dan meriviu hasil rencana program rekannya secara berpasangan.
d. Â Â Merefleksi posisi diri "di mana saya sekarang?
- PP menjelaskan sesi:
- CGP diminta untuk membuka kembali hasil survei umpan balik kompetensi guru penggerak kemudian merefleksikan kekuatan diri berdasarkan penilaian kompetensi pada lembar kerja.
- CGP berbagi hasil posisi diri satu sama lain.
e. Â Â Ambil pelajaran, lakukan perbaikan
- CGP dan PP membahas setiap tahap di atas.
- PP memberikan penjelasan sesi, yang terdiri dari diagram lingkaran siklus yang berkaitan dengan rencana, tindakan, dan refleksi.
- CGP menjawab 3 pertanyaan yang ditempelkan pada kertas plano tentang praktik baik yang telah dilakukan, masalah yang masih ada, dan cara untuk memperbaikinya.
f. Â Â Â Rencana penguatan kompetensi diri
- PP memberikan penjelasan sesi;
- CGP kerja mandiri mengisi lembar kerja rencana penguatan kompetensi diri;
- CGP berbicara dengan rekannya, terutama tentang strategi perbaikan
g. Â Â Penutupan Lokakarya
- PP membantu memikirkan tentang pelaksanaan lokakarya 6 dengan menuliskan apa yang saya pelajari hari ini pada post it.
- PP menyimpulkan kegiatan lokakarya 6 dengan doa, salam, dan foto bersama.
- 3. Â Â Produk yang dihasilkan
Salah satu produk yang dihasilkan dari kegiatan Lokakarya 6 adalah:
a. Rencana kerja pengembangan program sekolah, yang mencakup langkah-langkah untuk menjelaskan rencana dan mengatur eksekusi;
b. Hasil identifikasi kekuatan diri
c. Rencana pengembangan kompetensi pemimpin pembelajaran
4. Â Â Ketercapaian tujuan belajar
Berdasarkan proses belajar lokakarya 6, yang terdiri dari berbagai aktivitas dan pelaksanaan kegiatan, dan hasil belajar dari lokakarya 6, CGP telah berhasil mencapai tujuan belajar yang diharapkan, yaitu:
a. CGP telah mampu membuat rencana pengembangan sekolah yang berdampak pada siswa dan sesuai dengan kondisi dan sumber daya sekolah;
b. CGP telah mampu menemukan kekuatan dirinya yang mendukung program
Untuk mendukung program sekolah,
c. CGP sudah mampu membuat rencana penguatan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran.
5. Â Â Kesimpulan dan Refleksi pembelajaran
Berdasarkan hasil analisis ketercapaian tujuan belajar yang dilakukan pada Lokakarya 6, dapat disimpulkan bahwa CGP sudah mampu merancang program sekolah yang bermanfaat bagi murid, baik intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. Hasil refleksi CGP menunjukkan bahwa para CGP umumnya senang, tercerahkan, semangat, sangat terinspirasi, dan optimis bahwa mereka dapat menerapkan program yang mereka buat dan membantu kompetensi dirinya sebagai pengembangan diri dan orang lain, pemimpin pembelajaran, pengembangan manajemen sekolah, pengembangan sekolah yang mendukung program pengembangan sekolah.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI