KKN STIT Rakeyansantang: Mendekor Ruangan Kelas Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Mendekor berasal dari kata dekor. mendekor dapat diartikan sebagai suatu tindakan, keberadaan, pengalaman dinamis. Mendekorasi kelas adalah menghias atau memperindah suatu benda, ruangan, bangunan, atau objek lainnya agar sesuai dengan keinginan, mendekor suatu tempat berarti menghias dan mendandani tempat tersebut
Mendekor atau menghias kelas adalah kegiatan untuk memperindah atau mempercantik kelas. The Liang Gie (2009) menyatakan bahwa tata ruang kelas adalah Penentuan mengenai kebutuhan ruang dan tentang penggunaan secara terperinci dari ruang ini untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan belajar yang efektif.
Sedangkan Jeanne Ellis Ormrod (2008) mengartikan bahwa tata ruang kelas adalah membangun dan memelihara lingkungan kelas yang kondusif bagi pembelajaran dan prestasi siswa.
Agar tercipta suasana belajar yang nyaman, maka perlu memperhatikan penataan ruang kelas,tata ruang kelas merupakan kegiatan yang terencana dan sengaja dilakukan oleh guru dengan tujuan menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal,sehingga kegiatan proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien, istilah mendekor dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa tata ruang kelas/mendekor kelas merupakan kegiatan untuk kepentingan pembelajaran.
Manfaat mendekor kelas sudah pasti membuat penghuninya menjadi betah,dan nyaman bagi penghuninya. Dalam menjalankan salah satu program kerja (proker) kami sebagai peserta KKN Tematik STIT Rakeyansantang Karawang yang dilaksanakan dari tanggal 1 sampai dengan 30 September 2021, membuat proker berupa mendekor kelas di salah satu sekolah.
Mendekor kelas di RA Al Kautsar dipilih sebagai proker oleh kelompok kami karena kelas merupakan salah satu sarana dan prasarana untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Mendekor kelas selain untuk mempercantik dan memperindah, juga untuk menmperkuat daya ingat siswa dalam hal pengetahuan.
Beberapa manfaat dari mendekor kelas antara lain: meningkatkan semangat belajar, membuat siswa semakin kreatif, dan memberi inspirasi bagi kelas lain.
Adapun macam-macam dekorasi kelas yang dilakukan oleh kelompok kami antara lain:
Menempelkan abjad di karton dengan di hiasi bunga-bunga,
Menempelkan angka-angka dengan di hiasi gambar binatang,
Menggantungkan botol-botol bekas minuman yang sudah di cat dan di rubah menyerupai binatang ubur-ubur,
Mendekorasi kelas atau ruangan tidak hanya untuk memperindah semata tetapi juga untuk menambah nilai seni dan kreativitas. tentu saja dengan pemilihan konsep yang baik akan mempengaruhi siapapun yang berada di dalam kelas tersebut. Selain berkreasi, hal ini juga dapat motivasi siswa agar lebih berprestasi
Proses penataan ruangan yang kami lakukan, terlebih dahulu kami mengkomunikasikan kepada siswa agar semua anggota kelas bisa merawat kelas dengan baik. Filosofi guru mengenai pembelajaran akan mempengaruhi bagaimana cara guru dalam mengatur setiap komponen pada ruang kelas.
Menurut Carolyn dan Edmund (2015) ada empat kunci bagi guru untuk melakukan pengaturan ruang kelas yang baik, yaitu:
Jadikanlah wilayah sirkulasi dan mobilisasi siswa tinggi dan bebas dari kemacetan,
Pastikan setiap siswa dapat dipantau dengan mudah oleh guru,
Menjaga agar instrument pengajaran yang sering digunakan dan perlengkapan siswa mudah diakses,
Pastikan bahwa para siswa dapat dengan mudah melihat persentasi dan tampilan seisi kelas.
Dari beberapa penjelasan dan teori tersebut di atas, proker mendekor kelas yang dilakukan oleh kelompok kami dilakukan dengan tujuan sebagai berikut:
Mewujudkan dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin,
Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi pembelajar.
Menyediakan dan mengatur fasilitas perabot kelas yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai lingkungan, sosial, emosional, dan intelektual siswa dalam kelas,
Membina dan membimbing sesuai dengan latar belakang sosial,ekonomi,budaya,serta sifat-sifat individunya.
Melalui proses dekorasi kelas, kami memahami akan pentingnya pengelolaan tata ruang kelas agar para siswa merasa nyaman, betah dan bertambahnya semangat belajar.
Dengan dilaksanakannya proker ini, kami berharap bisa memberikan manfaat bagi lembaga-lembaga pendidikan serta para guru agar tercipta suasana pembelajaran yang efektif dan efisien melalui proses dekorisasi kelas.
Penulis: Â SITI MASROH / NARSIDAH
DPL :YUDI WAHYU WIDIANA, S.Pd.,M.Pd. Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H