Mohon tunggu...
Siti Rahmatia
Siti Rahmatia Mohon Tunggu... Editor - Content Writer

exciting and latest content about entertainment, social, cultural and digital.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan Melalui AIDA

7 November 2023   21:52 Diperbarui: 7 November 2023   22:00 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LATAR BELAKANG

Saat Ini Iklan event-event shopee di youtube yang mempromosikan setiap event yang ada, contohnya pada saat event 10.10 sale yang dilaksanakan selama periode 12 September sampai 10 Oktober 2020 menginformasikan bahwa shopee menawarkan gratis ongkir extra, dapat cod, dan pada gambar 1.2 iklan yang menginformasikan saat event shopee 11.11 big sale yang diadakan pada tanggal 12 Oktober sampai 11November 2020 menawarkan pasti diskon 50%, cod gratis ongkir Rp 0, dan shopee pay Rp 1 deals. Shopee salah satu E-Commerce yang beriklan di youtube dikarenakan berfikir saat ini semua orang di Indonesia hidupnya sudah mobile jadi sebagian besar hidupnya lebih berada di handphone. Itulah sebabnya shopee mulai beriklan di youtube. Namun suatu iklan juga harus efektif agar tujuan dari perusahaan terpenuhi. Salah satu metode untuk mengukur efektivitas iklan adalah metode AIDA.

PEMBAHASAN

Aida marketing adalah sebuah konsep ketika pelanggan telah sadar akan suatu produk, ia kemudian melakukan pertimbangan hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut. Aida juga merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action.

  • Attention (Perhatian) 

sebuah pesan yang dapat menarik perhatian baik dalam bentuk dan media yang disampaikan. perhatian itu ditujukkan kepada calon konsumen. Hal tersebut dapat diungkapkan melalui tulisan, gambar, dan vidio yang menarik dan mudah diingat.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan produk Anda kepada pelanggan adalah mencari attention atau perhatian. Anda bisa menggunakannya dengan berbagai macam cara. Salah satunya melalui media sosial.

Fungsikan Instagram sebagai sarana promosi. Sebab, sejauh ini, Instagram menjadi alat promosi yang baik dan berguna. Fitur yang ada di Instagram mampu memenuhi kepuasan batin pada pelanggan.

  • Interest (Minat)

pesan yang disampaikan menimbulkan perasaan ingin tahu, ingin mengamati, dan ingin mendengar serta melihat lebih seksama.

Ketika Anda telah mengenalkan produk ke pelanggan, selanjutnya adalah seberapa minat mereka untuk membeli produk Anda. Agar pelanggan menunjukkan minatnya, Anda perlu mengenalkan unique selling point produk. Sebab, itu bisa menjadi keunggulan produk yang tidak dimiliki kompetitor.

Setelah mengetahuinya, Anda hanya tinggal menunggu waktu. Lalu, pelanggan akan menghubungi Anda kemudian bertransaksi dengan Anda.

  • Desire (keinginan)

terjadinya pemikiran disebabkan oleh keinginan yang berkaitan dengan motif pembelian yaitu motif rasional dan motif emosional, dimana motif rasional terjadi ketika konsumen mempertimbangkan keuntungan dan kerugian yang didapatnya sedangkan motif emosinal terjadi akibat munculnya perasaan akan pembelian produk.

Cara ini perlu dilakukan oleh pebisnis. Ketika pelanggan menunjukkan ketertarikan dan minatnya terhadap produk, Anda hanya butuh sedikit skill agar pelanggan mau membeli. Anda bisa memberikan demo atau ujicoba kepada pelanggan. Dari situ, pelanggan akan paham seberapa jauh kualitas produk Anda.

  • Action (Tindakan)

terjadi diakibatkan oleh keinginan kuat konsumen sehingga terjadi pengambilan keputusan pembelian produk. .

Ini yang paling ditunggu-ditunggu. Anda hanya tinggal mengamati apakah setelah melalui ketiga strategi itu, pelanggan membeli produk Anda. Agar pelanggan memutuskan untuk bertransaksi, cobalah untuk menawarkan promo dan diskon khusus. Berikanlah member card apabila pelanggan bertransaksi dengan jumlah banyak.

KESIMPULAN

Pada dasarnya, AIDA adalah salah satu rumus yang bisa Anda jadikan patokan saat ingin memasarkan suatu produk. Rumus di dalamnya akan memandu setiap pebisnis maupun para pemasar dalam meningkatkan penjualannya, mulai dari menarik perhatian para calon pelanggan, sampai mengajak para calon pelanggan tersebut untuk membeli produk.

Model AIDA digunakan untuk meneliti komunikasi pemasaran pada UMKM. Model AIDA merupakan suatu model yang terdiri dari attention (perhatian), interest (minat), desire (keinginan), action (tindakan).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun