Filsafat pendidikan progresivisme dapat diartikan sebuah kebenaran masa kini,sekarang dan nanti tidak akan sama atau akan berubah ubah maksudnya bisa saja sekarang benar maka besok bisa jadi salah.Dalam filsafat progresivisme ini mengharapkan adanya perubahan kearah yang lebih baik lagi dalam pendidikan atau halnya menjadikan pendidikan lebih unggul ataupun lebih baik lagi.
Tokoh-tokoh filsafat pendidikan progresivisme diantaranya:
1.geroge Axtelle
2.Frederick C.Neff
3.Lawrence B.Thomas
4.Ernest Bayley
5.William O.Stanley dan lain-lainnya
Asumsi atau pemikiran para tokoh progresivisme sebagai berikut:
1.George Axtelle
Baginya dunia pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dan utama bagi semua manusia,karena didalam pendidikan manusia akan mendapatkan berbagai bekal untuk bersosialisasi didalam masyarakat,selain itu didalam pendidikan manusia akan mendapatkan berbagai praktik,teori, berdemokrasi dan masih banyak lagi.
2.Lawrence B.Thomas
Baginya tentu semua manusia maupun individu memiliki berbagai kemampuan dari sejak lahir,dari kemampuan yang dimiliki manusia dapat memecahkan segala masalah yang ada di hidupnya.
3.William O.Stanley
Bagi William O.Stanley setiap tingkahnya akan menjadikan cerminan dirinya,cerminan diri tersebut akan menjadi sebuah nilai.
4.Ernest Bayley
Disini Bayley memiliki pendapat atau asumsi bahwa manusia harus mampu menyelesaikan masalah yang ada pada hidupnya dengan berpikir positif,rasional maupun ilmiah serta segala yang ada di hidupnya harus ia kembangkan agar manusia tersebut memiliki berbagai pengalaman
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI