LAPORAN BEST PRACTICE
PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN
TAHUN 2022 / 2023
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MERANCANG TEKS EDITORIAL DI KELAS XII SMA NEGERI 1 BUKATEJA
NAMA PESERTA : SITI MARFU’AH, S.Pd.
NOMOR UKG : 201699715678
SEKOLAH: SMA NEGERI 1 BUKATEJA
KABUPATEN: PURBALINGGA
PROVINSI: JAWA TENGAH
HALAMAN PENGESAHAN
Pengembangan dalam bentuk Best Practice berjudul “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MERANCANG TEKS EDITORIAL DI KELAS XII SMA NEGERI 1 BUKATEJA”.
Nama : SITI MARFU’AH, S.Pd
Asal Sekolah : SMA NEGERI 1 BUKATEJA
Telah disetujui dan disahkan oleh :
Kepala SMA Negeri 1 Bukateja
PURWITO, S.Pd
NIP. 19740927 199903 1 004
BIODATA PENULIS
1. Nama : SITI MARFU’AH, S.Pd
2. NIP : 19840705 202221 2 040
3. NUPTK : 903776266313021
4. Jabatan : Guru Mata Pelajaran
5. Pangkat / Gol.Ruang : -
6. Tempat / Tanggal Lahir : Purbalingga / 05 Juli 1984
7. Jenis Kelamin : Perempuan
8. Agama : Islam
9. Pendidikan Terakhir : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
10. Unit Kerja : SMA Negeri 1 Bukateja
11. Alamat Unit Kerja : Jalan Purwandaru-Bukateja
Purbalingga, 25 Januari 2023
Penulis
SITI MARFU’AH, S.Pd
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulisan Laporan Best Practice dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Merancang Teks Editorial di Kelas XII SMA Negeri 1 Bukateja” dapat terselesaikan dengan baik. Penyusunan laporan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada keluarga penulis yang senantiasa memberikan dorongan dan doa untuk kesuksesan dalam menulis laporan ini. Bapak Syamsul Anwar, M.Pd., selaku dosen PPG yang senantiasa mencurahkan tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan kepada penulis. Ibu Puspita Setyaningrum, S.Pd., selaku guru pamong PPG yang senantiasa mencurahkan tenaga dan pikiran dalam membimbing, memberi masukan, dan berbagi pengalaman kepada penulis. Bapak Purwito, S.Pd., selaku kepala sekolah yang telah meluangkan waktu untuk membagikan ilmu dan memberikan kepada penulis. Bapak/Ibu guru SMAN 1 Bukateja yang telah memberikan dukungan dan bantuan selama penulis PPL. Penulis meyakini bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, Oleh karena itu sangat diharapkan saran dan kritik yang membangun dari berbagai pihak demi perbaikan laporan ini.
Penulis
Siti Marfu’ah, S.Pd
DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL ............................................................................................i
HALAMAN PENGESAHAN ..............................................................................ii
BIODATA PENULIS ........................................................................................iii
KATA PENGANTAR ........................................................................................iv
DAFTAR ISI ....................................................................................................v
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah .............................................................................6
B. Jenis kegiatan.............................................................................................6
C. Manfaat kegiatan.........................................................................................7
BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Tujuan dan sasaran.....................................................................................8
B. Bahan/materi kegiatan................................................................................8
C. Cara melaksanakan kegiatan.......................................................................8
D. Media/instrumen.........................................................................................9
E. Waktu dan tempat kegiatan..........................................................................9
BAB III HASIL KEGIATAN
A. Hasil............................................................................................................10
B. Masalah yang dihadapi................................................................................10
C. Cara menghadapi masalah...........................................................................10
BAB IV SIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. Simpulan.....................................................................................................11
B. Rekomendasi ..............................................................................................11
C. DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan saat ini menuntut peserta didik dapat menghadapi tantangan zaman. Salah satu bekal peserta didik dapat menghadapi tantangan zaman yakni memiliki kompetensi 4C. Kompetensi 4C meliputi keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), berpikr kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), dan berkolaborasi (collaboration). Namun, pada kenyataannya banyak peserta didik belum mampu memenuhi kompetensi 4C. Seperti yang penulis temukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi merancang teks editorial, peserta didik kesulitan dalam berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Selain itu, kualitas pembelajaran juga patut dipertanyakan terkait pemilihan model pembelajaran karena pemilihan tersebut berkaitan dengan stimulus untuk peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga terangsang dalam membiasakan diri berpikir kritis, kreatif, kerja sama dan kolaborasi. Disamping itu juga, media pembelajaran pun harus menarik. Seperti teks editorial yang terdapat dalam koran sehingga peserta didik belajar secara langsung melalui media visual.
Berdasarkan hasil wawancara dan kajian literatur, ada faktor yang menjadi penyebab dari masalah tersebut yaitu pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif. Oleh karena itu, model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik harus melibatkan siswa secara aktif. Selain itu, media pembelajaran pun harus menarik minat peserta didik dalam belajar. Salah satu model pembelajaran yang mendorong siswa untuk memiliki kompetensi 4C yakni Project Based Learning. Project based learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu kegiatan (proyek) yang menghasilkan suatu produk (Fauziati, 2018: 169). Adapun contoh media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam belajar yaitu media visual koran.
Setelah melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi merancang teks editorial dengan model Project Based Learning, penulis menemukan bahwa hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya. Ketika model Project Based Learning dipadukan dengan media visual koran ini diterapkan pada kelas XII MIPA, peserta didik lebih aktif mengikuti pembelajaran. Praktik pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan media visual koran yang berhasil baik ini penulis simpulkan sebagai sebuah best practice (praktik baik) pembelajaran.