Mohon tunggu...
Siti Fauziah
Siti Fauziah Mohon Tunggu... Guru - TK Desa Kedungjati

Hobi jalan -jalan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Mengenal Warna dengan Media Waterbeads untuk Anak Usia Dini

9 November 2022   18:04 Diperbarui: 9 November 2022   18:13 408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama : Siti Fauziah

PPG Dalam Jabatan Kategori 2 Universitas Negeri Surabaya

Alamat : Madiun, Jawa Timur

ARTIKEL

"Mengenal warna dengan media waterbeads untuk Anak Usia Dini"

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia. 

Di Indonesia, sesuai pasal 1 butir 14 Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Salah satu aspek yang penting untuk yaitu aspek perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif merupakan perkembangan yang berkaitan dengan kemampuan berpikir seseorang yang dipengaruhi oleh kematangan otak untuk menghubungkan, mengevaluasi, dan mempertimbangkan suatu peristiwa yang terjadi (Pantiwati, 2012; Rohaeni, 2014; Susantini & Qomariyah, 2013).

Dokpri
Dokpri

Mengembangkan aspek kognitif, terutama kemampuan mengenali warna merupakan aspek yang sangat penting dalam perkembangan otak anak, namun kemampuan mengenali warna seringkali diabaikan oleh pendidik dan orang tua.

Kemampuan mengenal warna adalah aspek dari kemampuan kognitif karena pengenalan warna pada anak merupakan proses untuk mempelajari auditory, visual serta memori karena ketiga aspek tersebut berkaitan erat dengan kemampuan kognitif pada anak (Maharwati, 2019; Maufur & Lisnawati, 2017; Sribawana et al., 2017).

Water beads adalah manik-manik atau butiran-butiran yang tidak dapat dimakan dan terbuat dari kombinasi air dan polimer penyerap air. Pertama kalinya water beads ini ditemukan di Swiss, awalnya dipakai untuk keperluan medis,seperti luka bakar dan semacamnya. Kemudian berkembang terus hingga sekarang digunakan dalam pertanian untuk dimanfaatkan menjadi media tanam pengganti tanah (Bunda 2017).

Fungsi mengenal warna yang harus dikuasi secara umum menurut (Winardi 2016: 1-13 ) yaitu :

* Sebagai media berekspresi

* Membantu mengenal perbedaan warna

* Warrna sebagai media terapi

* Melatih kemampuan koordinasi

* Mengembangkan kemampuan kognitif

* Meningkatkan konsentrasi

Dokpri
Dokpri

Cara menggunakan media water beads :

* Siapakan air didalam ember

* Masukkan water beads kedalam ember

* Diamkan selama 2-4 jam hingga water beads menggembang

* Water beads siap digunakan

Manfaat Water Beads

* Anak belajar mengenal tekstur (water beads mudah digenggam dan bahkan bisa diremas hingga hancur,sehingga melatih motorik kasar anak)

* Warna-warni pada water beads mengajarkan anak tentang warna

* Mengajarkan anak pada permainan mudah berhitung

* Melatih kesabaran

* Melatih kemampuan bahasa

* Meningkatkan kepercayaan diri

* Media untuk belajar warna,berhitung, dll.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun