Mohon tunggu...
SITI NURJANAH
SITI NURJANAH Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Orang yang selalu haus akan ilmu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Menentukan Konsep Pembelajaran yang Tepat

1 April 2022   20:31 Diperbarui: 1 April 2022   20:39 3113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Selain memahami bertapa pentingnya karakteristik peserta didik dalam menentukan konsep pembelajaran yang tepat, maka teman-teman perlu tahu juga mengenai apa itu pesera didik, apa itu karakteristik peserta didik dan apa itu konsep pembelajaran.

Peserta Didik

Pesera didik adalah orang yang menerima ilmu atau pengaruh dari seorang guru atau tenaga pendidik. Peserta didik menjadi unsur penting dalam kegiatan belajar mengajar karna jika dalam lembaga pemdidikan tidak ada peseta didik maka tidak akan terjadinya aktivitas belajar mengajar.

Karakteristik peserta didik

Karakteristik peserta didik adalah karakter atau tingkah laku yang di miliki peserta didik, sebagai hasil bawaan sejak lahir dan dari lingkungannya, sehingga menentukan aktivitas atau kualitas pencapaiannya.

Konsep Pembelajaran

Konsep pembelajaran adalah proses interaksi guru dengan murid agar terjadinya komunikasi dua arah antara guru dan murid.

Dalam suatu kegiatan pembelajaran banyak hal yang harus dikuasai dan dipahami oleh seorang guru,salah satunya memahami karakteristik peserta didik karena banyak manfaatnya ketika seorang guru memahami dan mengenali karakter peserta didiknya salah satu manfaatnya yaitu proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik dan efektif, memudahkan guru dalam menentukan sonsep pembelajaran yang tepat untuk peserta didik dan mempermudah seorang guru dalam memberikan materi pembelajaran sehingga materi tersebut dapat di terima dengan mudah oleh peserta didik.

Karakteristik peserta didik dalam satu ruang kelas memiliki karakter yang berbeda-beda. Nah, perbedaan-perbedaan ini lah yang perlu di kelola dengan baik oleh peserta didik itu sendiri maupun oleh seorang guru, karna semakin baik siswa mengenal dirinya sendiri maka semakin mudah bagi seorang guru untuk membantu mengarahkannya dalam memahami pelajaran.Namun sebaliknya jika perbedaan tersebut tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan permasalahan dalam pembelajaran. Oleh karna itu seorang guru juga perlu memahami dan mengetahui apa saja macam-macam karakteristik yaitu: setatus sosial, kultural, etnik, minat, perkembangan kognitif, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi, perkembangan emosi, perkembangan sosial, perkembangan moral, spiritual, dan perkembangan motorik. Oleh karna itulah seorang guru penting dalam memahami karakteristik peserta didiknya agar tercapainya tujuan pembelajaran yang di inginkan. Tujuan memahami karakteristik siawa yaitu untuk mengkondisikan apa yang harus di ajarkan dan bagaimana mengkondisikan siwa dalam belajar yang sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Di sisi lain semakin baik pemahaman seorang guru terhadap siswa, maka akan semakin baik menejemen kelasnya. Jadi pemahaman karakteristik siswa dapat membawa dampak positif bagi diri siswa itu sendiri maupun kepada seorang guru.

Apabila seorang guru tidak memahami karakteristik peserta didiknya maka siswa akan mengalami yang namanya kesulitan dalam memahami materi yang di sampaikan oleh guru yang mengakibatkan pertumbuhan, perkembangan, kemampuan atau potensi belajarnya melemah. Yang pada akhirnya guru akan merasa kesulitan dalam memilih konsep, metode, dan strategi pembelajaran yang tepat untuk siswa apa bila guru tersebut tidak memahami dan mengenal karakteristik dari masing-masing peserta didiknya.

Jadi, bagaimana teman-teman? Apakah selama ini sudah mencoba memahami karakteristik peserta didik?

Dalam proses memahami karakteristik peserta didik, seorang guru bisa memanfaatkan cara pendekatan dengan siswa seperti latihan soal, mengamati dan menganalisis siswa saat proses belajar mengajar berlangsung, memahami lingkungan sekitar siswa, membangun komunikasi dengan siswa dan orang tuanya, dan mengikut sertakan siswa pada program yang di adakan di sekolah secara aktif sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun