Mohon tunggu...
Siti Zumaroh
Siti Zumaroh Mohon Tunggu... Guru - Guru TK Glapansari Parakan temanggung

Lahir Di wonosobo, Jawa tengah 29 Agustus 1989, Pendidikan terakhir S1 PG-PAUD IKIP VETERAN SEMARANG Tahun 2015

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Aksi Nyata Budaya Positif "Membuat Keyakinan Kelas"

5 Januari 2022   16:00 Diperbarui: 5 Januari 2022   16:08 32113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LAPORAN HASIL AKSI NYATA 

MODUL 1.4

BUDAYA POSITIF

 " MEMBUAT KEYAKINAN KELAS KEMUDIAN MENJALANKAN KEYAKINAN KELAS YANG SUDAH DISEPAKATI BERSAMA"

Oleh Siti Zumaroh, S.Pd

CGP -- Angkatan 4 Kab. Temangung

Guru TK Tambak Desa Glapansari

LATAR BELAKANG

Tujuan Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Pendidik hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak. Dalam proses menuntun, anak diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan bakat dan minatnya sebagai individu yang unik, Guru sebagai pamong mengarahkan anak agar tidak kehilangan arah dan anak dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar dengan cara yang tepat, positif, dan terarah.

Membangun budaya positif merupakan salah satu cara mencapai tujuan Pendidikan, Budaya positif dapat dimulai dari lingkup kelas yang kemudian dapat meluas menjadi budaya sekolah. Seperti kita ketahui bersama bahwa tujuan membangun budaya positif di sekolah adalah membangun karakter anak. Budaya positif dapat dikaitkan sebagai disiplin positif. Makna kata disiplin dimaknai menjadi sesuatu yang dilakukan seseorang pada orang lain untuk mendapatkan kepatuhan. Ki Hadjar menyatkan bahwa untuk mencapai kemerdekaan atau dalam konteks Pendidikan kita saat ini, untuk menciptakan murid yang merdeka, syarat utamanya adalah harus ada disiplin yang kuat. Disiplin yang dimaksud adalah disiplin diri, yang memiliki motivasi internal. Disiplin diri dapat membuat seseorang menggali potensinya menuju kepada sebuah tujuan, sesuatu yang dihargai dan bermakna.Dengan kata lain disipin diri juga mempelajari bagaimana cara mengontrol diri, dan bagaimana menguasai diri untuk memilih Tindakan yang mengacu pada nilai-nilai yang kita hargai.

Keyakinan kelas dibuat untuk memperoleh disiplin diri. Keyakinan kelas yang dibuat bersama dapat membentuk budaya positif dan karakter kuat melalui pembiasaan-pembiasaan dan perilaku positif warga kelas. Setiap Tindakan atau perilaku yang dilakukan di dalam kelas dapat menentukan terciptanya sebuah lingkungan positif. Perilaku warga kelas tersebut kemudian menjadi sebuah kebiasaan yang akhirnya membentuk budaya positif. Untuk terbentuknya budaya positif pertama-tama perlu diciptakan dan disepakati keyakinan-keyakinan atau prinsip-prinsip dasar bersama diantara warga kelas. Penyatuan pemikiran untuk mendapatkan nilai-nilai kebajikan serta visi sekolah tersebut. Suatu keyakinan akan lebih memotivasi seseorang dari dalam, atau memotivasi secara intrinsik. Seseorang akan lebih tergerak dan bersemangat untuk menjalankan keyakinannya, dari pada hanya sekedar mengikuti serangkaian peraturan. Keyakinan kelas yang dibuat, disepakati, dan dijalankan akan lebih bermakna pada anak dari pada hanya mendengarkan peraturan-peraturan yang mengatur perilaku mereka.

Dari hal-hal tersebut diatas, maka perlu dibuat keyakinan kelas yang disepakati dan dijalankan bersama di kelas A2 TK Tambak Desa Glapansari untuk dapat membentuk budaya positif, disiplin positif dan keyakinan diri anak. Dengan adanya keyakinan kelas, diharapkan anak akan termotivasi secara intrinsik dan secara sadar untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan positif yang kemudian akan menjadi karakter yang kuat pada anak.

TUJUAN AKSI NYATA :

Adapun Tujuan aksi nyata yang dilakukan calon guru penggerak adalah :

  • Mewujudkan Merdeka belajar pada anak, Anak diberi kebebasan untuk mengemukakan pendapat mengenai keyakinan-keyakinan kelas apa saja yang mereka inginkan dan menuangkan ide, pendapat dan gagasan mereka secara terbuka dan demokratis.
  • Mewujudkan disiplin positif anak yang kemudian menjadi budaya positif dimana  anak menjalankan keyakinan kelas yang disepakati bersama dengan kesadaran diri dan tanpa tekanan.
  • Membentuk karakter positif pada anak melalui kebiasaan-kebiasaan positif, perilaku positif, dan keteladanan dari semua warga sekolah (Guru dan murid)
  • Menumbuhkan semangat belajar pada anak

DESKRIPSI AKSI NYATA

Kegiatan aksi nyata diawali dengan berkoordinasi dan memohon izin kepada kepala sekolah  mengenai rancangan aksi nyata yang akan dilaksanakan di kelas yang CGP ampu yaitu di kelas A2, CGP menyampaikan tentang pentingnya membentuk budaya positif di kelas melalui keyakinan kelas yang disepakati dan dijalankan warga kelas dengan harapan akan berdampak pada kelas-kelas lain di TK Tambak. Kepala Sekolah menyambut baik dan sangat mendukung aksi nyata yang akan saya lakukan, Kepala Sekolah juga memfasilitasi kegiatan tersebut dengan menyediakan alat dan bahan yang diperlukan atau dibutuhkan dalam aksi nyata ini. Koordinasi dan permohonan izin ini dilakukan pada hari Senin, 3 januari 2021.

Rabu, 5 Januari 2022 CGP melaksanakan aksi nyata di kelas. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan seperti biasanya yaitu dengan berbaris, masuk secara tertib, berdoa, menghafal Pancasila, bernyanyi dan lain sebagainya untuk membuat anak menjadi nyaman. Kemudian pada kegiatan awal Guru melakukan percakapan dengan anak didik, Guru bertanya pada anak tentang kelas yang mereka impikan dan perilaku atau  kebiasaan-kebiasaan apa saja yang dapat mewujudkan kelas yang mereka impikan. Dari kegiatan tersebut kemudian anak-anak saling mengemukakan pendapat tentang perilaku-perilaku positif di kelas yang mereka inginkan. Guru memfasilitasi gagasan anak didik dengan menuliskan pada kertas yang ditempel dipapan tulis, semua murid berprtisipasi aktif untuk menghias hasil 'keyakinan kelas' dengan gambar-gambar (sesuai keinginan dan kreatifitas anak) dilengkapi dengan foto guru dan murid sebagai wujud peran serta dalam membuat keyakinan kelas. Semua warga kelas menyepakati perilaku-perilaku apa saja yang akan disepakati yang kemudian membentuk " KEYAKINAN KELAS A2". Adapun keyakinan kelas yang disepakati antara lain :

  • Disiplin 
  • Dari yang dikemukakan, murid-murid menginginkan adanya disiplin waktu/ketepatan waktu,tidak terlambat datang, disiplin dalam berseragam, dan disiplin dalam melaksankan tugas/ kegiatan kelas.
  • Saling menghormati dan menyayangi
  • Anak-anak menginginkan untuk menjaga kerukunan, menghormati guru serta saling menyayangi antar teman dan juga menyayangi guru, bekerjasama dengan teman ,saling menghargai serta membiasakan sapa,senyum, salam,sopan, dan santun
  • Mandiri
  • Anak-anak menyepakati untuk membiasakan sikap mandiri misalnya tidak ditunnggu orang tua di kelas, mampu makan sendiri, dan melaksanakan kegiatan-kegiatan lain secara mandiri.
  • Bertanggung jawab 
  • Anak-anak menyepakati untuk membiasakan sikap tanggung jawab, diantaranya yaitu merapikan mainan/buku/alat dan barang-barang lainnya setelah digunakan. Anak-anak juga menyepakati untuk bertanggung jawab melaksanakan kegiatan-kegiatan baik kegiatan belajar mayupun kegiatan-kegiatan lain dikelas.
  • Menjaga Kebersihan 
  • Anak-anak menyepakati untuk saling menjaga kebersihan diri,kelas dan lingkungan agar tercipta suasana nyaman dan lingkungan sehat.

Keyakinan kelas dibuat sederhana dan disepakati bersama dengan harapan mudah dipahami oleh anak didik. Selanjutnya Guru menulis point-point kesepakatan kelas tersebut pada kertas besar sesuai gagasan atau pendapat yang dikemukakan anak-anak, kemudian anak-anak berpartisipasi aktif untuk  menghias dengan gambar, foto, dan nama sebagai wujud peran serta mereka dalam membuat keyakinan kelas. Anak-anak sangat antusias dan bersemangat dalam kegiatan tersebut. Hasil keyakinan yang dibuat ditempelkan pada dinding dan setiap harinya guru dan murid bersama-sama untuk saling mengingatkan keyakinan-keyakinan kelas yang sudah di sepakati untuk membiasakan budaya positif di kelas A2.

TOLAK UKUR KEBERHASILAN

  • Tercipta merdeka belajar pada anak ( dengan bebas mengemukakan pendapat untuk keyakinan-keyakinan yang ingin mereka sepakati)
  • Anak didik menjalankan kesepakatan kelas tanpa tekanan
  • Terjalin komunikasi aktif antara Guru dan murid
  • Anak didik menjalankan keyakinan kelas secara luas (di sekolah dan dirumah)

PROGRAM TINDAK LANJUT

CGP akan mensosialisasikan kegiatan aksi nyata mengenai keyakinan kelas yang sudah dilaksanakan kepada rekan guru dengan harapan aksi tersebut dapat dilakukan secara nyata pada kelas lain, untuk memperkuat pemahaman, CGP juga akan mensosialisasikan Modul 1.1 tentang filosofi KHD, Modul 1.2 Nilai dan peran guru penggerak Modul 1.3 Visi guru penggerak dan Modul 1.4 Budaya positif pada kepala sekolah dan rekan guru melalui seminar kecil di Sekolah agar Pendidikan guru penggerak yang CGP peroleh dapat berdampak nyata untuk semua warga sekolah. Guru juga kan selalu menuntun anak untuk bersama-sama saling mengingatkan dan melaksanakan keyakinan kelas yang telah disepakati.

DOKUMENTASI AKSI NYATA

1. Persiapan

  • 93ecaaab-097e-42a8-b44c-e381c461629f-61d54e3e06310e42576575f2.jpg
    93ecaaab-097e-42a8-b44c-e381c461629f-61d54e3e06310e42576575f2.jpg
  • Permohonan Izin dan Koordinasi dengan Kepala Sekolah mengenai kegiatan aksi nyata yang akan dilaksanakan di kelas A2
  • 2. Pelaksanaan
  • 7976781a-c416-4e88-a31d-dbdbb5520e36-61d54ee806310e520a1600a2.jpg
    7976781a-c416-4e88-a31d-dbdbb5520e36-61d54ee806310e520a1600a2.jpg
    daa26df8-5266-4232-b5f9-5bff0ae50374-61d54f1d06310e6b863a4ee2.jpg
    daa26df8-5266-4232-b5f9-5bff0ae50374-61d54f1d06310e6b863a4ee2.jpg
  • Guru menggali pengetahuan anak dengan kegiatan percakapan dan tanya jawab mengenai kelas yang mereka impikan (keyakinan kelas), Anak-anak aktif dalam mengemukakan pendapat dan gagasan mereka.

     

    b224add3-fefd-450b-9f7d-095823f59f05-61d5522106310e5364375c04.jpg
    b224add3-fefd-450b-9f7d-095823f59f05-61d5522106310e5364375c04.jpg
    Guru menuliskan keyakinan-keyakinan kelas yang anak-anak inginkan pada kertas di papan tulis
  • 3b0bb30f-1c20-4968-8f91-cdd2f8204419-61d5526f2da237547a792b22.jpg
    3b0bb30f-1c20-4968-8f91-cdd2f8204419-61d5526f2da237547a792b22.jpg
    6dc4f771-16d1-413c-95de-5477dcd757f5-61d552872da2370bec1f8e82.jpg
    6dc4f771-16d1-413c-95de-5477dcd757f5-61d552872da2370bec1f8e82.jpg
    b2f3f89b-869c-4c74-b235-7090af9e9fd7-61d552b02da237187a690fa2.jpg
    b2f3f89b-869c-4c74-b235-7090af9e9fd7-61d552b02da237187a690fa2.jpg
    Anak anak berpartisipasi aktif menghias papan keyakinan kelas agar lebih menarik
  • 3. Implementasi pelaksanaan keyakinan kelas yang telah disepakati

    •  
      15869ac3-4af5-4e6d-9b2b-6d29fe978458-61d5530a4b660d4932746f82.jpg
      15869ac3-4af5-4e6d-9b2b-6d29fe978458-61d5530a4b660d4932746f82.jpg
    • 7cfa855f-3dbe-47fe-86b9-91b8e23a60b8-61d5539d06310e1747061f52.jpg
      7cfa855f-3dbe-47fe-86b9-91b8e23a60b8-61d5539d06310e1747061f52.jpg
    • Bermain bersama (saling menyayangi )
    • cd32a06e-088d-4284-9dd0-44f9e060627a-61d553c84b660d430b1e3044.jpg
      cd32a06e-088d-4284-9dd0-44f9e060627a-61d553c84b660d430b1e3044.jpg
    • 357758a8-d043-43e7-bad9-69d4e953338b-61d554044b660d6d086bf2a3.jpg
      357758a8-d043-43e7-bad9-69d4e953338b-61d554044b660d6d086bf2a3.jpg
    •  Bertanggung jawab merapikan alat main dan barang-barang lainnya setelah digunakan
    • 4f4bf2c7-bd8a-41dd-a734-728130f23d26-61d5543a2da2375ef6001122.jpg
      4f4bf2c7-bd8a-41dd-a734-728130f23d26-61d5543a2da2375ef6001122.jpg
    • 237b5eac-c7ad-4c17-9d8e-41f63d3f0bd4-61d5544f2da2376cd216c092.jpg
      237b5eac-c7ad-4c17-9d8e-41f63d3f0bd4-61d5544f2da2376cd216c092.jpg
    • Menjaga kebersihan kelas
    • 3cfdc877-0aa9-4ff8-986f-801fb43c6dbc-61d5549f4b660d17e60c7972.jpg
      3cfdc877-0aa9-4ff8-986f-801fb43c6dbc-61d5549f4b660d17e60c7972.jpg
    • Disiplin dan Mandiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun