Best Practice
“ALAT PERAGA PERKALIAN ALJABAR BENTUK
(x+a) (x+b)”
Penulis : Siti kamariatun Nisa
Best Practice
Penggunaan Alat Peraga Perkalian Aljabar Bentuk (x+a)(x+b) untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Perkalian Aljabar pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas XI TKRO 2 SMK Negeri 2 Amuntai
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Alat peraga adalah salah satu sarana dalam mempermudah proses belajar mengajar. Alat peraga memungkinkan untuk meningkatkan efektifitas penyampaian materi khususnya pada materi dengan konsep-konsep yang bersifat abstrak.
Menurut Sudjana (2009) alat peraga adalah suatu alat yang dapat dilihat oleh mata, didengarkan oleh telinga yang tujuannya agar membantu tenaga pendidik dalam penyampaian materi kepada peserta didik.
Matematika adalah mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik pada jenjang sekolah yang lebih tinggi hal tersebut disebabkan sebagian materi pelajaran matematika yang dianggap terlalu abstrak oleh peserta didik dan membutuhkan konsentrasi dan kemampuan berpikir yang tinggi. Oleh karena itu maka menjadi tugas guru untuk dapat menyajikan matematika lebih dapat diterima oleh peserta didik.