Pastinya sudah tidak asing lagi saat mendengar kata etika kan teman-teman? Nah jika masih ada yang bingung etika itu apa, dan apakah saat berkomunikasi interpersonal apakah etika diperlukan?. Nah untuk menjawab itu semua Simak sampai bawah artikel ini ya.
Pengertian Etika
Etika secara etimologi (asal kata), etika berasal dari kata latin ethicus yang berarti kebiasaan. Sesuatu akan dianggap baik apabila sesuai dengan kebiasaan Masyarakat. Â Sehingga dapat diartikan etika adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang perbuatan atau tingkah laku manusia. Etika sangat berperan untuk membuka wawasan tentang kebaikam dan keburukan terhadap sesuatu.
Etika komunikasi interpersonal.
Â
Etika komunikasi interpersonal adalah suatu rangkuman norma, nilai atau ukuran tingkah laku yang baik dalam berkomunikasi di suatu Masyarakat. Komunikasi interpersonal dapat dilakukan secara lisan maupun tulisan.
Dalam berkomunikasi interpersonal harus memperhatikan :
1. Niai-nilai dan norma sosial budaya setempat.
2. Saat berkunjung didaerah yang baru kita jumpai maka harus perhatikan budaya didaerah tersebut.
3. Perhatikan aturan, ketentuan,tata-tertib yang telah disepakati Perhatikan adat-istiadat, kebiasaan yang dijaga kelestariannya. Setiap daerah meiliki kebiasaan dan adat-istiadat yang berbeda, maka harus diperhatikan agar dapat menjalin komunikasi interpersonal yang bagus.
4. Perhatiakan norma sopan santun dalam segala Tindakan.Â
Setiap Tindakan pasti mempengaruhi respon pendengar, maka sopan santun sangat diperlukan dalam berkomunikasi interpersonal.
itulah etika dalam berkomunikasi interpersonal, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. dan dapat digunakan untuk semestinya.
refrensi: komunikasi interpersonal karya Suranto AW
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H