Mohon tunggu...
Siska
Siska Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Saya adalah seorang karyawan dan mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perencanaan Lokasi dan Tata Letak Perusahaan

19 April 2022   22:44 Diperbarui: 19 April 2022   22:52 2231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.njajan.com/

Saya adalah sebuah Mahasiswa Ekonomi di Jakarta.

Apa sih perbedaan Lokasi dengan Tata Letak itu ?

Lokasi adalah suatu tempat perusahaan dimana ia akan menentukan tempat untuk membuka usahanya, sedangkan tata letak adalah suatu rongga atau ruang bagi seorang untuk menetukan tempat-tempatnya (benda-benda) yang akan diletakkan untuk menata sebuah ruangan.

Berikut dibawah ini adalah contoh gambar dari sebuah lokasi coffee shop :

Jika tidak minum kopi itu rasanya seperti ada kurang, ya tentu saja karena kopi itu adalah kesukaan semua kalangan masyarakat, penghilang rasa ngantuk disaat bekerja dan ada juga yang mengawali harinya dengan kopi.

Bagaimana sih cara menetukan lokasi yang strategis untuk membuka coffee shop?

Didalam menetukan sebuah lokasi coffee shop itu hal yang paling penting diperhatikan adalah sebagai berikut :

1. Lokasi cafe mudah dilihat dari segala sisi

2. Tempat coffee shop dekat dengan target pasar

3. Lokasi coffe shop dekat jalan raya

4. Kondisi jalan yang bagus

5. Tempat coffee shop di area jalan dengan kendaraan pelan

6. Pemandangan bagus

Berikut ini adalah contoh gambar dari tata letak kantor :

https://belajarekonomi.com/
https://belajarekonomi.com/
Di gambar tersebut menunjukkan bahwa tata letak itu sangat penting untuk menata sebuah ruangan kantor baik itu didalam sebuah perusahaan atau didalam sebuah pabrik, karena tata letak itu memiliki implikasi strategis dan menentukan daya saing perusahaan dalam hal kapasitas, proses, fleksibilitas dan biaya serta nutu kehidupan kerja.

Dengan kata lebih sederhananya tata letak itu akan membantu tugas mereka mengerjakan secara lebih efisien.

Apa saja jenis tata letak itu?

Tata letak itu terbagi menjadi lima bagian yaitu :

  • Tata letak dengan posisi tetap
  • Tata letak yang berorientasi pada proses
  • Tata letak kantor
  • Tata letak toko retail (enceran)
  • Tata letak gudang
  • Tata letak yang berorientasi pada produk

Mau tau penjelasan dari kelima jenis tata letak diatas? Mari kita jabarkan pejelasannya satu-persatu.

1. Tata letak dengan posisi tetap

 Objek kerja ada disatu tempat atau tidak bisa dipindah dan pegawai atau karyawan yang datang ke lokasi objek kerja.

Contohnya yaitu pelabuhan, bandar udara, jalan tol, dan pengeboran minyak.

Tata letak ini mempunyai kekurangan yaitu tidak bisa diubah tata letaknya.

2. Tata letak yang berorientasi pada proses

Keuntungan dari tata letak ini adalah memiliki fleksibilitas dalam menetapkan peralatan dan tenaga kerja.

Contohnya yaitu alur pada pasien ketika berobat ke rumah sakit.

Start-pendaftaran-menunggu-periksa dokter-kasir-ambil obat-finish

3. Tata letak kantor

Adalah cara mengelompokkan pekerja, perlengkapan pekerja, dan ruang dengan mempertimbangkan kenyamanan, keamanan, dan pergerakan informasi. Hal yang membedakan antar layout kantor dan pabrik adalah pada kepentingan informasi.

Tata letak dan fungsi kantor terus berubah akibat perubahan teknologi, kantor sudah tidak dalam bentuk fisik melainkan virtual office, penyimpanan data sudah menggunakan server terpadu atau cloud.

Alur perijinan menggunakan teknologi informasi berbentuk aplikasi.

4. Tata letak toko retail (enceran)

Ide yang sering diimplementasikan adalah :

  • Menempatkan produk yang paling banyak dibeli sekitar batas luar toko
  • Gunakan lokasi strategis untuk produk yang sering dibeli seperti cosmetic atau accessories.
  • Tempatkan barang dengan image jual beli kuat disepanjang lorong agar produk yang lain ikut dilihat
  • Gunakan lokasi yang paling ujung lorong karena memiliki daya tingkat tarik yang tinggi
  • Sampaikan misi toko kepada perhentian utama konsumen agar konsumen ingat akan toko tersebut

5. Tata letak gudang

Sebuah gudang itu harus memiliki tujuan didalam mengatur ulang area tata letak tersebut agar tidak terjadi bentrok antar barang ketika barang yang akan keluar dengan barang yang akan masuk.

6. Tata letak yang berorientasi pada produk

Sekumpulan produk yang jumlah produksinya besar namun variabelnya sedikit, dengan kata lain adalah jumlah produksi cukup untuk pemanfaatan yang tinggi atas perlatan yang ada sehingga bisa investasi perlatan produksi ketika pasokan bahan mentahnya cukup.

Pada intinya adalah perencanaan lokasi dan tata letak itu sangatlah penting didalam mengatur sebuah perusahaan maupun usaha perorangan untuk keberlangsungan kerja seseorang dan mendapatkan keuntungan yang lebih baik dari sebuah perencanaan lokasi dan tata letak tersebut.

Salam sehat dan semoga bermanfaat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun