Mohon tunggu...
Money Pilihan

Menilik Kepuasan Pelanggan Saat Ini

5 Mei 2019   10:00 Diperbarui: 5 Mei 2019   10:06 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menjadi pelanggan sebuah produk maupun layanan, saat ini berada di surga yang penuh dengan pilihan. Produk dan layanan  dinikmati oleh pelanggan, dimana tidak lagi hanya fokus pada produk dan layanan itu saja, namun berbagai hal yang memperlengkapinya. 

Pelanggan (konsumen) tidak lagi hanya menikmati dari sisi produk dan layanan itu saja namun memperolehnya mulai dari harga kompetitif, kemasan yang disesuaikan, cara memperoleh informasi hingga cara mendapatkan produk dan layanan tersebut. Berbagai hal ini tidak saja menarik namun juga mempengaruhi kita untuk 'penasaran' ingin sekali menggunakannya.

Era yang terus berubah hingga saat ini kita berada di era industri 4.0, tak mengherankan jika semua proses diupayakan dengan maksimal oleh pengusaha. Baik dari segi harga, kemudahan, keamanan dan kenyamanan pelanggan.

Riset yang cukup mumpuni, menjadikan  pengusaha mampu mengeluarkan produk dan layanan yang lebih spesifik. Contoh gerai kopi yang menjamur.  

Pelanggan tidak hanya merasakan kopi yang nikmat dengan penyajian menarik, namun lokasi yang menawan, ditambah nuansa suasana yang disajikan, menjadikan gerai tersebut menjadi tempat yang rutin dikunjungi oleh pangsa tertentu. Selain itu harga menjadi faktor yang bisa disesuaikan dengan  fasilitas yang disiapkan oleh pengusaha.

Contoh menarik adalah Sorabel, sebuah gerai fashion online. Sorabel menawarkan fasilitas mencoba barang terlebih dahulu sebelum membayar. 

Pelanggan dapat mencoba barang yang dikirimkan kurir, dan kemudian juga dapat dengan mudah mengembalikan barang kembali kepada kurir apabila ternyata barang tersebut tidak sesuai dengan keinginan pelanggan.

Contoh lain untuk produk fashion atau pun consumer goods, pelanggan tidak lagi rumit untuk medapatkannya. Pengiriman yang murah dan cepat menjadikan pelanggan begitu mudah untuk mendapatkannya. 

Selain itu, pelanggan juga diberikan berbagai macam opsi pembayaran. Mulai dari transfer via ATM, kartu kredit, pembayaran digital seperti ovo dan gopay, hingga pembayaran COD (cash on delivery) dimana pelanggan dapat membayar langsung setelah barang tiba di tangan pelanggan.

Sebuah produk fashion spesifik untuk para pengguna dengan ukuran besar (large size), setelah semua aspek mampu membuat kepuasan dan bahkan tercipta kepercayaan (trust), maka muncul produk baru dari kondisi yang spesifik. 

Seperti misalnya vitamin agar pelanggan dengan ukuran besar tetap fit, bahkan sampai pada layanan food combining yang menciptakan gaya hidup sehat, healthy food catering, alat untuk berolah raga dan sejenisnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun