Mohon tunggu...
Rivan M
Rivan M Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Konsultan Kesehatan

Saya ingin berbagi apa yang saya tahu, saya dapatkan, dan saya rasa penting untuk disebarkan.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Manfaat dan Bahaya Remap ECU Mobil

1 Februari 2018   14:07 Diperbarui: 1 Februari 2018   14:08 54835
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Beberapa hari ini saya melihat sebuah iklan mengenai " Cara meningkatkan horse power mobil ". Sebagai seseorang yang memiliki mobil, iklan tersebut sangat mengena. Saya sangat tertarik. Namun benarkan Manfaat dan Bahaya Remap ECU Mobil itu ada?

Singkat cerita, iklan tersebut berisi 3 hal utama, yaitu:

1. Pertanyaan apakah mobil saya lemot, tarikannya kurang kuat, dan blablabla

2. Penjelasan mengapa hal tersebut terjadi 

3. Solusi dengan melakukan REMAP ECU

Secara naluri sayapun mencoba mengumpulkan berbagai informasi apa itu REMAP ECU. Apalagi ini merupakan istilah baru bagi saya pribadi.

Dan berdasarkan informasi yang saya dapat, berikut ini kesimpulannya:

Apa itu Remap ECU?

REMAP ECU(atau Reflash ECU, atau Tuning ECU) adalah proses mengkalibrasi ECU mobil anda.
Dengan kata lain, ini adalah proses mensetting ulang ECU agar sesuai dengan kebutuhan anda.

Apa manfaatnya?

REMAP ECU bermanfaat untuk 4 hal, yaitu:

- Meningkatkan Horse Power Mobil
- Menambah Kecepatan Mobil
- Memperbesar Akselerasi Mobil
- Menjadikan Torsi Mobil Menjadi Lebih Baik

Bahayanya?

- Ketagihan mengemudi (mobil jadi lebih responsif dan nyaman dikendarai)
- Mobil berubah selayaknya mobil RACING...

Bagaimana REMAP ECU dapat meningkatan Horse Power Mobil?

Pada dasarnya ECU mobil sudah disetting oleh produsen mobil. Setting ini menjadikan mesin mobil tidak dapat mengeluarkan 100% tenaga mobilnya.

REMAP ECU bertujuan untuk menghilangkan setting batasan yang telah disetel oleh produsen mobil.

Dengan hilangnya batasan ini, tenaga mobil dapat keluar secara maksimal.

Mengapa produsen mobil mensetting agar mesin mobilnya tidak mampu mengeluarkan 100% tenaga?

Untuk pertanyaan tersebut saya belum menemukan jawaban pasti. Namun menurut yang saya baca, ada 2 teori yang cukup menarik, yaitu:

1. Regulasi
Undang-undang mengatur agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat. Dikhawatirkan tiap-tiap produsen mobil akan mengeluarkan mobil dengan harga murah namun dengan Horse Power yang sangat tinggi.

Karena harga yang murah, dikhawatirkan produsen akan lalai sehingga meninggalkan faktor keselamatan penumpang.
Undang-undang ini mewajibkan mobil di harga tertentu hanya boleh memiliki tenaga mobil yang besarannya sudah ditentukan.

Produsen mobil yang sudah menemukan mesin canggih kini harus membatasi horse power mesinnya agar harga jual dapat sesuai dengan regulasi HP maksimal suatu mobil. Produsen mobilpun mensetting tenaga mobil melalui sistem ECU.

2. Bisnis
Penyebab mengapa produsen mobil mensetting ECU nya konon merupakan masalah bisnis. Namun hal ini tidak dapat dikonfirmasi kebenarannya, sehingga lebih cocok disebut rumor.

Konon menurut rumor ini, produsen mobil merasa tidak perlu membuat mesin tipe-tipe terbaru. Alih-alih menemukan mesin baru, mengapa bukan mesin lama mobil yang diberikan setting lanjutan. Misalnya mobil A keluaran 2017, ECU membatasi tenaga mobil hanya 70%. Di mobil keluaran 2018, setting ECU nya dibuat batasan hanya 85%.

Jenius bukan? 

Namun apapun alasannya, melakukan setting atau REMAP ECU Mobil ini sangat menguntungkan bagi saya, ataupun bagi anda yang ingin meningkatkan tenaga mobil. 

REMAP cocok untuk anda yang memiliki masalah mobil seperti:

- Mobil ngempos
- Tarikan mobil hilang
- Mobil tarikan lemah
- Mobil lemot
- dan beberapa masalah Mobil lainnya...

----------------------------------------------------

Keistimewaan REMAP ECU Mobil

----------------------------------------------------

Saya yang sebelumnya ragu akan REMAP semakin tertarik dengan layanan satu ini karena sebuah alasan yang sangat sederhana.

MURAAAAH namun MEMBERIKAN HASIL

Bayangkan saja, dengan mengganti spare part mobil, modifikasi di sana sini yang menghabiskan biaya 20-30 juta (atau bahkan lebih), kenaikan HP mobil hanya berkisar di angka 6-20 HP saja.

Bandingkan dengan REMAP ECU. Rata-rata harga layanan ini hanya berkisar di angka 4 sampai 7 juta Rupiah. Namun kenaikan HP nya ada di angka 40-140 HP.

Perbandingan yang sangat jauh bukan?

----------------------------------------------------

Di mana bisa REMAP ECU Mobil?

----------------------------------------------------

Banyak bengkel dan TUNER (sebutan untuk orang yang melakukan remap) dapat ditemukan di media pencari (search engine).

Namun tentunya, sedikit saran, pilihlah TUNER yang memang berkompeten.

Kerugian dengan melakukan REMAP di bengkel/tuner yang tidak berkompeten antara lain:

- Resiko rusaknya ECU mobil
- Hasil setting/kalibrasi ulang yang tidak sesuai dengan mobil
- Mobil menjadi bermasalah

Oleh sebab itu, pilihlah bengkel/Tuner yang:

1. Memiliki bengkel mobil sendiri, ini penting agar proses klaim jika ada masalah dapat mudah dilakukan
2. Tuner memiliki lisensi untuk melakukan tuning/remap
3. Tuner menggunakan program tuning ASLI dan bersertifikat

Di mana mendapatkan tuner handal seperti itu?

Anda dapat mencarinya di internet ... Masukkan saja Remap ECU mobil + nama kota anda...

Namun jangan lupa, check terlebih dahulu testimoni akan kualitas bengkel REMAP tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun